Info Terbaru Biaya Administrasi Tabungan Bank BRI Simpedes & Britama

Bank Rakyat Indonesia () dikenal sebagai salah satu bank pemerintah terbesar yang telah memiliki berbagai cabang, , dan nasabah di seluruh wilayah Indonesia. Pada awalnya didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah.

Awalnya, BRI dikenal dengan nama Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto, yang merupakan suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia (pribumi). Lembaga tersebut berdiri pada tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian diperingati sebagai hari kelahiran BRI.

Ilustrasi: antrean di loket teller Bank BRI (sumber: moneysmart.id)

BRI telah memiliki berbagai produk baik simpanan, pinjaman maupun investasi. Pada uraian kali ini akan dikhususkan untuk membahas mengenai produk simpanannya. Dua di antara beberapa produk simpanan (tabungan) yang dimiliki bank ini antara lain Simpedes dan Britama.

Simpedes merupakan simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan dengan mata uang rupiah, yang dapat dilayani di Kantor Cabang Khusus BRI/Kanca BRI/BRI Unit/Teras BRI, yang jumlah penyetoran dan pengambilannya tidak dibatasi, baik frekuensi maupun jumlahnya sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku.

Keunggulan Simpedes & Britama BRI

Keunggulan dari Simpedes antara lain jaringan yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan terhubung secara , peluang besar untuk memenangkan hadiah total milyaran rupiah, dilengkapi dengan BRI Card (Kartu BRI) yang berfungsi sebagai Kartu ATM dan Kartu Debit dengan fitur lengkap, pembukaan rekening Tabungan Simpedes BRi yang mudah dan praktis, di seluruh unit kerja BRI, jumlah dan frekuensi setor dan ambil tidak dibatasi, sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku.

Sedangkan untuk produk tabungan Britama, merupakan produk tabungan yang memberikan beragam dalam melakukan transaksi perbankan dengan didukung e-banking dan sistem real time online yang akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapanpun dan di manapun.

Keunggulan lain dari Britama yaitu antara lain transaksi real time online di lebih dari 10.000 Unit Kerja BRI dan 23.000 ATM BRI di seluruh Indonesia, aksesibilitas Kartu ATM/Debit BRI di jaringan BRI, ATM Bersama, Link Prima, Cirrus, Maestro, dan Master Card baik di dalam maupun luar negeri,didukung oleh fasilitas e-banking (mobile banking, internet banking, sms notifikasi,dll), suku bunga tabungan kompetitif, dapat memilih fasilitas transaksi otomatis, dan limit transaksi antar cabang hingga Rp 300.000.000.

Informasi lain seperti dokumen yang diperlukan saat pembukaan rekening, besarnya setoran awal minimum, biaya administrasi, dan lainnya akan disajikan pada tabel berikut ini.

Ketentuan & Biaya Administrasi Simpedes Dan Britama BRI

BRI - (Sumber: pinjaman.web.id)

BRI - (Sumber: pinjaman.web.id)

Syarat & KetentuanSimpedesBritama
DokumenPerorangan: KTP, NPWP, Passport, KIM/KITAS/KITAPPerorangan: KTP,NPWP, Passport, KIM/KITAS/KITAP
Setoran awal minimumRp 100.000Kartu Classic:Rp 250.000

Kartu Gold: Rp 500.000

Minimal setoran selanjutnyaRp 10.000Rp 10.000
Biaya administrasi Rp 5.500- kurang atau sama dengan Rp 10 juta: Rp 11.000

-saldo lebih dari Rp 10 juta:Rp 12.000

Biaya penalty-Rp 10.000 (apabila saldo pernah berada di bawah saldo minimum)
Fasilitas asuransi kecelakaan dari premi gratisTidak mendapatkan fasilitasMendapatkan fasilitas
Minimal saldo asuransi kecelakaan diriTidak mendapatkan fasilitasRp 500.000
Nilai pertanggungan yang mendapatkan fasilitas asuransi kecelakaan diri dengan premi gratisTidak mendapatkan fasilitas250% dari saldo akhir atau maksimum sebesar Rp 150.000.000
Jenis kartu*Private label; hanya dapat digunakan pada merchant yang bekerjasama dengan BRIDapat digunakan untuk berbelanja pada merchant yang memiliki logo Maestro & Master Card
Administrasi penarikan di teller-kurang dari atau sama dengan Rp 2,5 jt: Rp 10.000
-lebih dari Rp 2,5 juta s.d. Rp 5 juta: Rp 7.500
-kurang dari atau sama dengan Rp 2,5 jt: Rp 10.000
-lebih dari Rp 2,5 juta s.d. Rp 5 juta: Rp 7.500
Saldo minimum yang ditahanRp 50.000Rp 50.000
Denda di bawah saldo minimal per bulanRp 5.000**Gratis
Maksimal transaksi antar cabang per hariRp 200.000.000Rp 300.000.000
Biaya tutup rekeningRp 25.000Rp 50.000
Biaya penggantian buku tabungan karena penuhGratisGratis
Biaya penggantian buku karena rusakRp 25.000Rp 25.000

*) Apabila Nasabah tidak memiliki NPWP, dapat mengisi Form Pernyataan yang terdapat di Unit Kerja BRI.

**) Rekening dianggap dormant apabila di bawah saldo minimum dan tidak bermutasi selama 365 hari berturut-turut kecuali transaksi otomatis oleh sistem.

Persyaratan Membuka Rekening Tabungan

SimpedesBritama
-Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening
-Setoran awal sebesar Rp 100.000
-Perorangan: melengkapi identitas diri, bagi WNI dapat menggunakan identitas diri seperti KTP,SIM, atau Paspor. Sedangkan untuk WNA dapat menggunakan KITAS/KITAP
-Non perorangan: melengkapi identitas perusahaan, anggaran dasar, SIUP, SITU, dsb.
-Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
Identitas diri
-Bagi WNI dapat menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) berbasis NIK dan NPWP. -Sedangkan untuk WNA dapat menggunakan Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat keterangan pendukung
-Setoran awal untuk Kartu Classic sebesar Rp 250.000, dan Kartu Gold sebesar Rp 500.000.

Dengan mengetahui informasi mengenai kedua tabungan dari BRI, baik Simpedes maupun Britama, diharapkan dapat membantu Anda. Khususnya yang berniat ingin membuka tabungan.

Untuk dapat membuka rekening tersebut, Anda dapat melakukannya di Kantor Cabang, Unit, Teras BRI maupun kantor BRI terdekat. Jangan lupa untuk membawa dokumen yang telah disebutkan di atas. Anda dapat mengunjungi kantor BRI pada hari dan jam kerja (di cabang/unit/teras), yaitu Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB.

[Update: Nurina Thirafi]

Baca juga  Update Rincian Biaya Tabungan Haji BRI Syariah iB
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.
  1. author

    winwin4 tahun ago

    Potongan perbulan Rp 6.500
    Sudah termasuk atm dn buku tabungan kah

    Reply
    • author

      redaktur4 tahun ago

      Buku tabungan termasuk fasilitas umum di semua jenis tabungan di BRI

  2. author

    Zul4 tahun ago

    emang sekarang Setor Tabungan kena biaya Admin ya! Ditempat saya yang sekarang kena..

    Reply
  3. author

    vincent3 tahun ago

    SD tempat anak saya bersekolah mengharuskan kami membuka rekening di BRI walau sebenarnya kami keberatan dan rekening BCA pun sudah kami tutup.

    sekiranya hanya digunakan untuk debet SPP (padahal untuk dua bulan pertama tahun ajaran baru harus bayar tunai) dan tanpa ATM, berapa sebenarnya biaya BRITAMA untuk kasus saya tersebut?

    Reply
    • author

      redaktur3 tahun ago

      Kejadian semacam ini juga kami jumpai di beberapa SD Negeri. Menurut account officer nya, rekening ini mendapatkan perlakuan khusus bebas biaya dan setoran mulai Rp 10.000 rupiah.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Administrasi Tabungan Bank BRI Simpedes & Britama"