Pendaftaran dan Biaya Kuliah Politeknik Akamigas Palembang TA 2023/2024

Saat ini, banyak kampus yang dapat Anda jadikan rujukan apabila ingin melanjutkan studi di bidang pertambangan. Nah, apabila Anda berdomisili di Palembang atau kebetulan ingin kuliah di kota tersebut, salah satu perguruan yang bisa dipertimbangkan adalah Politeknik Akamigas Palembang. Menawarkan empat studi, biaya pendidikan di tempat ini dapat dikatakan masih cukup terjangkau untuk jurusan pertambangan.

Kegitan Studi Politeknik Akamigas Palembang (sumber: jurnalpost)
Kegitan Studi Politeknik Akamigas Palembang (sumber: jurnalpost)

Seperti yang kita ketahui, pendidikan, layaknya pangan, sandang, dan papan, merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang dan menjadi hak bagi setiap warga negara.[1] Pasalnya, dengan mendapatkan pendidikan, termasuk pendidikan tinggi, maka mereka akan memperoleh kesempatan kerja yang lebih besar, pekerjaan yang lebih baik, dan karir yang lebih prospektif.[2]

Bacaan Lainnya

Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak perguruan tinggi yang dapat dipilih selepas SMA. Program studi Ekonomi dan Kedokteran, juga Teknik, tidak bisa dipungkiri, masih menjadi favorit banyak lulusan sekolah. Namun, seiring waktu, program studi yang lain, seperti pertambangan, juga semakin diincar, salah satunya dianggap menjanjikan bayaran yang besar jika telah bekerja.

Profil Politeknik Akamigas Palembang

Untuk mereka yang tertarik meneruskan studi di bidang pertambangan, khususnya minyak dan gas, salah satu yang dapat dipilih adalah Politeknik Akamigas Palembang. Dilansir dari situs resminya, institusi ini didirikan karena masih belum ada perguruan tinggi di Sumatera Selatan yang secara spesifik menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang eksplorasi, eksploitasi, dan pengolahan migas dan batu bara. Padahal, Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sumber daya energi sangat melimpah, dan telah dieksplorasi dan dieksploitasi sejak sebelum kemerdekaan.

Masih menurut referensi yang sama, pada tanggal 20 Agustus 2005, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengirim surat dengan No. 2236/AS.II/ 2005 kepada Menteri Pendidikan Nasional perihal izin pendirian Politeknik Akamigas Palembang dengan empat program Studi, yaitu Laboratorium Minyak dan Gas, Pengolahan Minyak dan Gas, Eksplorasi Minyak dan Gas, serta Teknologi Pengolahan Batubara.

Izin pendirian Politeknik Akamigas Palembang akhirnya diperoleh melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 224/D/O/2006 tanggal 28 September 2006 dan Nomor 4887/D/T/2006 tanggal 21 Desember 2006. Berdasarkan surat izin tersebut, Politeknik Akamigas Palembang mulai melaksanakan penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2006/2007 dengan dua program studi, yakni Laboratorium Minyak dan Gas serta Pengolahan Minyak dan Gas. Setahun kemudian, Politeknik Akamigas Palembang telah dapat menyelenggarakan empat program studi, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 114 orang.

Syarat Pendaftaran Politeknik Akamigas Palembang TA 2023/2024

  • Warga Negara Indonesia.
  • Lulus SMA-IPA/IPS, MA-IPA/IPS, SMK Teknik/Kimia.
  • Lulusan tahun 2023, 2022 atau 2021.
  • Fotokopi ijazah & SKHU yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
  • Khusus lulusan tahun 2023, apabila belum ada ijazah, sementara boleh diganti dengan Surat Keterangan Lulus atau Surat Pengantar dari sekolah.
  • Fotokopi rapor dari Kelas X sampai XII yang dilegalisir sebanyak 1 rangkap.
  • Fotokopi Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar.
  • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 sebanyak tiga lembar.
  • Tidak buta warna.
  • Tidak bertato dan narkoba.
  • Tidak mempunyai cacat tubuh atau hilangnya anggota badan yang dapat mengganggu kelancaran belajar di Politeknik Akamigas Palembang.
  • Membayar uang pendaftaran sebesar Rp450.000 dan ditransfer ke Rekening Bank Sumsel Babel dengan nomor 1930909999 atas nama PMB Politeknik Akamigas Plg.

Setelah membayar uang pendaftaran, calon mahasiswa scan atau foto bukti pembayaran tersebut. Kemudian, mengisi form pendaftaran secara online dan upload semua persyaratan. Submit data yang diisi, dan dalam waktu 2 x 24 jam, pendaftar akan mendapatkan notifikasi email berupa jadwal ujian, lokasi ujian, nomor pendaftaran, dan kartu ujian.

Praktik Politeknik Akamigas Palembang (sumber: bdtbt.esdm.go.id)
Praktik Politeknik Akamigas Palembang (sumber: bdtbt.esdm.go.id)

Biaya Politeknik Akamigas Palembang

Program Studi Biaya
Teknik Analisis Laboratorium Migas Rp20.117.500
Teknik Pengolahan Migas Rp19.477.500
Teknik Eksplorasi Produksi Migas Rp20.202.500
Teknik Pertambangan Batubara Rp20.407.500

Informasi biaya di atas kami rangkum dari akun Instagram resmi kampus yang bersangkutan dan untuk tahun akademik 2022/2023. Saat artikel ini dibuat, pihak Politeknik Akamigas Palembang memang belum merilis biaya kuliah tahun ajaran 2023/2024. Namun, saat dihubungi via sambungan , biaya masuk saat ini tidak jauh berbeda, berkisar Rp19 juta sampai Rp20 jutaan, dengan biaya kuliah per semester Rp10 juta, berlaku untuk semua jurusan. Biasanya, biaya akan diberitahukan setelah ada pengumuman pendaftar yang diterima sebagai mahasiswa.

Jadwal Pendaftaran Politeknik Akamigas Palembang TA 2023/2024

Melansir situs resminya, pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Akamigas Palembang tahun akademik 2023/2024 mulai dibuka pada bulan April 2023. Apabila Anda memerlukan informasi lebih lengkap, Anda dapat datang ke lokasi kampus di Jalan Kebon Jahe, Komplek Pertamina RU-III, Plaju, Palembang atau Jalan Gub. H. Bastari No. 9, 8 Ulu, Seberang Ulu I, Palembang. Bisa juga menghubungi (0711) 595595 atau 0813 1889 0220.

[1] Muhardi. 2004. Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Mimbar, Vol. XX(4): 478-492.

[2] Freeman, I. & M. Thomas. 2005. Consumerism in Education: A Comparison between Canada and United Kingdom. International Journal of Education Management, Vol. 19(2): 153-177.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *