Info Biaya Lepas IUD (KB Spiral) di Puskesmas, Klinik, & Rumah Sakit

IUD masih menjadi metode kontrasepsi atau KB yang disukai oleh banyak wanita sampai sekarang. Selain tidak perlu memperhatikan jadwal seperti pada konsumsi KB, tingkat efektivitas IUD atau KB spiral juga relatif tinggi. Pemasangan maupun lepas IUD bisa dilakukan di rumah sakit atau puskesmas dengan biaya yang beragam.

Ilustrasi: prosedur lepas IUD (sumber: health.com)
Ilustrasi: prosedur lepas IUD (sumber: health.com)

Apa Itu IUD?

IUD (Intra Uterine Devices) merupakan kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim yang terbuat dari bahan polietilen dengan atau tanpa metal untuk steroid. IUD sangat efektif untuk menjarangkan kehamilan dibandingkan dengan metode kontrasepsi jangka panjang lainnya seperti , tubektomi, dan vasektomi. IUD merupakan metode kontrasepsi jangka panjang yang paling banyak digunakan dalam program KB di Indonesia. Pengguna IUD di Indonesia mencapai 22,6% dari semua pengguna metode kontrasepsi.[1]

Bacaan Lainnya

IUD (Intrauterine Device) umumnya berbentuk kecil, lentur, terbuat dari plastik yang dimasukkan ke dalam rongga uterus melalui leher rahim. IUD berbeda-beda dalam segi ukuran, bentuk, maupun bahannya. Sebagian IUD juga tidak mengandung bahan aktif secara farmakologis (misalnya tembaga atau progesteron).[2]

Dalam mencegah kehamilan, efektivitas IUD mencapai 97-99%. Mekanisme kerja IUD belum dapat dipastikan, meskipun IUD membuat endometrium tidak sesuai untuk implantasi dengan menginduksi respon leukosit polimorfonuklear lokal, memproduksi prostaglandin E2 dan F2, serta merangsang kontraksi uterus. Setidaknya terdapat dua macam KB spiral atau AKDR ( Kontrasepsi Dalam Rahim) yakni IUD hormonal dengan kandungan hormon progestin dan IUD berlapis tembaga. Berikut ulasannya.

Jenis IUD

IUD Spiral Berlapis Tembaga

Dilansir dari Alodokter, KB spiral mengandung tembaga dan tidak mengandung hormon. KB jenis ini cukup efektif dalam mencegah kehamilan hingga 10 tahun sejak pemasangan. KB spiral lapis tembaga bekerja dengan cara melepaskan unsur tembaga secara perlahan, kemudian menghalangi sel-sel sperma untuk naik dan mencapai sel telur. Kandungan tembaga yang dilepaskan IUD juga membuat sperma serta sel telur yang dibuahi jika sampai terjadi proses pembuahan maka tidak bisa bertahan hidup di dalam rahim dan saluran telur.

IUD Spiral Mengandung Hormon

Jenis KB spiral ini biasanya dilapisi oleh hormon progestin. Namun, efektivitas IUD spiral dengan hormon tak seperti KB spiral tembaga. Efektivitas atau masa pakai IUD spiral hormon antara 3-5 tahun, tergantung mereknya. Cara IUD spiral hormon mencegah pembuahan sel telur adalah dengan mencegah penebalan dinding rahim sehingga sel telur yang sudah dibuahi tak dapat berkembang. KB jenis ini pun dapat membuat leher rahim dipenuhi dengan lendir yang lengket sehingga membuat sperma tak dapat masuk rahim.

Ilustrasi: prosedur lepas IUD (sumber: healthline)
Ilustrasi: prosedur lepas IUD (sumber: healthline)

Seperti diketahui, IUD memiliki masa pakai hingga beberapa tahun. Namun, jika Anda dan pasangan berubah pikiran ingin segera memiliki momongan, atau mungkin jika Anda merasa kurang nyaman menggunakan IUD, Anda juga bisa meminta dokter melepas KB spiral yang telah terpasang di rahim Anda. Biaya lepas IUD tersebut bisa sangat bervariasi, tergantung tingkat kesulitan dan juga di mana lokasi Anda melakukannya. Berikut kisaran biaya lepas IUD di beberapa tempat.

Biaya Lepas IUD

Lokasi Kisaran Biaya Lepas IUD (Rp)
Puskesmas Ponorogo Tanpa penyulit: 37.500 / dengan penyulit: 75.000
Klinik Surya MedikaCiracas 79.800
Puskesmas BuduranSidoarjo 100.000
Puskesmas Sumbersari Madiun 100.000
Klinik Afiah Bogor 150.000
Klinik Adhiwarga PKBI Yogyakarta 150.000
Nur Hidayah Bantul 153.000
Siloam Hospitals Bogor 245.000
RS Citra Arafiq Depok 250.000
RSKIA Annisa Banjarmasin Tanpa anastesi: 250.000 / dengan penyulit: 500.000 – 1.000.000
Beta Health Care Cilandak 266.000
RSU Pindad Bandung 314.500
Rumah Sakit JIH Yogyakarta 337.000

Informasi biaya lepas IUD atau KB spiral di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi fasilitas kesehatan yang bersangkutan. Namun, perlu diketahui bahwa biaya melepas IUD dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, biaya lepas IUD yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

[1]Putri, RP dkk. 2016. Efektivitas Intra Uterine Devices (IUD) Sebagai Alat Kontrasepsi. Jurnal Kedokteran UNILA. 5(4): 139.

[2]Arvin, BehrmanKliegman. 2000. Kesehatan Anak. Jakarta: ECG, hlm 683.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *