Biaya Perbaikan Mobil Lecet (Bengkel Resmi dan Bengkel Umum)

Dikarenakan beberapa sebab, menyerempet misalnya, bodi mobil memang bisa lecet. Ini tentu saja membuat tampilan kendaraan menjadi tidak oke. Untungnya, saat ini, sudah banyak yang menyediakan layanan perbaikan mobil lecet. Biaya yang perlu dikeluarkan pemilik memang bervariasi, tergantung tingkat dan banyaknya kerusakan yang harus diperbaiki.

Perbaikan bodi mobil lecet (sumber: bobvila.com)

Perbaikan bodi mobil lecet (sumber: bobvila.com)

Selain sepeda motor, saat ini semakin banyak orang di yang telah memiliki mobil sebagai sarana transportasi. Secara umum, mereka membeli kendaraan roda empat untuk menikmati dua fungsi, yakni sebagai sarana untuk mengantarkan dari satu tempat ke tempat yang lain dan mengangkut dalam aktivitas sehari-hari, serta untuk memperoleh prestise yang akan memberikan kepuasan tersendiri.[1]

Seorang konsumen dengan tingkat pendapatan menengah ke bawah mungkin cenderung membeli mobil karena dia membutuhkannya sebagai alat transportasi yang bisa meringankan pekerjaan dan mobilitas, sehingga faktor seperti merk, model, maupun karoseri kurang diperhatikan, terpenting murah dan kondisinya baik.[2] Sebaliknya, mereka yang punya pendapatan tinggi, mungkin membeli mobil untuk alasan prestise, sehingga lebih memperhatikan merk dan model kendaraan,

Kepemilikan kendaraan bermotor yang semakin meningkat juga dipengaruhi kebijakan perusahaan atau pabrikan dan dealer resmi di bawahnya. Banyak dealer yang memberikan uang muka atau down payment yang ringan untuk pembelian secara kredit, sehingga walaupun tingkat pendapatan masyarakat tergolong rendah, dengan biaya uang muka yang ringan, mereka tidak mempermasalahkannya.[3]

Baca juga  Update Biaya Fumigasi Basmi Hama Serangga

Penyebab Mobil Lecet

Sebagian besar pemilik mobil pasti pernah menemukan goresan pada bodi kendaraan mereka. Goresan atau lecet ini dapat terjadi karena banyak hal, misalnya kecelakaan ringan, menyerempet suatu benda, hingga ulah jahit tangan manusia yang disengaja. Secara umum, lecet pada mobil dapat dibedakan menjadi tiga kategori, yakni baret atau lecet ringan, lecet sedang, serta lecet berat.

Untuk lecet ringan, baret tidak terlalu merusak mobil, sebab goresannya cukup kecil dan hampir tidak terlihat. Goresan ini dapat terjadi akibat bodi tidak sengaja terkena benda tajam seperti kuku. Sementara, baret sedang dapat terlihat lebih jelas, walaupun tidak terlalu merusak susunan cat pada tubuh kendaraan. Meski begitu, lecet ini tetap saja membuat tampilan kendaraan menjadi tidak elok. Biasanya, lecet sedang disebabkan bodi terkena ranting atau .

Terakhir, goresan yang dalam dapat dikategorikan parah. Baret ini dapat merusak susunan cat bodi kendaraan yang dapat dilihat secara jelas. Lecet seperti ini biasanya terjadi karena kecelakaan berat atau menyerempet kendaraan lainnya, sehingga membuat lapisan dasar mobil menjadi rusak, termasuk logam yang terdapat pada bagian bodi kendaraan.

Bodi mobil lecet (sumber: topspeed.sk)

Bodi mobil lecet (sumber: topspeed.sk)

Tips Perbaiki Lecet Mobil

Jika goresan masih dalam kategori ringan, pemilik tidak usah terburu-buru membawa kendaraan mereka ke bengkel reparasi. Pasalnya, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki goresan tersebut. Cara yang dapat dikatakan efektif untuk hal ini adalah memakai kompon. Pasalnya, zat abrasif pada kompon diklaim mampu menghaluskan baret, membuat bodi mobil tampak lebih .

Baca juga  Update Tarif Resmi Pembuatan Visa Qatar

Selain memakai kompon, Anda pun bisa memakai pasta gigi untuk memperbaiki baret yang tidak terlalu dalam. Beberapa yang lainnya malah menggunakan obat nyamuk, yang dioleskan menggunakan media kanebo atau lap bersih dan halus. Bahkan, ada pula yang memanfaatkan minyak , tetapi metode ini harus dilakukan lebih hati-hati karena bisa menyebabkan kerusakan cat mobil.

Biaya Perbaikan Mobil Lecet

Apabila goresan atau baret sudah masuk kategori berat, sebaiknya Anda membawa mobil ke bengkel reparasi. Saat ini, sudah banyak bengkel yang menyediakan layanan perbaikan bodi mobil, baik itu bengkel resmi maupun bengkel umum. Biaya yang dipatok bervariasi, tergantung tingkat lecet dan seberapa banyak ditemukan goresan pada kendaraan.

Di bengkel bodi dan cat Mitsubishi misalnya, biaya perbaikan lecet mobil berkisar Rp650 ribu per panel untuk tipe Mirage dan Rp900 ribuan per panel untuk varian Pajero Sport. Harga tersebut belum termasuk biaya perbaikan rangka kendaraan apabila mengalami penyok akibat kecelakaan. Biasanya, proses pengerjaan perbaikan membutuhkan waktu tiga sampai satu minggu untuk kategori ringan hingga sedang.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Layanan Kartu Kredit Tokopedia

Jika kebetulan kendaraan Anda adalah Avanza, Anda bisa memperbaiki lecet mobil di bengkel resmi Toyota. Biaya perbaikan umumnya dihitung per panel, dengan harga sekitar Rp900 ribuan serta waktu pengerjaan sekitar satu hingga tiga hari, tergantung tingkat kerusakan. Selain itu, pihak Toyota pun menyediakan layanan perbaikan cat, dengan kisaran harga Rp330 ribuan hingga Rp1,1 jutaan per panel.

Selain di bengkel resmi, Anda pun bisa melakukan perbaikan di bengkel umum. Mengenai biaya, tidak ada patokan harga resmi, semuanya tergantung penawaran dan kesepakatan. Jika diambil rata-rata, biaya perbaikan lecet untuk lebih dari satu titik, berkisar Rp200 ribu sampai Rp900 ribu. Sementara, jika lecet hanya terjadi di satu bagian, bumper misalnya, biayanya dipatok Rp350 ribu sampai Rp400 ribuan.

[1] Marpaung, Anna Octora dan Rachmat Sumanjaya Hasibuan. 2013. Analisis Dampak Kebijakan Pembatasan Uang Muka Kredit (Down Payment) terhadap Permintaan Mobil di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Universitas Sumatera Utara, Vol. 1(11): 1-11.

[2] Suprihati dan Wikan Budi Utama. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Pribadi di Kelurahan Gonilan Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Paradigma, Vol. 13(1): 104-116.

[3] Marpaung, Anna Octora dan Rachmat Sumanjaya Hasibuan. Op. cit.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Biaya Perbaikan Mobil Lecet (Bengkel Resmi dan Bengkel Umum)"