Biaya Masuk SMA Alfa Centauri Bandung TA 2023/2024

SMA Alfa Centauri Bandung adalah salah satu sekolah menengah atas swasta di Bandung yang didirikan oleh Sony Sugema College atau SSC pada tahun 2003 silam. Lembaga pendidikan ini dikenal sebagai sekolah yang mengunggulkan sistem belajar berbasis teknologi. Pasalnya, di SMA Alfa Centauri Bandung, menggunakan tablet dan laptop sebagai alat pembelajaran. Tidak mengherankan jika kemudian biaya yang dikenakan kepada siswa sedikit lebih mahal.

SMA Alfa Centauri Bandung (sumber: smaalfacentauri.sch.id)
SMA Alfa Centauri Bandung (sumber: smaalfacentauri.sch.id)

Institusi ini digagas oleh Sony Sugema, salah seorang pengusaha bimbingan belajar (bimbel). Sony melihat banyak orang miskin yang pintar tidak bisa meneruskan sekolah karena keterbatasan finansial orang tua mereka. Akhirnya, dengan mengalokasikan sejumlah keuntungan bisnisnya, Sony mendirikan SMA Alfa Centauri pada Juli 2003 silam di Kota Kembang.

Bacaan Lainnya

Sekolah tersebut kabarnya benar-benar gratis alias tidak memungut biaya, sehingga banyak orang tua yang tertarik menyekolahkan anak mereka di sana. Namun sayang, tidak semuanya bisa diterima karena pihak penyelenggara SMA Alfa Centauri mengadakan seleksi atau tes terlebih dahulu untuk memilih siapa saja siswa yang layak untuk sekolah di lembaga tersebut.

Fasilitas yang ditawarkan oleh SMA Alfa Centauri pun cukup memadai, mulai dari ruang kelas ber-AC, guru-guru berkualitas, fasilitas internet 24 jam, staf konsultan siswa (bidang studi Matematika, Kimia, Fisika, dan Bahasa Inggris), ruang visual, tim biro psikologi dan BP yang andal, sarana perpustakaan, English-club, dan kegiatan ekstrakurikuler. Berikut info lengkap biaya masuk SMA Alfa Centauri Bandung.

Biaya Masuk SMA Alfa Centauri TA 2023/2024

Program/Jalur Pendaftaran Biaya DSP Biaya SPP
Program A ( 60 persen) Rp38.000.000 Rp1.600.000
Program B (kuota 20 persen) Rp28.500.000 Rp1.600.000
Program C (kuota 20 persen) Gratis Gratis
Jalur Prestasi Gratis Gratis
Raih Bintang (25 siswa) Gratis Gratis

Keterangan:

  • Untuk Program B, melampirkan bukti slip gaji atau penghasilan per bulan, fotokopi Kartu Keluarga dan Rapor, pas foto 3 x 4, Akte Kelahiran, dan rekening listrik atau PBB.
  • Untuk Program C, melampirkan fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP orang tua, serta SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) asli dan terbaru pada saat mendaftar. Bagi siswa dalam Kota Bandung, tidak dikenakan biaya seragam.
  • Untuk Jalur Prestasi, melampirkan bukti sertifikat kejuaraan nasional bidang akademik rekomendasi Dinas Pendidikan atau kejuaraan tingkat internasional pada saat mendaftar atau memiliki hafalan Al 30 juz yang dibuktikan dengan sertifikat dan tes lisan yang dilaksanakan setelah tes akademik.
  • Untuk Jalur Raih Bintang, melampirkan bukti SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) asli dan terbaru dan bukti sertifikat kejuaraan bidang akademik, diserahkan pada saat mendaftar.

Jika dibandingkan tahun akademik 2022/2023 lalu, biaya studi calon siswa SMA Alfa Centauri Bandung tahun ini terpantau fluktuatif. Biaya SPP Program A dan B yang semula dipatok berkisar Rp1,5 juta, kini naik menjadi Rp1,6 juta. Sementara itu, biaya DSP Program B sedikit turun dari Rp29 juta menjadi Rp28,5 juta.

SMA Alfa Centauri Bandung - smaalfacentauri.net
SMA Alfa Centauri Bandung – smaalfacentauri.net

Selain program A, B, C, prestasi, dan raih bintang, SMA Alfa Centauri juga mengadakan program beasiswa tahfidz. Program ini berlaku bagi pendaftar program A atau B dengan biaya SPP yang disesuaikan. Meski begitu, pendaftar yang diterima pendaftar program A atau B berkesempatan memperoleh diskon DSP sebesar 25% untuk penghafal 5-10 juz, 50% penghafal 11-20 juz, 75% penghafal 21-29 juz, dan 100% penghafal 30 juz.

Syarat Pendaftaran SMA Alfa Centauri

  • Fotokopi Akta Kelahiran.
  • Fotokopi Ijazah & Surat Tanda Lulus (STL) SMP/sederajat.
  • Pas foto 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
  • Fotokopi Rapor kelas 1 s/d 3 SMP/sederajat.
  • Fotokopi Sertifikat kejuaran/Lomba/Olimpiade (jika ada).
  • Fotokopi Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB), bebas rokok dan narkoba dari sekolah asal.
  • Bagi siswa tidak mampu, harus menyertakan fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP orang tua, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) asli dan terbaru pada saat penyerahan Formulir. SKTM tersebut ditandatangani oleh RT/RW, kelurahan/kepala desa dan kecamatan diserahkan pada saat pengembalian formulir dan kelengkapan lainnya.
  • Program A wajib menyertakan map berwarna biru.
  • Program B melampirkan bukti slip gaji atau penghasilan per bulan dan menyertakan map berwarna kuning.
  • Program C menyertakan map berwarna cokelat.
  • Jalur Prestasi wajib melampirkan bukti sertifikat kejuaraan nasional di bidang akademik dan dikirimkan ke pihak panitia PPDB pada saat daftar sebelum tes.
  • Program Raih Bintang wajib melampirkan bukti SKTM dan sertifikat kejuaraan nasional di bidang akademik serta menyertakan map berwarna hijau. Peserta yang lolos masuk lewat program Raih Bintang akan mendapatkan uang saku bulanan dan berkesempatan ikut study tour ke luar negeri.
  • Pendaftar beasiswa tahfidz wajib melampirkan sertifikat tahfidz dan dinyatakan lulus tes hafalan yang diadakan setelah tes tulis akademik, serta menyertakan map berwarna hijau.

Jadwal Pendaftaran SMA Alfa Centauri TA 2023/2024

Dikutip dari situs resminya, SMA Alfa Centauri sudah membuka penerimaan siswa baru tahun akademik 2023/2024. Saat artikel ini tayang, SMA Alfa Centauri masih melaksanakan penerimaan siswa baru Gelombang II, tepatnya tanggal 21 Februari 2023 hingga 28 Maret 2023. Sementara itu, uji coba tes dimulai tanggal 5 Mei 2023. Untuk informasi lebih detail, bisa menghubungi nomor telepon (022) 727 3924 atau nomor ponsel 0812-2048-2003. Tak ada salahnya juga untuk mengakses situs resmi atau media SMA Alfa Centauri. 

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *