Info Lengkap Biaya Laser Stretch Mark di Berbagai Klinik Terbaru

Stretch mark kerap dialami wanita setelah melahirkan. Ciri dari stretch mark yakni adanya garis yang panjang, dangkal, dan berwarna berbeda dibandingkan kulit asli. Sebagian wanita terkadang merasa kurang dengan adanya stretch mark, sehingga kerap mencari perawatan untuk menghilangkan bekasnya. Laser menjadi salah satu treatment yang ditawarkan untuk menghilangkan bekas stretch mark dengan biaya cukup mahal.

Ilustrasi: Stretch Mark di Paha (credit: 7dmc.ae)
Ilustrasi: stretch mark di paha (credit: 7dmc.ae)

Stretch mark muncul karena adanya peregangan secara tiba-tiba pada lapisan dermis. Peregangan tersebut menyebabkan komponen kolagen dan elastin putus, sehingga menghasilkan garis panjang tersebut. Awalnya, stretch mark berwarna kemerahan atau keunguan akibat pembuluh darah yang lebih tampak di permukaan kulit sebagai efek putusnya jaringan penunjang kulit. Lama-kelamaan, stretch mark menjadi berwarna putih keabuan dikarenakan pembuluh darah sudah mengerut dan akhirnya menampakkan lapisan lemak bawah kulit.

Bacaan Lainnya

Umumnya, stretch mark ditemukan pada daerah tempat lemak tersimpan, seperti di daerah perut, lengan atas, paha, dan bokong. Stretch mark paling sering ditemukan pada wanita hamil, seseorang dengan obesitas atau remaja yang sedang mengalami growth spurt/percepatan pertumbuhan. Pada ketiga kondisi ini, kulit mengalami peregangan di luar batasnya, sehingga menimbulkan stretch mark.

Meski begitu, ada beberapa kondisi lain yang memungkinkan seseorang mengalami stretch mark, seperti adanya penyakit medis yang mendasari pemakaian krim kortikosteroid (krim antiperadangan yang biasanya diresepkan untuk penyakit kulit akibat alergi yang menekan produksi kolagen. Penyakit medis seperti sindrom cushing yang menyebabkan tingginya hormon kortisol dan memicu penambahan berat badan secara cepat, serta sindrom marfan yang menyebabkan gangguan pada jaringan penunjang kulit, kondisi tersebut juga dapat menimbulkan munculnya stretch mark.

Hingga saat ini, belum ada terapi untuk mengatasi stretch mark yang 100% efektif. Hal ini disebabkan karena penyembuhan stretch mark sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari usia, warna kulit, nutrisi, dan adanya kerusakan kulit akibat sinar matahari. Untuk itu, dalam mengobati stretch mark yang benar yakni membuatnya lebih tersamar.[1]

Perawatan kulit menggunakan laser dinilai cukup efektif dalam membantu mengurangi garis halus seperti keriput hingga menyamarkan stretch mark. Pasalnya, sinar laser akan merangsang produksi kolagen dan elastin untuk meregenerasi sel-sel kulit dan memperbaiki struktur kulit Anda. Lalu, berapa biaya laser untuk mengatasi stretch mark saat ini?

Ilustrasi Laser Stretch Mark (sumber: vashnarkolog.com)

Biaya Laser Stretch Mark

Tempat Perawatan Kisaran Harga (Rp)
Surabaya Skin Centre Dermatology and Laser Medicine Clinic 500.000
Loris Beauty Clinic Malang 800.000
ZAP Clinic Surabaya 1.000.000
Genese Aesthetic Clinic Jakarta 2.075.750
MS Glow Bandung 2.000.000

Biaya laser di klinik di atas ditujukan bagi Anda yang menjalani rangkaian perawatan laser dan PRP (Platelet Rich Plasma). Perawatan ini berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen, mempercepat proses penyembuhan luka dan memperbaiki elastisitas kulit sehingga pada akhirnya dapat mengurangi penampakan stretch mark. Pada sebagian orang, perawatan PRP dapat menimbulkan efek samping berupa peradangan pada kulit di mana kulit tampak kemerahan selama 5-7 hari.

Selain perawatan PRP Injectable, untuk menghilangkan stretch mark, Anda juga bisa menggunakan perawatan laser fraxel yang cenderung lebih mahal. Menurut sejumlah review di internet, biaya laser fraxel untuk stretch marks di klinik Jakarta ditawarkan antara Rp15 juta hingga Rp20 juta. Fraxel repair adalah perawatan yang lebih agresif, sehingga masa pemulihan bisa memakan waktu lebih lama hingga 10 hari.

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2022. Tarif perawatan laser untuk stretch mark dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak klinik. Sebagai contoh, biaya laser di Loris Beauty Clinic Malang yang dibanderol Rp750.000 tahun 2021, naik menjadi Rp800.000 tahun 2022. Sebelum melakukan perawatan, ada baiknya Anda konsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk penanganan tepat.

Stretch mark dinilai tidak berbahaya sehingga tidak membutuhkan penanganan dan perawatan khusus karena dapat hilang seiring waktu. Meski demikian, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan risiko munculnya stretch mark sebagai berikut.

Cara Mencegah Stretch Mark

  • Menjaga berat badan ideal: Usahakan agar berat badan tidak berkurang lebih dari ½ kilogram per minggu.
  • Menerapkan pola makan sehat: Biasakan untuk mengonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin E, vitamin C, protein, dan zinc, sehingga kolagen kulit Anda bisa bertambah.
  • Menjaga asupan cairan: Minum cukup air juga dapat membantu menjaga kelembapan dan kelembutan kulit Anda.

Selain mencegah, ada juga beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menyamarkan atau meminimalisasi stretch mark, yakni menutupinya dengan krim atau kosmetik khusus, menggunakan krim penghilang stretch mark, melakukan chemical peeling, terapi laser, dan operasi kecantikan.

[Update: Almas]

[1] Rahmatullah, I. 2016. Menjalani Kehamilan & Persalinan yang Sehat. Syafaruddin M, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pos terkait