Update Biaya Sedot Lemak di Rumah Sakit dan Klinik Kesehatan

Bagi sebagian orang, lemak yang menumpuk pada badan bisa mengganggu penampilan. Demi mempertahankan penampilan yang menarik dilihat, tidak sedikit yang akhirnya melakukan prosedur seperti sedot lemak. Padahal, untuk melakukan perawatan ini tidak bisa dikatakan murah.

Prosedur sedot lemak di rumah sakit (sumber: hellosehat.com)

Prosedur sedot lemak di (sumber: hellosehat.com)

Sedot lemak merupakan bentuk operasi bedah kosmetik yang digunakan untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan. Operasi ini biasanya dilakukan pada daerah yang masih berlemak ketika telah melakukan diet dan , namun tidak ampuh juga membakar lemak tersebut. Pada wanita, daerah yang sering jadi target sedot lemak biasanya adalah di area paha, perut, dan pinggul.

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Sedot Lemak

  • Sedot lemak atau liposuction adalah prosedur untuk menghilangkan lemak, tapi ini bukan bentuk atau cara menurunkan berat badan bagi orang yang mengidap obesitas. Jika Anda ingin sedot lemak, ada baiknya Anda harus berada pada ukuran 30% lebih berat dari berat badan ideal tubuh Anda. Operasi ini bertujuan menghilangkan timbunan lemak yang tidak bisa dibasmi dengan diet dan olahraga. Jenis lemak membandel tersebut, mungkin disebabkan oleh kotoran yang terbawa dari gaya hidup (makanan yang paling utama). Ketika Anda memutuskan untuk menghilangkan lemak dengan cara disedot, Anda harus dalam kondisi dan bukan perokok.
  • Operasi sedot lemak paling sering dilakukan oleh ahli bedah plastik dan dan dokter . Seorang dokter bedah plastik berperan pada bedah estetika dan rekonstruksi tubuh yang akan disedot lemaknya. Lalu, seorang dokter berperan kepada pemulihan pada bentuk dan hasil setelah operasi.
  • Saat melakukan operasi, dokter akan membuat sayatan kecil di kulit dan menyuntikkan anestesi berbasis mineral. operasi ini disebut tumescent yang bekerja dengan mencegah kehilangan darah yang berlebihan, tetapi menimbulkan bengkak dan memar pada area yang disedot lemaknya. Setelah itu, dokter akan memasukkan tabung kosong yang disebut cannula ke sayatan kecil tadi, berguna menghancurkan timbunan lemak yang mengeras dan mengisap lemak pada bagian tubuh tertentu. Lemak yang disedot akan ditampung dalam wadah tabung dengan hasil berwarna kuning kecoklatan.
  • Sebelum dan sesudah operasi sedot lemak, Anda tidak langsung menghasilkan perubahan. Anda perlu memakai perban elastis atau pakaian khusus yang melapisi ketat seluruh badan setelah operasi untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Anda perlu diet ketat untuk melihat hasil akhir yang maksimal selama beberapa bulan. Jika berat badan Anda bertambah setelah operasi, lemak berpotensi besar dapat muncul di tempat-tempat baru dan tak terduga.
  • Ternyata, sel-sel lemak yang dibuang dapat menjadi berharga di masa depan. Itu karena sel-sel lemak yang diperoleh dari sedot lemak merupakan sumber yang sangat baik dari sel induk lemak yang diserap (lemak baik), jenis sel induk lemak tersebut berfungsi untuk menghasilkan tulang, tulang rawan, otot, dan jaringan lain pada tubuh. Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa sel-sel induk dari lemak dapat membantu orang dengan jantung, diabetes, dan saraf.
  • Sedot lemak intinya masih tetap dilakukan dengan prosedur operasi, yang pasti akan menimbulkan dampak jangka pendek maupun panjang pada tubuh Anda. Tanyakan kepada dokter Anda untuk menjelaskan semua potensi risiko dan komplikasi yang dapat terjadi. Risiko terbesar yang bisa terjadi adalah pembekuan darah atau gumpalan lemak yang bergerak melalui aliran darah menuju paru-paru atau otak. Risiko yang lebih umum biasanya adanya pendarahan, infeksi, memar, perubahan warna kulit, dan mati rasa pada bagian yang disedot lemaknya.

Estimasi Biaya Sedot Lemak

Prosedur sebelum sedot lemak (sumber: suara.com)

Prosedur sebelum sedot lemak (sumber: suara.com)

Operasi sedot lemak tidak bisa dikatakan membutuhkan biaya sedikit. Tindakan ini setidaknya membutuhkan biaya sekitar puluhan juta rupiah. Selain karena harus dilakukan oleh dokter, juga memerlukan prosedur yang teliti sehingga tidak membahayakan kesehatan orang yang dioperasi.

Biaya sedot lemak sangat bervariasi, tergantung beberapa hal, seperti dokter bedah plastik yang melakukan, klinik atau rumah sakit yang menyelenggarakan, dan metode sedot lemak yang digunakan. Di Indonesia, biaya sedot lemak dapat dimulai dari Rp25 juta hingga lebih dari Rp70.000.000. Dianjurkan mempersiapkan dana lebih untuk kebutuhan tambahan yang tidak terduga, sekitar 20-30% dari biaya yang diperkirakan, misalnya untuk kebutuhan rawat inap. Untuk informasi lebih jelasnya, berikut ini akan disajikan estimasi biaya operasi sedot lemak di sejumlah klinik dan rumah sakit,

Kisaran Biaya Sedot Lemak

Nama Rumah SakitEstimasi Biaya (Rp)
RS EMC Sentul65.000.000
Rumah Sakit Premier Bintaro30.000.000
Rumah Sakit Premier Jatinegara (Jatinegara, Jakarta)24.888.888
Mayapada Jakarta Selatan (Cilandak, Jakarta)75.000.000
MBIC Siloam Hospital Nusa Dua38.500.000
POISE Clinic30.000.000
Bumrungrad International Hospital40.486.500
Bangkok Hospital75.011.670

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai macam sumber. Biaya sedot lemak di masing-masing rumah sakit di atas tentu tidak terikat dan dapatĀ  berubah sewaktu-waktu. Pada 2019 lalu, biaya sedot lemak di masing-masing rumah sakit di atas berkisar Rp30 jutaan hingga Rp40,4 jutaan.

Selain nama-nama rumah sakit di atas, Anda juga bisa mencari rumah sakit terdekat dari tempat tinggal Anda yang melayani operasi sedot lemak. Informasi rumah sakit bisa didapatkan dari rekomendasi dokter atau orang terdekat yang pernah menjalani operasi sedot lemak.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Spesifikasi &Harga Suction Pump dalam Berbagai Merek
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Biaya Sedot Lemak di Rumah Sakit dan Klinik Kesehatan"