Info Terkini Kisaran Biaya Jasa dan Harga Cat Carbon

Bagi sebagian orang, mempunyai sepeda motor, baik skuter matik maupun sport bike batangan, dengan tampilan keren dan enak dipandang adalah menjadi ‘hukum wajib’ yang tidak bisa ditawar. Nah, salah satu cara yang biasanya dilakukan untuk mempercantik desain kuda besi adalah mengaplikasikan cat carbon. Saat ini, sudah banyak bengkel modifikasi dan pengecatan yang menyediakan jasa ini dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Cat carbon celup (youtube: Vital Hydro TV)
Cat carbon celup (youtube: Vital Hydro TV)

Secara umum, pengerjaan cat carbon ini sebenarnya sama seperti pengecatan motor biasa. Tetapi, cara kerjanya berbeda karena model carbon water printing ini dilakukan di atas air atau dicelup selama beberapa menit. Setelah itu, disemprotkan dengan cairan atau obat, untuk memberikan ketahanan pada lapisan karbon tersebut, baik itu di bodi motor maupun komponen lainnya.

Bacaan Lainnya

Teknik pelapisan bodi motor dengan cat carbon ini juga dianggap lebih orisinal dalam menghadirkan tampilan dengan motif karbon. Pasalnya, yang diaplikasikan benar-benar karbon. Meski bisa membuat bobot motor menjadi lebih berat, tetapi penambahan bobot kuda besi tidak terlalu banyak karena karbon memang relatif enteng.

Baca juga  Update Harga Fuel Pump Yamaha Mio J Original dan KW

Teknik aplikasi cat carbon pada bodi sepeda motor sebenarnya cukup simpel. Lapisan karbon cukup disesuaikan dengan objek yang ingin dilapisi. Setelah ditempelkan pada permukaan bodi, resin kemudian bisa dioleskan untuk melekatkan karbon. Jika tampilan kurang mengilap, mekanik bengkel biasanya akan menggunakan pernis untuk melakukan finishing.

Sementara, untuk durasi proses carbon water printing ini, bisa memakan waktu sekitar tiga hari sampai lima hari, sedangkan carbon kevlar membutuhkan waktu hingga 10 hari. Sementara, untuk repaint motor, membutuhkan waktu sekitar dua minggu. Proses ini juga tergantung cuaca. Karena membutuhkan pasokan panas matahari yang cukup agar hasilnya maksimal, maka ketika musim hujan, proses pengerjaan bisa lebih lama.

Seperti diutarakan sebelumnya, saat ini sudah banyak bengkel modifikasi yang menyediakan jasa pengecatan karbon ini. Harga tidak terlalu mahal dan tergantung bagian peranti yang mau dilapisi karbon. Untuk jasa bikin carbon kevlar, biayanya berkisar Rp100 ribu sampai Rp1,5 juta untuk skuter, sedangkan motor sport batangan biayanya mulai Rp100 ribu sampai Rp9 jutaan.

Salah satu bengkel di kawasan BSD Tangerang bernama Agho Karbon Kevlar, menawarkan part carbon kevlar untuk skuter matik Yamaha NMAX. Harga bervariasi, tergantung part atau bagian sepeda motor. Meski demikian, harganya relatif terjangkau, berada di kisaran ratusan ribu rupiah. Berikut harga part carbon kevlar untuk Yamaha NMAX.

Baca juga  Info Terbaru Harga Tulisan Happy Birthday di Dinding dan Kue

Biaya Cat Carbon

Cat Carbon Motor - www.motorjipi.com
Cat Carbon Motor – www.motorjipi.com
Part Motor Harga Carbon Kevlar
Sepatbor depan Rp650.000
Hugger belakang Rp500.000
Cover speedometer Rp300.000
Cover Rp300.000
Cover knalpot Rp550.000
Cover filter udara Rp450.000
Cover radiator Rp450.000
Behel belakang Rp650.000
Windshield Rp650.000

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk keterangan sejumlah bengkel modifikasi. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya tidak jauh berbeda. Tentu saja harga yang dipatok masing-masing bengkel bisa berbeda. Salah satu pemilik Yamaha NMAX mengaku harus menghabiskan biaya Rp9 juta hingga Rp10 jutaan untuk menggabungkan dua motif carbon kevlar, yakni hexagon dan forged.  

Berbeda lagi harga untuk carbon printing. Untuk skuter matik, biaya biasanya dipatok Rp65 ribuan sampai Rp850 ribuan per komponen, sedangkan untuk motor sport batangan biaya mulai Rp100 ribuan sampai Rp1,5 jutaan. Jika konsumen ingin melakukan pengecatan, dikenakan biaya mulai Rp800 ribuan sampai Rp3 jutaan, dan harga untuk custom motor biasanya menyesuaikan.

Carbon water painting atau proses pengecatan dengan media cat karbon & air (sumber: autofina.com)
Carbon water painting atau proses pengecatan dengan media cat karbon & air (sumber: autofina.com)

Jika Anda ingin mengaplikasikan sendiri cat carbon di sepeda motor Anda, Anda bisa membeli media pattern atau gambar terlebih dulu. Di pasaran dalam negeri, carbon celup (water transfer printing) tersedia dalam warna hitam dan putih, ada pula yang bermotif gold atau emas. Lalu, berapa harganya saat ini?

Baca juga  Harga Oli Shell untuk Motor Matic (Semua Varian)

Harga Carbon Celup

Varian Carbon Celup Harga
Carbon Celup Hitam-Putih Rp32.000 – Rp56.000
Carbon Celup Hydrographics MC-52 Rp35.000 – Rp60.000
Carbon Celup Gold Rp60.000 – Rp79.000

Informasi harga carbon celup di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, harga carbon celup dengan warna hitam dan putih ditawarkan di kisaran harga Rp32 ribu hingga Rp56 ribuan. Sementara itu, harga carbon celup hydrographics MC-52 mulai Rp35 ribuan, sedangkan harga carbon celup warna sekitar Rp60 ribuan. Perlu diingat bahwa harga di setiap toko bisa saja berbeda.

Setelah mendapatkan carbon celup, Anda bisa mencelupkan media tersebut ke permukaan air, diamkan beberapa saat, setelah itu semprotkan cairan activator di bagian atas pattern. Langkah selanjutnya, Anda tinggal mencelupkan objek ke dalam air secara perlahan dan pattern akan membungkus seluruh permukaan objek yang sudah Anda celupkan. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.