Update Biaya Cabut Gigi Geraham di Puskesmas dan Klinik

Bertambahnya usia ternyata kita akan lebih sering mengalami berbagai masalah kesehatan, termasuk permasalahan dengan gigi. Sekalipun sudah rajin menyikat gigi, organ tubuh satu ini tetap saja tak luput dari masalah saat kita tumbuh dewasa. Biasanya, masalah yang timbul adalah gigi berlubang di bagian gigi geraham. Jika penyakitnya parah, mau tak mau dokter akan mengambil tindakan pencabutan gigi geraham. Bisa dilakukan di puskesmas dan klinik, biaya cabut gigi geraham seperti ini memang tidak murah, apalagi jika Anda membutuhkan operasi.

Ilustrasi: Prosedur Pemeriksaan Sebelum Cabut Gigi Geraham (credit: Healthline)
Ilustrasi: Prosedur Pemeriksaan Sebelum Cabut Gigi Geraham (credit: Healthline)

Prosedur Cabut Gigi Geraham

Seperti yang sudah sering Anda dengar, ketika menginjak usia 20-an. setiap orang pasti akan mengalami tumbuhnya gigi geraham bungsu atau yang letaknya ada di bagian paling belakang gusi kita. Dinamakan gigi geraham bungsu karena gigi satu ini tumbuh di waktu paling terakhir. Gigi geraham bungsu akan tumbuh di rahang kiri-kanan bawah dan kiri-kanan bagian atas.

Bacaan Lainnya

Banyak orang yang selama ini mengalami berbagai keluhan saat gigi geraham bungsu mereka tumbuh. Ada yang beruntung karena gigi geraham mereka tumbuh begitu saja dengan lancar. Namun, tidak sedikit pula yang harus melaluinya dengan berbagai gangguan seperti demam, bahkan disertai pusing-pusing.

Karena proses pertumbuhannya yang tidak selalu lancar, beberapa orang ada yang gigi gerahamnya kesulitan untuk tumbuh dengan posisi benar. Jika dibiarkan tumbuh dengan posisi salah, gigi geraham bungsu dapat menimbulkan masalah kesehatan serius pada gusi dan gigi lainnya yang berada di dekatnya. Sebagian dokter gigi biasanya akan menyarankan gigi bungsu Anda untuk dicabut. Namun, pada kasus-kasus yang parah, ada juga yang gigi geraham bungsunya terpaksa dibedah. Bahkan gigi Anda pun bisa dioperasi jika bermasalah.

Proses pencabutan gigi geraham ini tak bisa dilakukan sembarangan. Setiap pasien umumnya akan diminta melakukan pemeriksaan rontgen terlebih dahulu untuk mengetahui letak permasalahan gigi. Kemudian, jika permasalahannya memang benar ada pada gigi geraham, maka dokter akan memutuskan untuk mencabut atau membedah gigi geraham.

Sebelum prosedur dimulai, pasien akan diminta untuk berbaring di atas kursi khusus. Prosedur cabut gigi geraham bisa dilakukan dengan cara sederhana atau pembedahan. Pada prosedur cabut gigi sederhana, bius lokal melalui suntikan akan diberikan di saraf sekitar gigi yang akan dicabut.

Untuk mengurangi rasa sakit akibat injeksi, biasanya area yang akan disuntik dioles dengan gel anestesi. Setelah obat bius bekerja. dokter akan menggoyangkan gigi menggunakan pengungkit yang ukuran dan jenisnya disesuaikan dengan ukuran dan posisi gigi geraham yang akan dicabut. Lalu, gigi yang sudah goyah akan ditarik menggunakan tang khusus gigi hingga tercabut.

Sementara itu, pada prosedur cabut gigi geraham bedah, bius yang diberikan tetap lokal, tetapi ditambah dengan obat penenang berbentuk gas. Beberapa dentist juga memberikan obat penenang melalui infus supaya pasien dapat merasa lebih tenang saat pembedahan berlangsung. Hanya pada kasus tertentu dokter dapat memberikan bius total kepada pasien.

Khusus untuk cabut gigi bedah dan operasi, pasien harus menjalani serangkaian tes kesehatan. Pasalnya, prosedur memang ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan, apalagi jika pasien mengalami gangguan tekanan darah, diabetes, dan kolesterol. Dikhawatirkan, proses cabut gigi bisa mengganggu kesehatan pasien secara keseluruhan.

Dilansir dari ALODOKTER, proses pencabutan gigi geraham dengan bedah menyebabkan pendarahan di lubang gigi. Untuk menghentikannya, pasien akan diberikan gulungan kasa untuk digigit. Pada beberapa kasus, dokter akan menjahit gusi yang dibedah. Kasa harus digigit selama 3 hingga 4 supaya pembekuan darah dapat berlangsung dengan baik. Jika dalam waktu tersebut kasa sudah dipenuhi darah, pasien harus menggantinya dengan yang .

Khusus untuk treatment bedah sederhana, pendarahan dan pembengkakan setelah cabut gigi bisa diatasi dengan dingin. Masukkan es batu ke dalam kantung atau dibungkus serbet bersih dan tempelkan di pipi. Biarkan selama 10 menit atau hingga pendarahan berhenti dan pembengkakan hilang. Selain itu, untuk menghilangkan rasa nyerinya, pasien bisa memasukkan es batu dalam mulut.

Pada beberapa kasus yang parah, dokter juga akan memberikan obat pereda nyeri dan antibiotik. Pasien disarankan untuk minum obat sesuai dosis yang tepat, sedangkan khusus untuk antibiotik harus dihabiskan. Khusus untuk pasien yang menjalani treatment bedah dan operasi, harus mengonsumsi makanan yang lembut hingga proses penyembuhan selesai. Selain itu, ada juga yang tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan tertentu, seperti yang mengandung banyak gula, mengandung banyak lemak, dan mengandung banyak garam.

Biaya Cabut Gigi Geraham - (hamiltonriversidedentistry.com)
Biaya Cabut Gigi Geraham – (hamiltonriversidedentistry.com)

Biaya Cabut Gigi Geraham

Nama Klinik/Puskesmas Kisaran Biaya
Lulu Medika Duren Sawit Cabut Gigi Geraham : Rp275.500
Intan Medical Center Bekasi Cabut Gigi Geraham : Rp285.000
Klinik Tooth Signature Bekasi Cabut Gigi Geraham : Rp285.000
FDC Dental Clinic Jakarta Cabut Gigi Geraham : Mulai Rp350.000 per gigi
Rumah Sakit Gigi dan Mulut Maranatha Bandung Operasi + Cabut Gigi Geraham : Rp1.500.000 – Rp3.000.000
Puskesmas Banguntapan II Bantul Cabut Gigi Decidui Topikal Anestesi : Rp20.000
Cabut Gigi Decidui Citoject : Rp28.500
Cabut Gigi Spuit Disposible : Rp22.500
OMDC Dental Clinic Bekasi Pencabutan Standard : Rp599.000
Pencabutan Komplikasi : Rp799.000
Odontectomy Spesialis + Post Operation TB : Rp4.500.000

daftar biaya cabut gigi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk website resmi masing-masing klinik. Jika dibandingkan ketentuan sebelumnya, besaran tarif cabut gigi geraham saat ini mengalami sedikit kenaikan. Tarif Odontectomy Spesialis + Post Operation TB di OMDC Dental Clinic Bekasi misalnya, semula Rp4,3 juta dan sekarang menjadi Rp4,5 juta. Sementara itu, biaya di FDC Dental Clinic Jakarta naik dari Rp300 ribu menjadi Rp350 ribuan per gigi.

Namun, bila Anda termasuk peserta BPJS Kesehatan, perawatan pencabutan gigi geraham biasanya juga ikut ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan selama Anda sudah memeriksakan diri ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) 1 dan memperoleh surat rujukan dari dokter. Agar biaya cabut gigi geraham benar-benar dijamin oleh BPJS, pastikan Anda mengikuti prosedur yang diminta dengan benar.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Sekarang saya tidak penasaran untuk mencabut gigi saya yang paling belakang yaitu geraham.
    Terima kasih mbak fitri