Update Biaya Pendidikan di Pesantren Future Islamic School, Pekanbaru

Future Islamic School, atau biasa disingkat dengan FIS, merupakan salah satu berbasis agama Islam yang berlokasi di Pekanbaru, Riau. Sekolah Islam terpadu ini menyelenggarakan dua jenjang , yaitu SD dan SMP berbasis IT, dengan yang terbilang cukup terjangkau, bahkan dikatakan gratis.

Tentang Future Islamic School

Pesantren Future Islamic School - sekolah.data.kemdikbud.go.id

Pesantren Future Islamic School - sekolah.data.kemdikbud.go.id

Di dalam blog resmi sekolah, Future Islamic School dikatakan sebagai sekolah Islam terpadu yang dibentuk dari kesadaran idealisme dan semangat untuk mendirikan suatu lembaga pendidikan yang mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang ilmu pengetahuan, , serta punya kepribadian dan budi pekerti yang baik.

Mulai tahun akademik 2011/2012, Future Islamic School memiliki manajemen baru yang bekerja sama dengan Dompet Dhuafa Jakarta, khususnya dengan SMART Ekselensia Indonesia yang berlokasi di Bogor yang telah mengukir banyak prestasi di bidang akademik nasional. Dengan akreditasi A yang diperoleh pada tahun 2011, SMP IT Future Islamic School diklaim telah meluluskan angkatan pertama mereka sebanyak seratus persen dan hampir 70 persen di antaranya diterima di sekolah-sekolah unggulan di Pekanbaru.

Metode Pendidikan dan Belajar

Berbeda dengan sekolah berbasis Islam pada umumnya, Future Islamic School menerapkan sistem Moving Class untuk melakukan kegiatan belajar dan mengajar. Sistem yang banyak diterapkan di sekolah-sekolah luar negeri tersebut memungkinkan guru memiliki kelas, artinya setiap mata memiliki ruang sendiri, sehingga guru lebih siap untuk mengajar. Di Pekanbaru, selain Future Islamic School, sistem ini juga diadopsi oleh Yayasan Nurul Farah.

Untuk mendukung proses belajar dan mengajar agar bisa berjalan dengan lancar, pengelola Future Islamic School telah melengkapi sekolah ini dengan sejumlah fasilitas modern. Fasilitas unggulan yang telah dimiliki Future Islamic School di antaranya adalah ruang belajar lengkap dengan AC, hot spot area untuk akses internet, laboratorium komputer, aula, asrama putra, masjid, perpustakaan, bus antar-jemput siswa dan guru, galeri siswa, hingga lapangan dan olahraga.

Prestasi Future Islamic School

Siswa & staf Future Islamic School (sumber: riausky.com)

Siswa & staf Future Islamic School (sumber: riausky.com)

Selain kegiatan belajar dan mengajar, Future Islamic School juga memfasilitasi siswa yang memiliki bakat lain di luar kegiatan akademik, terutama yang berkaitan dengan agama Islam. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian siswa-siswi di sekolah ini punya banyak prestasi, baik untuk siswa jenjang SD maupun mereka yang duduk di bangku SMP.

Salah satu prestasi dari siswa Future Islamic School adalah melakukan perform di gelaran Pekanbaru Property Expo 2016 yang dilakukan Tribun Pekanbaru. Dalam pameran tersebut, siswa SD IT Future Islamic School membawakan sejumlah pertunjukan, termasuk Tari Indang khas Sumatera Barat, tilawah, nasyid, hingga presentasi ekstrakurikuler menggunakan .

Di tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 2015, salah satu murid SD TI Future Islamic School juga menorehkan prestasi sebagai juara pertama lomba Dai Cilik yang digelar oleh Mall Pekanbaru. Siswa bernama Muhammad Farhan Farmadi tersebut mampu menyingkirkan Dilla Salsabila dari SD Az Zuhra Islamic School di posisi dua dan Ezzeline dari SD 015 Pekanbaru di posisi ketiga, serta berhak atas hadiah piala, piagam, dan hadiah uang tunai.

Biaya Pendidikan di Future Islamic School

Biaya pendidikan di Future Islamic School secara garis besar terdiri dari uang pendaftaran, uang pembangunan, dan uang SPP. Sayangnya, untuk tahun ajaran 2019/2020  ini, pihak sekolah belum mengeluarkan biaya pendidikan secara resmi. Tetapi, sebagai referensi, berikut kami sajikan informasi biaya di Futures Islamic School di tahun ajaran sebelumnya.

Komponen BiayaKisaran Biaya (Rp)Keterangan
Uang Pembangunan7.500.000Diskon 50 persen bagi siswa berprestasi dengan rapor ranking 1-10
Biaya PendaftaranSMP IT : 250.000Diskon 60 persen bagi siswa berprestasi dengan rapor ranking 1-10
SD IT : 150.000
Gedung sekolah Future Islamic School (sumber: future-islamic.blogspot.com)

Gedung sekolah Future Islamic School (sumber: future-islamic.blogspot.com)

Namun, dalam situs resmi Dompet Dhuafa, sebagai mitra kerja sama Future Islamic School, disebutkan bahwa siswa yang menempuh pendidikan di sekolah ini tidak dipungut biaya alias gratis. Kebijakan yang sama juga diambil Dompet Dhuafa bagi murid yang menempuh pendidikan SMART Ekselensia Indonesia yang berlokasi di Bogor.

Pasalnya, Dompet Dhuafa memandang pendidikan sebagai aset nasional yang berharga dan menjadi tolok ukur kemajuan sebuah bangsa. Pendidikan juga dikatakan mampu mengubah individu, dunia, dan peradaban. Karena itu, Dompet Dhuafa sebagai Lembaga Amil Zakat ikut ambil bagian mendirikan beberapa jejaring dengan beragam program pendidikan gratis dan beasiswa untuk siswa unggul yang tidak mampu.

Syarat Pendaftaran Future Islamic School

Layaknya lembaga pendidikan lainnya, calon siswa yang ingin menempuh pendidikan di tempat ini harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut.

  • Membeli atau melunasi formulir pendaftaran dengan besaran seperti disebutkan di atas.
  • Formulir yang sudah diisi dengan lengkap diserahkan kembali ke sekretariat pendaftaran dengan menyerahkan fotokopi Akta Kelahiran, pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 8 lembar, pas foto berwarna terbaru ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar, dan fotokopi rapor yang telah dilegalisir sekolah asal.

Jadwal Pendaftaran dan Informasi Kontak

Seperti biaya pendidikan, pihak Future Islamic School juga belum merilis secara resmi jadwal pendaftaran siswa baru untuk tahun akademik 2019/2020. Namun, berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran siswa baru biasanya sudah dibuka mulai bulan Desember. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mendatangi kampus Future Islamic School di alamat Jalan Tuanku Tambusai Ujung, Pekanbaru, Riau atau menghubungi nomor telepon (0761) 26206, ponsel di nomor 0853 6494 7192 dan 0852 6558 9532, atau email di alamat [email protected]

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Update Syarat & Biaya Pondok Pesantren Lirboyo Kediri
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Pendidikan di Pesantren Future Islamic School, Pekanbaru"