Info Terbaru Harga dan Cara Menanam Aglonema Golden Hope

Aglonema bukan varian baru di Indonesia. Pasalnya, tanaman ini sudah populer sejak dulu dengan nama Sri Rejeki dengan harga bervariasi. Seiring waktu, aglaonema muncul dengan varian baru seperti Golden Hope yang membuat para pecinta tanaman merapat untuk segera mengoleksinya. Namun, rupanya Anda perlu menyiapkan budget yang tak sedikit karena aglonema satu ini termasuk jenis dengan harga termahal di pasaran.

Aneka jenis bunga aglonema
Aneka jenis bunga aglonema

Aglonema salah satu jenis yang memerlukan perawatan intensif. Merawat sekadarnya dapat menyebabkan tanaman sakit atau mati. Hal tersebut yang menyebabkan populasi aglonema kian terbatas. Pada 1990-an, dunia aglonema Tanah Air harum di kancah internasional, saat lahir varian Pride of Sumatra yang merupakan hasil pemuliaan Gregori Garnadi Hambali menjadi kampiun kontes tanaman di Belanda.

Bacaan Lainnya

Tren aglonema kemudian sempat vakum beberapa tahun sejak akhir 90-an. Memasuki 2000-an, varian tanaman keluarga Araceae itu kian banyak. Setidaknya ditemukan 300-an varian aglonema, seiring dengan peningkatan pecinta aglonema di berbagai daerah di tanah air. Tren aglonema memang terlihat seperti sebuah siklus. Pasalnya, setiap dekade selalu ada momen yang membuat tren naik.

Siklus terakhir pada 2020 lebih bombastis, karena adanya varian anyar golden hope yang membuat para pecinta semakin bersemangat mempromosikan aglonema pada masyarakat. Pada saat dirilis pertama kali pada September 2020, Aglonema Golden Hope dijual mulai Rp50 juta per paket. Satu paket terdiri atas 10 tanaman, artinya, harga rata-rata per pot tanaman dengan tinggi 30-40 cm tersebut berkisar Rp10 jutaan. Berselang setengah tahun, harga varian anyar itu justru cenderung naik hingga 100%, bisa mencapai Rp20 juta per pot. Penyebabnya, tak lain yakni permintaan di pasaran yang kian meningkat.[1]

Saat ini, Anda mungkin penasaran berapa harga Aglonema Golden Hope di pasaran. Anda tak boleh tercengang jika mengetahui harga per paketnya mencapai ratusan juta rupiah. Berikut rincian harga Aglonema Golden Hope di pasaran.

Aglonema Golden Hope (sumber: kompas)

Harga Aglonema Golden Hope

Jenis Tanaman Aglonema Golden Hope Kisaran Harga (Rp)
Bonggol/Batang Bunga Aglonema Golden Hope 200.000
Bibit Aglonema Golden Hope/Anakan 900.000
Aglonema Baby Golden Hope 1.500.000
Aglonema Golden Hope per paket 10.700.000 – 110.000.000

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga Aglonema Golden Hope tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, bonggol/batang bunga Aglonema Golden Hope yang dibanderol Rp193 ribu tahun 2021, naik menjadi Rp200 ribu tahun 2022.

Tak jauh berbeda dari Aglonema Golden Hope, Aglonema Minion juga dijual berkisar Rp35 jutaan di pasaran tahun 2021 hingga 2022. Namun, bagi Anda dengan budget terbatas, bisa membeli pilihan lain yang tak kalah cantik yakni Aglonema Golden Love yang ditawarkan mulai harga Rp675 ribuan dan Aglonema Moonlight seharga Rp700 ribuan tahun 2021 dan 2022. Sedangkan salah satu jenis Aglonema termurah yang mungkin Anda temukan di pasaran adalah Golden White berkisar Rp60 ribuan per pot tahun 2021, naik menjadi Rp85 ribu tahun 2022.

Perlu diketahui, Aglonema Golden Hope memiliki ciri daun lebar, warnanya perpaduan kuning, hijau, dan merah. Jenis yang satu ini bisa ditanam dan diperbanyak melalui stek bonggol. Bagi Anda yang berniat untuk membudidayakannya, berikut cara menanam Aglonema Golden Hope yang bisa dipraktikkan di rumah.

Aglonema Golden Hope (sumber: aksarajabar.pikiran-rakyat.com)

Cara Menanam Aglonema Golden Hope

  • Keluarkan tanaman golden hope dari media asalnya dan bersihkan akarnya dari bekas tanah.
  • Celup-celupkan akar tanaman ke ember yang sudah diisi air.
  • Periksa terlebih dulu akar golden yang ingin ditanam.
  • Potong jadi beberapa bagian yang diinginkan.
  • Bersihkan akar baru yang akan ditanam dengan kain atau tisu.
  • Olesi akar dengan antijamur fungisida.
  • Sisihkan lalu biarkan hingga kering kurang lebih 20 menit. Anda juga bisa membersihkan Aglonema Golden Hope yang telah dipotong dengan antijamur fungisida.
  • Cek kondisi akar Aglonema Golden Hope dan tanam akar yang sudah dipotong tadi di media tanah dan pot.
  • Timbun akar dengan media tanam setidaknya 1 cm.

Aglonema Golden Hope jika dirawat dengan baik, bisa tumbuh dengan sehat setidaknya dalam rentang waktu 2 bulan. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi dan air pada tanaman. Perhatikan teknik penyiraman dan memperbanyak tanaman dengan benar. Tak hanya itu, tanaman Aglaonema Golden Hope juga perlu dirawat dari hama.

[Update: Almas]

[1] Redaksi Trubus. 2021. Majalah Trubus Edisi Juni 2021. Jakarta: Trubus. Hlm 7.

Pos terkait