Info Biaya Pasang KB Implan/Susuk

Jenis alat kontrasepsi atau KB ada bermacam-macam. Apabila aturan minum pil KB terlalu membingungkan dan kurang cocok bagi Anda yang kurang disiplin meminumnya, maka KB implan atau susuk mungkin bisa jadi alternatif. Apalagi karena biaya pasang KB implan relatif murah dan efektif untuk mencegah kehamilan dalam jangka waktu hingga beberapa tahun.

KB implan/susuk (sumber: ippf.org)
KB implan/susuk (sumber: ippf.org)

Apa Itu KB Implan?

Implant merupakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yang berupa susuk yang terbuat dari jenis karet yang berisi hormon, dipasang pada lengan atas. Implan dapat digunakan untuk jangka panjang 3-5 tahun dan bersifat reversibel.

Bacaan Lainnya

Keuntungan dari kontrasepsi implan adalah efektivitasnya tinggi sebesar 99% untuk mencegah kehamilan selama 3 tahun (angka kegagalan implan, 1 per 100 per tahun dalam 3 tahun pertama), hal ini sama dengan efektivitas AKDR, namun implan memiliki persentase kegagalan yang lebih kecil yaitu sebesar 0,05%, sedangkan AKDR memiliki persentase kegagalan sebesar 0,8%.

Implan merupakan pilihan kontrasepsi yang efektif, aman, dan nyaman bagi wanita. Implan sekali terpasang tidak perlu mengingat setiap hari. Implan berisi levonorgestrel yang merupakan hormon progesterone.

Salah satu yang mempengaruhi kepuasan dalam implan adalah masalah atau yang timbul. Beberapa efek samping penggunaan implan antara lain gangguan siklus menstruasi, berat badan naik/turun, nyeri payudara, masalah jerawat, depresi, atau yang lainnya.[1]

Susuk KB (norplant atau implant) yang diperkenalkan di Indonesia sejak 1982 dapat diterima masyarakat sehingga Indonesia merupakan negara terbesar pemakai norplant. Susuk KB disebut alat KB bawah kulit (AKBK). Pemasangan norplant makin lama makin meningkat dengan alasan pemasangan sederhana, pemakaian selama lima tahun, dan komplikasi tidak terlalu tinggi.[2]

Setiap kapsul susuk KB mengandung 36 mgr Levonorgestrel yang akan dikeluarkan setiap harinya sebanyak 80 mcg. Konsep mekanisme kerjanya sebagai progesteron yang dapat menghalangi pengeluaran LH sehingga tidak terjadi ovulasi, mengentalkan lendir serviks dan menghalangi migrasi spermatozoa, dan menyebabkan situasi endometrium tidak siap menjadi tempat nidasi.[3]

Keuntungan KB Implan

  • Tidak menekan produksi ASI.
  • Praktis, efektif.
  • Tidak harus mengingat-ingat.
  • Masa pakai jangka panjang (3 atau 5 tahun).
  • cepat kembali setelah pengangkatan.
  • Dapat digunakan oleh ibu yang tidak cocok dengan hormon estrogen.

Kerugian KB Implan

  • Susuk KB/implan harus dipasang dan diangkat oleh petugas kesehatan yang terlatih.
  • Dapat menyebabkan pola haid berubah.[4]
  • Menimbulkan efek samping seperti nyeri dan bengkak pada kulit di sekitar implan ditanam, perubahan suasana hati, kenaikan berat badan, nyeri payudara, jerawat, nyeri perut, dan sakit kepala.
  • Tidak melindungi dari penyakit menular seksual (PMS).
  • Tidak semua orang cocok.
Pemasangan KB implan (sumber: news-medical.net)
Pemasangan KB implan (sumber: news-medical.net)

Biaya Pasang KB Implan

LokasiBiaya Pasang KB Implan Mulai dari (Rp)
EMC Tangerang115.000
RSIA Karunia Bunda Tangerang125.000
Klinik Afiah Bogor150.000
RS Betha Medika Sukabumi170.000
Puskesmas Danurejan Yogyakarta175.000
RSIA Puri Bunda Malang175.000
Siloam Hospitals Surabaya220.000
RS Hermina Arcamanik288.000
RS Mulia Pajajaran Bogor290.000
Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang303.500
RSU Andhika Jakarta350.000
RS Islam Jemursari Surabaya380.000
Sakit Tebet385.000
RS Medika Dramaga Bogor400.000
RSU Bunda Margonda Depok441.000
RS Mitra Keluarga Surabaya507.000
RSIA Bunda Jakarta600.000
RS Graha Juanda 660.000
RSIA SamMarie Basra Jakarta1.374.000

Informasi harga dan biaya pemasangan KB implan di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga KB implan/susuk dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga dan biaya pasang KB implan yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda. Apabila Anda berencana untuk menggunakan KB implan, pastikan telah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Dilansir dari Alodokter, setelah masa pakai 3 tahun, Anda juga perlu untuk kembali kontrol ke dokter untuk melepas KB implan. Biasanya dokter akan menyuntikkan bius lokal pada daerah lengan sebelum proses pelepasan susuk. Kemudian, dokter akan membuat sayatan kecil pada kulit Anda dan mencari KB susuk yang sudah terpasang. Setelah KB implan ditemukan, dokter akan mengambil implan dengan pinset atau penjepit. Apabila implan telah dikeluarkan, dokter akan menutup luka sayatan itu dengan perban. Pastikan untuk memasang KB implan di dokter atau bidan yang telah berpengalaman.

[1] Amran, HF. 2019. Analisis Efek Samping Penggunaan Metode Kontrasepsi Implan di Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Raya Pekanbaru. Jurnal Medika Usada. 2(2): 6-15.

[2] Manuaba, IBG. 1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana Untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: EGC, hlm 445.

[3] Ibid., hlm 446.

[4] Syafrudin, Hamidah. 2009. Kebidanan Komunitas. Jakarta: EGC, hlm 186.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *