Biaya ke Raja Ampat dari Jakarta : Transportasi, Penginapan, Eksplorasi

- Papua Barat merupakan surganya bawah laut yang sudah sangat terkenal baik di Indonesia dan seluruh Dunia. Wisatawan pecinta snorkeling dan diving pastinya sudah tak asing dengan tempat ini, namun kebanyakan wisatawan lokal masih piker-pikir untuk mengunjungi Raja Ampat karena biayanya yang katanya tidak murah. Namun, sebagai backpacker sejati pastinya Anda tak akan menyerah.Raja Ampat Papua

Kali ini kami akan coba merangkum keperluan apa saja yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke Raja Ampat, sekaligus untuk menginap di sana. Kita asumsikan jika Anda adalah seorang pelacong asal , maka biaya yang mungkin perlu Anda siapkan adalah sebagai berikut :

  1. Biaya Transportasi

Untuk menuju ke Raja Ampat, tentunya masing-masing dari Anda memerlukan sebuah tiket penerbangan. Tiket penerbangan ke Raja Ampat dari Jakarta rata-rata adalah seharga 3 jutaan, untuk maskapai kelas LCC seperti Batavia Air, Wings Air, dan Express Air. Jika Anda beruntung, Anda bisa menemukan tiket seharga Rp 1 jutaan saja. Penerbangan dilakukan dari Jakarta ke Sorong dengan waktu tempuh selama 7 jam, karena biasanya transit di Makassar sekitar 2 jam.
Jika ingin menghemat lagi, Anda bisa naik kapal PELNI dari pelabuhan Tanjung Priok ke Sorong. Harga tiketnya hanya sekitar Rp700 ribuan hingga Rp 800 ribuan. Namun, Anda harus Sabar karena perjalanan ini butuh waktu sekitar 5 hari 4 malam. Setelah sampai di Sorong, Anda masih harus melanjutkan perjalanan ke pelabuhan, perjalanan ini dapat ditempuh menggunakan taksi dengan sekitar Rp 50.000 hingga Rp 70.000 hingga sampai di Waisai.

Baca juga  Berapa Harga Terupdate Daging Sapi Has Dalam (Tenderloin) di Pasar Saat Ini?
  1. Biaya Konservasi

Setelah tiba di Waisai, Anda diharuskan pergi ke kantor Departemen Budaya dan Pariwisata untuk membayarkan biaya konservasi. Besar biayanya adalah Rp 250 ribu utnuk wisatawan lokal dan Rp 500 ribu untuk wisatawan mancanegara.

Untukmenghemat budget, sebaiknya carilah penginapan murah jauh-jauh hari, terutama di area Waisai. Penginapan standar biasanya dihargai sekitar Rp 200.000/malam. Jika ingin lebih hemat, Anda bisa memanfaatkan rumah penduduk yang disewakan.

  1. Eksplorasi Raja Ampat

Jika ingin puas menjelajahi Raja Ampat, Anda harus bangun pukul 04.00 pagi dan segera pergi ke Pasar Waisai untuk menyewa perahu nelayan. Tarif sewaperahu plus pengemudinya sekitar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta, namun itu belum termasuk ongkos beli BBM.

Jika ingin melakukan snorkeling di Waiwo, Anda harus merogoh kocek untuk menyewa peralatan snorkeling seharga Rp50.000, sedangkan biaya untuk diving biasanya berkisar pada harga Rp 550 ribuan.

Baca juga  Update Harga Kerupuk Udang per Kg di Pasaran
loading...
author
Gadis rumahan yang gak terlalu suka jalan-jalan, kecuali buat window shopping memantau perkembangan harga-harga :) Pernah tercatat sebagai mahasiswi di satu PTN ternama di Malang.

Leave a reply "Biaya ke Raja Ampat dari Jakarta : Transportasi, Penginapan, Eksplorasi"