Update Biaya Kuliah Program Ekstensi (D3 ke S1) di BINUS University

Melalui sistem perkuliahan yang ditawarkan, salah satunya online learning, Bina Nusantara University (biasa disingkat BINUS) menjadi salah satu perguruan tinggi yang cukup populer di Indonesia, meski biaya kuliahnya memang bisa dikatakan mahal. BINUS sendiri menyediakan beberapa program studi, salah satunya Program Ekstensi dari D3 ke S1.

Kampus Binus University (sumber: jajanbeken.com)

Kampus Binus University (sumber: jajanbeken.com)

Tentang BINUS University

BINUS adalah salah satu kampus swasta yang berlokasi di ibukota Jakarta. Universitas ini berada di bawah naungan lembaga pendidikan Bina Nusantara. Di Jakarta, perguruan ini memiliki beberapa kampus yang berlokasi di Jalan KH Syahdan, Jalan Kebon Jeruk Raya (Kampus Anggrek), Jalan Kemanggisan Ilir II (Kampus Kijang), Jalan Jalur Sutera Barat (Kampus Alam Sutera), dan Jalan Hang Lengkir (Kampus JWC).

BINUS University awalnya merupakan sebuah institusi pelatihan komputer bernama Modern Computer Course yang didirikan pada tanggal 21 Oktober 1974. Seiring dengan perkembangan zaman, Modern Computer Course kemudian bertransformasi menjadi Akademi Teknik Komputer atau ATK pada tanggal 1 Juli 1981. Akademi ini menawarkan pendidikan Manajemen Informatika dan Teknik Informatika.

Selang tiga tahun kemudian, tepatnya tanggal 13 Juli 1984, ATK menerima status terdaftar dan berubah menjadi AMIK Jakarta. Pada 1 Juli 1985, AMIK membuka kursus di bidang komputerisasi akuntansi, da mulai menggunakan nama Bina Nusantara sejak tanggal 21 September 1985. Lembaga ini sendiri sempat menerima penghargaan sebagai akademi komputer terbaik dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di tahun 1986.

Setelah membentuk STMIK Bina Nusantara pada 1 Juli 1986, kedua lembaga ini melebur dan membentuk satu institusi pendidikan yang menawarkan program studi Diploma (D3) dan Strata 1 (S1) pada 9 November 1987. STMIK Bina Nusantara kemudian memperoleh status disamakan untuk semua program studi pada 18 Maret 1992, yang lalu membuka program studi Pascasarjana Manajemen Sistem Informasi pertama di Indonesia setahun kemudian.

Pada tanggal 8 Agustus 1996, Universitas Bina Nusantara resmi didirikan, dan STMIK Bina Nusantara kemudian bergabung dengan kampus tersebut pada 20 Desember 1998. Saat ini, BINUS menyelenggarakan tiga jenjang pendidikan, mulai Sarjana, Magister, dan Doktor, yang beberapa di antaranya bekerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri.

Aktivitas perkuliahan di Binus University Malang (sumber: jurnalmalang.com)

Aktivitas perkuliahan di Binus University Malang (sumber: jurnalmalang.com)

Program Ekstensi di BINUS University

Untuk pendaftar yang merupakan lulusan D3 dan ingin meneruskan pendidikan ke S1, BINUS University menawarkan Program Ekstensi. Ada tiga program studi yang ditawarkan, yaitu Akuntansi, Business Management, dan Sistem Informasi. Masing-masing program studi tersebut menyelenggarakan 20 mata kuliah dengan lama kuliah sekitar empat semester. Jumlah mata kuliah Teknik Informatika sebanyak 5 mata kuliah, sedangkan prodi lainnya 6 mata kuliah.

Program Ekstensi Akuntansi, dimaksudkan untuk melengkapi mahasiswa dalam karier, profesional di bidang akuntansi dan bisnis. Tujuan ini juga dilengkapi dengan pengembangan kompetensi mahasiswa dalam akuntansi, kepercayaan diri dalam menggunakan teknologi informasi, pengembangan etika kerja yang baik, serta kecerdasan komunikasi. Pendidikan berkualitas tinggi seperti ini dapat menjadi ‘paspor’ untuk bergabung dan/atau berkembang dalam profesi di bidang akuntansi dan keuangan, baik di luar negeri maupun dalam negeri.

Sementara, Program Ekstensi Business Management adalah program yang menawarkan kurikulum yang berkualitas, sehingga memberikan kesempatan yang luas dan terbuka kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan akademik mereka, sesuai dengan bakat dan minat di bidang manajemen dan bisnis. Berikut penjelasan program Ekstensi di BINUS University.

Tujuan Program Ekstensi di BINUS University

  • Memberikan wawasan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa dalam mengelola bisnis dan manajemen guna memenangkan persaingan bisnis global yang kian ketat dalam dunia dunia industri (DUDI).
  • Membekali mahasiswa dengan kemampuan dan kompetensi pemanfaatan teknologi informasi (TI), kemampuan dan kompetensi pada bisnis internasional dan strategis, dan mampu mengaplikasikan pemikiran-pemikiran yang strategis di bidang manajemen dan bisnis global.
  • Membekali mahasiswa dalam memahami isu-isu terkait implementasi dan pengendalian program manajemen dan bisnis dalam berbagai bidang usaha dan lintas sektor industri yang diperlukan oleh mahasiswa sebagai agen perubahan dalam manajemen dan bisnis global di masa mendatang.

Program Ekstensi Sistem Informasi adalah disiplin yang berhubungan dengan teknologi aplikasi intelijen pada masalah-masalah bisnis. Lulusan Sistem Informasi biasanya memiliki kesempatan karir, baik di bidang bisnis maupun teknologi. Tujuan dari program studi ini adalah mempersiapkan mahasiswa untuk masuk ke dalam pasar global atau lebih pada bidang bisnis dan teknologi. 

Biaya kuliah Program Ekstensi di BINUS University terdiri dari Sumbangan DP3, Uang Mata Kuliah, Biaya BP3, dan Biaya Skripsi. Sayangnya, pihak BINUS hingga kini belum merilis info terbaru mengenai biaya kuliah ekstensi TA 2021/2022. Untuk itu, sebagai referensi, kami sajikan rincian biaya studi Program Ekstensi Universitas Bina Nusantara (dalam ) tahun akademik sebelumnya yakni 2020/2021 yang diperkirakan tidak jauh berbeda.

Mahasiswi Binus University berjalan ke arah kampus (youtube: BINA NUSANTARA GROUP)

Mahasiswi Binus University berjalan ke arah kampus (youtube: BINA NUSANTARA GROUP)

Biaya Kuliah Ekstensi Binus

Program StudiSumbangan DP3 (Rp)Uang Kuliah (Rp)BP3 (Rp)
Akuntansi4.000.0007.500.0002.000.000
Business Management4.000.0007.500.0002.000.000
Sistem Informasi4.000.0007.500.0002.000.000
Teknik Informatika4.000.0006.250.0002.000.000

Keterangan: 

  • Biaya Skripsi semua jurusan: Rp750 ribu.
  • Total biaya semester 1 yakni, Teknik Informatika: Rp12.250.000, Sistem Informasi, Business Management, dan Akuntansi: Rp13.500.000.

Biaya kuliah ekstensi di Binus pada tahun 2020 terpantau banyak yang mengalami penurunan dibanding 2019 lalu, terutama untuk komponen sumbangan DP3 yang tadinya ada di angka Rp13,2 juta, menjadi Rp4 jutaan saja. Demikian pula untuk uang kuliah dan biaya BP3 yang diturunkan dari tahun 2019 lalu. Namun khusus untuk biaya skripsi naik dari Rp2,2 juta – Rp3 juta, menjadi Rp3,75 juta.

Biaya tersebut sudah termasuk biaya ujian semester, tetapi belum termasuk biaya pengulangan mata kuliah, biaya cuti, biaya perpanjang skripsi, dan biaya wisuda. Masing-masing kelas akan dijalankan dengan jumlah peserta minimal 20 orang, dan jumlah mata kuliah per semester dapat berubah sewaktu-waktu disesuaikan dengan kurikulum yang berjalan.

Syarat Pendaftaran Program Ekstensi Binus

  • Formulir aplikasi BINUS Online Learning.
  • 2 lembar pasfoto terbaru ukuran 3×4.
  • 1 lembar fotokopi kartu identitas (KTP/Passport).
  • 1 lembar fotokopi Akte Kelahiran.
  • 1 lembar Curriculum Vitae (CV).
  • 2 lembar fotokopi ijazah D3 dan 2 lembar fotokopi transkrip nilai akhir yang telah dilegalisir oleh Institusi D3 terkait.
  • 1 lembar surat keterangan bekerja (bagi yang sudah bekerja)

Sebelum melakukan pembelian formulir, cek data mahasiswa Anda di forlap.dikti.go.id. Data mahasiswa D3 anda harus terdaftar di dalam website PDDIKTI tersebut.

Bina Nusantara University - (YouTube: BINUS UNIVERSITY OFFICIAL)

Bina Nusantara University - (YouTube: BINUS UNIVERSITY OFFICIAL)

Jadwal Pendaftaran dan Informasi Kontak Binus University

Pendaftaran Program Ekstensi di BINUS University biasanya dibuka per gelombang. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi Admisi Kampus Anggrek di nomor telepon (021) 53696969/99.

[Ditta]

Baca juga  Biaya Kuliah Telkom University (Tel-U) TA 2021/2022
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Kuliah Program Ekstensi (D3 ke S1) di BINUS University"