Info Terkini Biaya Asuransi Pengiriman JNE

1 comment19547 views

Untuk menjamin keamanan dan keutuhan barang yang dikirim melalui Nugraha Ekakurir (JNE), pihak JNE menyediakan layanan bagi para . Dengan tersebut, Anda bisa mengklaim atau meminta ganti rugi sesuai aturan yang berlaku apabila barang kiriman Anda rusak atau hilang selama dalam perjalanan.

Asuransi JNE

Lantas, berapa biaya asuransi untuk barang-barang berharga dengan menggunakan JNE? Pada dasarnya, biaya asuransi yang dikenakan oleh JNE cukup terjangkau dan bergantung dari nilai barang yang Anda kirimkan. Jika semakin mahal nilainya, maka biaya asuransi pun akan semakin tinggi. JNE sendiri menggunakan rumus perhitungan biaya asuransi (0,2% x barang) + biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Pengiriman JNE - batam.tribunnews.com

Pengiriman JNE - batam.tribunnews.com

Misal, jika Anda mengirim HP seharga Rp4.000.000, maka biaya asuransi yang akan dikenakan oleh JNE adalah (0,2% x Rp4.000.000) + Rp5.000 = Rp13.000. Jadi, total biaya yang harus Anda keluarkan terdiri dari ongkos ditambah biaya asuransi sebesar Rp13.000 tadi. Jika ongkos terbilang Rp22.000, maka total yang Anda bayarkan adalah Rp 22.000 + biaya asuransi Rp13.000 = Rp35.000.

Pihak JNE juga memberlakukan aturan khusus untuk pengiriman barang-barang atau dokumen penting tertentu, dengan nilai tanggungan yang diberikan terbatas pada jasa/nilai, penerbitan kembali dokumen tersebut, bukan nilai dari dokumen itu. Berikut rincian lengkap aturan khusus tersebut.

Nilai Asuransi JNE

Jenis BarangNilai Maksimal AsuransiĀ 
BPKB MobilRp3.500.000 per buku
BPKB Sepeda Rp2.500.000 per buku
STNK MobilRp2.000.000 per lembar
STNK MotorRp1.000.000 per lembar
IjazahRp200.000 per dokumen
PasporRp500.000 per dokumen
Sertifikat tanah asliRp2.000.000 per dokumen
Dokumen penting lainnyaRp2.000.000 per dokumen
Sarang burung waletHarga barang ditambah surcharge 200% dari publish. Apabila terjadi kerugian, akan dikenai biaya pengurangan 10% atau minimum Rp500.000 per kejadian

Menurut pihak JNE sendiri, barang atau dokumen dengan harga atau nilai di atas sepuluh kali biaya kirim, disarankan untuk diasuransikan. JNE akan bertanggung jawab terhadap kerugian konsekuensi yang timbul akibat dari kejadian yang termasuk dan tanpa dibatasi atas kerugian komersial, keuangan dan kerugian tidak langsung lainnya termasuk kerugian yang terjadi dalam pengangkutan atau pengantaran yang disebabkan oleh hal-hal yang di luar kemampuan pengawasan JNE atau kerugian tidak langsung lainnya termasuk atas kerusakan akibat Force Majeure (keadaan memaksa) seperti gempa bumi, bencana alam, aksi huru hara, banjir, epidemi, perang, kudeta, pemberontakan, kebijakan-kebijakan pemerintah dan sebab lainnya yang terjadi di luar kemampuan JNE.

Biaya Asuransi Pengiriman JNE - www.liputan6.com

Biaya Asuransi Pengiriman JNE - www.liputan6.com

Pengajuan Klaim Asuransi JNE

Klaim asuransi hanya dapat diajukan oleh pihak pengirim. Pengajuan klaim mengikuti keseluruhan ketentuan JNE, tetapi tidak terbatas pada dokumen-dokumen yang disyaratkan dalam pengajuan klaim. Batas waktu pengajuan klaim selambat-lambatnya 14 hari kalender, terhitung sejak kiriman seharusnya diterima. Pengajuan klaim tidak akan diproses bila melebihi dari 14 hari kalender sejak kiriman seharusnya diterima.

(Panca)

Baca juga  Update Daftar Tarif Pengiriman (Ongkir) Herona Express ke Seluruh Indonesia
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    Eko2 tahun ago

    GILEE… barang yang mau dikirim didudukin kurir dan pegawai, pantes aja ada barang yang rusak saat pengiriman

    Reply

Leave a reply "Info Terkini Biaya Asuransi Pengiriman JNE"