Syarat Pendaftaran dan Update Biaya Kuliah S3 UT (Universitas Terbuka)

Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984 silam. Selain menyediakan program studi untuk jenjang S1 (Sarjana) dan S2 (Magister), kampus tersebut juga menyelenggarakan program studi alias Doktor. Seperti jenjang S1, biaya pendidikan S3 di UT pun terdiri dari beberapa komponen, seperti uang kuliah dan biaya ujian.

Ilustrasi: Gedung UTCC di Universitas Terbuka Pusat (credit: Official Facebook)
Ilustrasi: Gedung UTCC di Universitas Terbuka Pusat (credit: Official Facebook)

Anda pasti sudah pernah mendengar nama UT, terutama mereka yang menempuh kuliah jarak jauh. Pasalnya, UT dikenal sebagai pelopor penyelenggara pendidikan tinggi yang menerapkan sistem pendidikan jarak jauh (PTJJ) di Indonesia.[1] Jarak jauh di sini berarti bahwa pembelajaran yang dilakukan di UT tidak harus dilakukan secara tatap muka, tetapi memanfaatkan beberapa media dalam proses pembelajarannya, antara lain media cetak (buku materi pokok) maupun media non-cetak (/video), komputer/internet, siaran radio, dan televisi.

Bacaan Lainnya

Seperti disinggung di atas, selain program S1, UT saat ini juga menyelenggarakan program studi S2 atau Magister dan atau Doktor. Dilansir dari website resminya, jika program studi S2 sekarang sudah ada tujuh jurusan, maka program studi S3 setidaknya ada dua program yang telah diselenggarakan, yakni S3 Administrasi Publik dan S3 Ilmu Manajemen.

Program Studi UT

  • Administrasi Publik, dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu menemukan kebaruan (novelty) pengetahuan dalam bidang ilmu administrasi publik di era digital melalui riset inovatif, kreatif, original, dan teruji; memecahkan permasalahan administrasi publik di era digital dengan pendekatan inter-, multi-, dan transdisipliner secara mandiri dan teamwork; dan memanfaatkan & mengelola hasil riset ilmu administrasi secara transparan dan akuntabel di era digital.
  • Ilmu Manajemen, diselenggarakan dengan tujuan untuk menyiapkan mahasiswa agar mempunyai kualitas akademik dan intelektual yang baik dalam bidang manajemen sehingga dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, berwawasan luas serta mampu menciptakan inovasi dalam menjawab tantangan persaingan global yang semakin tajam.

Seperti program S1 dan S2, bagi mereka yang hendak melanjutkan studi di UT, juga diwajibkan membayar sejumlah biaya. Ada lima komponen biaya yang perlu dibayarkan, yakni biaya admisi per peserta, biaya program matrikulasi per peserta, uang kuliah per semester, biaya ujian sidang tugas akhir program doktor per mahasiswa, dan registrasi mata kuliah ulang per mahasiswa.

Wisuda mahasiswa/mahasiswi Universitas Terbuka (sumber: tempo.co)
Wisuda mahasiswa/mahasiswi Universitas Terbuka (sumber: tempo.co)

Biaya UT

Komponen BiayaBiaya
Biaya AdmisiRp1.000.000 per peserta
Biaya Program MatrikulasiRp6.000.000 per peserta
Uang Kuliah SemesterRp12.500.000 per semester
Biaya Ujian Sidang Tugas Akhir Program Doktor (TAPD)Rp8.000.000 per mahasiswa
Registrasi Mata Kuliah UlangRp1.000.000 per mata kuliah
  • Jangka waktu penyelesaian studi program sekurang-kurangnya 6 semester.

Informasi biaya studi di atas kami kutip langsung dari website resmi UT dan berlaku untuk S3 Administrasi Publik dan S3 Ilmu Manajemen. Perlu Anda catat bahwa biaya kuliah S3 UT tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak universitas.

Syarat Pendaftaran S3 UT

  • Sekurang-kurangnya telah lulus pendidikan jenjang S2 dari program studi yang terakreditasi minimum B.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) kelulusan minimum 3,00.
  • Melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa program Doktor dengan mengisi formulir pendaftaran. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman UT (http://www.ut.ac.id) pada menu UT Online submenu “Registrasi Online”, sesuai dengan jadwal dalam yang telah ditetapkan PPs-UT.
  • Mengunggah ijazah dan transkrip nilai S2 (hasil scan dokumen asli) satu lembar.
  • Mengunggah Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristek Dikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set).
  • Mengunggah Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar).
  • Mengunggah pasfoto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 (dua lembar).
  • Mengunggah Daftar Riwayat Hidup dan pengalaman kerja (Lampiran 1 PDF atau 1 World).
  • Mengunggah formulir Isian Pasfoto, Sidik Jari, dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF/2 Word).
  • Mengunggah rancangan penelitian singkat (2.500 sampai 3.000 kata) untuk Tugas Akhir Program Doktor/TAPD (Disertasi) (Lampiran 3 PDF/Word).
  • Mengunggah Surat Izin Mengikuti Program Doktor UT dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah (Lampiran 4 PDF/Word).
  • Mengunggah bukti telah mengikuti TPA/TKDA dan TOEFL/IELTS/TOEP dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal 500 untuk TPA/TKDA dan TOEFL/TOEP atau 5,0 untuk IELTS.
  • Mengunggah rekomendasi kelayakan mengikuti program Doktor dari dosen S2, atasan, dan/atau sejawat (dua rekomendasi) (Lampiran 5 PDF/Word).
  • Mengunggah surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas materai) (Lampiran 6 PDF/Word).
  • Mengunggah surat pernyataan kesiapan mengikuti program pendidikan Doktor, sesuai dengan ketentuan UT, apabila dinyatakan lolos seleksi calon mahasiswa Program S3 UT (Lampiran 7/Word).
  • Mengunggah Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas materai Rp10.000. (Lampiran 8 PDF/Word).
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp1.000.000 melalui bank mitra UT, yaitu BRI, Bank Mandiri, BTN, atau BNI.
  • Mengikuti seleksi administrasi dan tes masuk program S3, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Selain melengkapi syarat pendaftaran, calon mahasiswa S3 UT juga harus mengikuti dan lolos seleksi masuk. Seleksi pendaftaran S3 UT mencakup seleksi administrasi (kelengkapan, otentisitas, dan kesesuaian berkas pendaftaran), tes masuk dengan materi Tes Potensi Akademik (TPA/Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA), tes TOEFL/TOEP, tes substansi, dan wawancara.

Wisuda S3 Universitas Terbuka - (www.ut.ac.id)
Wisuda S3 Universitas Terbuka – (www.ut.ac.id)

Jadwal Pendaftaran S3 UT TA 2023/2024

Lalu, kapan pendaftaran mahasiswa baru S3 UT untuk tahun akademik 2023/2024? Sayangnya, saat artikel ini dibuat, pihak UT belum mengumumkan secara resmi jadwal penerimaan mahasiswa baru TA 2023/2024. Namun, jika melihat tahun ajaran sebelumnya, pendaftaran mahasiswa baru S3 UT periode semester 2022/2023.2 (2023.1) dilakukan pada 1 September hingga 24 Oktober 2022, dengan pengumuman hasil tes masuk pada 28 Desember 2022.

Pendaftaran S3 UT dapat dilakukan secara online di website https://sia.ut.ac.id/. Dalam situs tersebut, jika belum memiliki akun, Anda akan diminta melakukan pendaftaran terlebih dahulu, dengan mengisi jenjang studi, nama lengkap, tempat lahir, agama, jenis kelamin, status kawin, KTP, nama ibu kandung, nomor HP atau WA, email, serta membuat password. Jika sudah selesai, Anda akan diminta menjawab pertanyaan dan kemudian klik ‘Buat Akun Mahasiswa Baru’.

Jika Anda memerlukan informasi lebih lengkap, Anda dapat datang langsung ke Program Pascasarjana Universitas Terbuka di Gedung Pascasarjana, Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan. Selain itu, Anda dapat menghubungi nomor telepon (+6221) 7490941 (pesawat 2437), faksimili di nomor (+6221) 7415588, atau berkirim email lewat alamat [email protected]

(Panca)

[1] Prihandoyo, Windi Baskoro, R. Sudarwo, Nining Suryani. 2020. Pola Penggunaan Media Sosial Whatsapp dalam Pemenuhan Informasi Mahasiswa Universitas Terbuka Mataram. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 8(2): 68-74.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *