Update Biaya Tes HIV di Puskesmas dan Rumah Sakit

1 comment16219 views

Human Immunodeficiency Virus atau HIV merupakan virus yang menyerang kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi maupun . Hingga kini, masih belum ditemukan yang dapat benar-benar menyembuhkan HIV. Untuk mengetahui apakah seseorang terkena HIV atau tidak, bisa melakukan tes dengan yang relatif terjangkau.

HIV perlu didiagnosis dan dideteksi keberadaannya sejak dini agar sang atau dapat memperoleh penanganan yang tepat. Jika segera dideteksi dan memperoleh , pengidap HIV tak akan berubah menjadi AIDS. AIDS sendiri merupakan stadium akhir dari infeksi virus HIV. Pada tahapan tersebut, kemampuan tubuh sang untuk melawan infeksi dan penyakit sudah benar-benar hilang.

Infeksi, pasien, penderita, pengobatan, penyakit, sistem, virus, tes, HIV, rumah sakit, klinik, yayasan, aids, angsa merah, jakarta, Siloam, subsidi, Human Immunodeficiency, imun

Tes HIV di rumah sakit (hivequal.com)

Oleh sebab itu, jika Anda atau orang terdekat Anda merasa berisiko terinfeksi virus HIV, maka satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan menjalani tes HIV beserta konseling. tes HIV dan konseling kini lebih populer disebut VCT (Voluntary Counseling and Testing) atau KTS (Konseling dan Tes HIV Sukarela).

Jangan khawatir Anda akan dicemooh atau diperlakukan tidak ramah saat menjalani tes HIV, sebab keamanan dan kerahasiaan data diri Anda akan benar-benar terjaga ketika menjalani tes HIV. Lantas berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan tes HIV? Biaya untuk melakukan tes ini sangat terjangkau, bahkan gratis di beberapa puskesmas.

Di Puskesmas Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan misalnya, misalnya pasien sudah terdaftar sebagai anggota BPJS, maka tidak akan dikenakan biaya pendaftaran atau registrasi. Sementara, apabila merupakan pasien umum dan tidak punya BPJS, maka harus membayar biaya pendaftaran hanya sebesar Rp5.000 per orang, sambil menunjukkan KTP untuk pendataan.

Selain di puskesmas, tes HIV juga bisa Anda lakukan di banyak klinik maupun rumah sakit. Di wilayah Bandung misalnya, tes HIV ini bisa Anda lakukan di Klinik Teratai Rumah Sakit Hasan Sadikin, Jalan Pasteur No. 38, atau Klinik Mawar PKBI yang beralamat di Jalan Pasirkaliki No. 26. Biaya untuk melakukan tes tersebut berkisar Rp15.000 hingga Rp45.000.

Biaya Tes HIV

Nama Klinik KesehatanBiaya Tes HIV
Puskesmas Cilandak Jakarta SelatanBPJS : gratis
Pasien Umum : Rp5.000
Klinik ProCare PBKI DKI JakartaRp55.000
Rumah Sakit Salemba Carolus Jakarta PusatGratis
Klinik Angsamerah FatmawatiAdministrasi : Rp75.000 – Rp100.000
Tes : Rp75.000
Siloam Hospital SurabayaRp210.000

Tes HIV dilakukan dengan cara mengambil sampel atau contoh darah kita dengan jarum suntik sekali pakai. Biasanya ada juga yang memakai teknik mengambil darah dengan menusuk jari pasien dengan jarum sekali pakai. Tes biasanya dilakukan beberapa kali dengan cara yang berbeda untuk memastikan hasilnya akurat dan bisa dinyatakan positif. Hasil tes umumnya dapat diketahui secara cepat karena di Indonesia menggunakan metode tes cepat (rapid ) yang hasilnya bisa terlihat setelah 20-30 menit setelah sampel darah diambil.

Biaya Tes HIV - www.japantimes.co.jp

Biaya Tes HIV - www.japantimes.co.jp

(Panca)

Baca juga  Update Biaya Fisioterapi di Rumah Sakit dan Klinik Area Jakarta
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.
  1. author

    davin12 bulan ago

    untuk saat ini Klinik Yayasan Angsamerah sedang renovasi hingga tahun 2019. Adapun biaya pemeriksaan untuk pasien baru akan dikenakan tarif yang berlaku di Angsamerah Johar Menteng dengan rincian sebagai berikut:
    Admin Pasien Baru 100K
    Konsultasi 250K
    Phlebotomy 35K
    HIV Test (Rapid Test) 170K

    Info harga lebih lengkap bisa diakses melalui //angsamerah.com/klinik-tarif

    Terimakasih

    Reply

Leave a reply "Update Biaya Tes HIV di Puskesmas dan Rumah Sakit"