Harga Beli, Cara Top Up, dan Cek Saldo Kartu e-Toll Flazz BCA

Bagi Anda nasabah BCA, pastinya sudah tahu dengan layanan baru e-money bank swasta terbesar itu yang bernama kartu Flazz BCA. Lantas, dimana tempat beli Kartu Flazz BCA? Tidak sulit mendapatkan kartu tersebut. Selain di Kantor Cabang BCA, Anda pun bisa membelinya di berbagai minimarket, bahkan stasiun KRL atau commuter line.

Menggunakan Kartu Flazz BCA untuk Transaksi Pembayaran - www.merdeka.com
Menggunakan Kartu Flazz BCA untuk Transaksi Pembayaran – www.merdeka.com

BCA memiliki Flazz Card yang multifungsi. Dengan satu kartu, Flazz Card BCA memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk melakukan micro payment di berbagai merchant.[1] Kartu Flazz BCA sendiri merupakan sebuah layanan bagi Anda yang tidak suka repot dalam bertransaksi. Memperkenalkan teknologi chip dan RFID (Radio Frequency Identification) dalam sebuah kartu, Anda bisa bertransaksi dalam hitungan detik dengan cara meletakkan kartu di atas mesin pembayaran (reader). Selain cepat, masih ada keuntungan lain dari penggunaan kartu Flazz BCA.

Bacaan Lainnya

Keuntungan Kartu Flazz BCA

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan kartu Flazz BCA, yaitu Anda tidak perlu membawa banyak uang tunai dan tidak perlu menyimpan banyak uang recehan, sehingga Anda akan lebih aman dari copet atau rampok.

Kartu Flazz BCA ini terbilang multifungsi, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan pembayaran. Anda bisa memakainya sebagai alat pembayaran tol, makanan atau minuman, berbelanja di supermarket, minimarket, hypermarket, pembayaran SPBU, pembayaran parkir di mall, pembelian buku, pembayaran tiket rekreasi, hingga pembayaran transportasi umum (Transjakarta, Commuter Line Jabodetabek, dan Trans Jogja). Ada sekitar 57 ribuan merchant yang bisa Anda gunakan untuk bertransaksi dengan kartu Flazz BCA.

Pengisian top up saldo kartu Flazz BCA ini bisa dilakukan dalam bentuk non tunai atau tunai. Untuk pengisian non tunai, Anda bisa melakukannya di Kantor Cabang BCA, ATM BCA Non Tunai, Top Up Center Flazz, dan mesin EDC di merchant berlogo Top Up Flazz, seperti Alfa Express, Alfamart, Alfamidi, Circle K, Es Teler 77, Indomaret, Lawson, Solaria, Superindo, Toko Gramedia, dan sebagainya. Sementara, untuk melakukan top up saldo secara tunai, Anda bisa melakukannya di Alfa Express, Alfamart, Alfamidi, Es Teler 77, Lawson, dan Toko Buku Gramedia.

Baca juga  Info Manfaat & Update Harga Vitamin Rambut Makarizo Semua Varian

Selain top up yang mudah, menggunakan kartu Flazz BCA ini akan mempercepat proses layanan. Ini karena petugas kasir tidak perlu melihat keaslian uang dan menghitung uang saat bertransaksi. Selain itu, juga membantu proses cash handling dan pelaporan transaksi lebih mudah.

Ilustrasi: Kartu BCA Flazz (credit: finansial.bisnis)
Ilustrasi: Kartu BCA Flazz (credit: finansial.bisnis)

Tempat Membeli Kartu Flazz BCA

  • Kantor Cabang BCA.
  • Ritel Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, dan beberapa supermarket besar lainnya, karena BCA telah bekerja sama dengan tersebut untuk melayani kebutuhan pengguna BCA Flazz.
  • Melalui Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Dinomarket.com.
  • Di machine untuk e-money.
  • Stasiun commuter line.
  • Sales BCA Flazz di beberapa gerbang toll.
  • Di ATM BCA asalkan kartunya memiliki logo Flazz.

Cara Top Up Kartu Flazz BCA

Top Up Kartu Flazz BCA via EDC BCA

Top up dapat dilakukan melalui mesin mesin Electronic Data Capture (EDC) BCA, Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA tertentu, atau ATM Non Tunai (ANT) BCA. Pada mesin EDC, gesek kartu Paspor BCA pada mesin EDC. Tekan “Enter”. Masukkan nilai Top Up. Tekan “Enter”. Masukkan PIN kartu Paspor BCA. Tekan “Enter”. Masukkan kartu Flazz pada mesin EDC. Apabila transaksi berhasil, saldo kartu Flazz akan bertambah, struk akan keluar dan ambil kartu Flazz.

Top Up Kartu Flazz BCA via ATM/ANT BCA

Sementara, cara top up pada mesin ATM atau ANT BCA sedikit berbeda dengan mesin EDC. Pada mesin ATM BCA, masukkan kartu Paspor BCA ke mesin ATM/ANT BCA. Masukkan PIN kartu Paspor BCA. Pilih menu Flazz. Pilih menu Top Up. Masukkan nilai Top Up. Tekan “Benar”. Tarik kartu Paspor BCA dan masukkan kartu Flazz ke mesin ATM/ANT BCA. Tampil saldo awal dan nilai Top Up. Tekan “Benar”. Masukkan PIN kartu Paspor BCA. Apabila transaksi berhasil, saldo kartu Flazz akan bertambah, struk akan keluar dan ambil kembali kartu Flazz. Konfirmasi PIN hanya terdapat di mesin ANT BCA.

Baca juga  Info Biaya Transfer via ATM Bersama Terbaru

Top Up Kartu Flazz BCA via BCA Mobile

Nah, khusus untuk Kartu Flazz berlogo baru (Gen 2) kini sudah hadir dengan fitur yang semakin mudah. Top up saldo Kartu Flazz Gen 2 dapat dilakukan melalui BCA mobile, yakni dengan menempelkan di bagian NFC handphone Anda. Caranya mudah, buka aplikasi BCA mobile dan pilih menu m-BCA. Lalu, masukkan Kode BCA mobile, pilih menu Flazz.Tempelkan Kartu Flazz di area NFC handphone. Kemudian, pilih Top Up Flazz, pilih atau input nominal Top Up.Konfirmasi nominal Top Up, pilih OK. Masukkan PIN m-BCA. Tempelkan kembali Kartu Flazz di area NFC handphone hingga proses Top Up selesai.Apabila transaksi berhasil, saldo Kartu Flazz akan bertambah dan muncul pesan Top Up berhasil.

Ilustrasi: Keuntungan Kartu BCA Flazz (credit: Lifepal)
Ilustrasi: Keuntungan Kartu BCA Flazz (credit: Lifepal)

Cara Cek Saldo Kartu Flazz BCA

  • Pemegang kartu dapat melakukan pengecekan saldo kartu Flazz melalui EDC BCA, ATM BCA tertentu, ANT BCA, atau aplikasi BCA mobile.
  • Pada EDC BCA, letakkan kartu Flazz ke Reader. Reader secara otomatis akan menampilkan saldo kartu Flazz.
  • Cara cek saldo kartu Flazz di mesin ATM BCA atau ANT BCA, masukkan kartu Flazz ke mesin ATM atau ANT BCA. Mesin ATM atau ANT BCA akan menampilkan saldo kartu Flazz. Tekan “Selesai” dan ambil kartu Flazz.
  • Cara cek saldo kartu Flazz di aplikasi BCA mobile, aktifkan aplikasi Near Field Communication (NFC) di mobile phone. Aktifkan BCA mobile. Pilih menu Info Saldo Flazz. Tempelkan kartu Flazz di belakang mobile phone. Saldo Flazz akan tampil di layar mobile phone.

Untuk yang baru menggunakan kartu Flazz BCA, Anda harus memahami beberapa ketentuan penggunaan kartu Flazz sebagai berikut.

Ketentuan Penggunaan Kartu Flazz BCA

  • Kartu Flazz dapat dipindah tangankan kepada pihak manapun, oleh karenanya kartu Flazz ini dapat digunakan oleh orang lain selain Pemegang Kartu.
  • Pihak Bank BCA tidak bertanggung jawab atas kehilangan kartu Flazz yang dimiliki oleh nasabah, BCA juga tidak dapat melakukan penggantian atau pemblokiran kartu Flazz.
  • Untuk melakukan transaksi menggunakan kartu Flazz, Anda harus meletakkan kartu Flazz pada Reader.
  • Untuk menyimpan kartu Flazz, pastikan Anda menyimpan kartu di tempat yang terhindar dari goresan, terkena panas dan tempat yang memungkinkan kartu patah.
  • Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi kantor cabang BCA terdekat atau menghubungi customer care BCA.
Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Tandon Air Berbagai Merek
Bertransaksi dengan kartu Flazz BCA (Instagram/@goodlifebca)
Bertransaksi dengan kartu Flazz BCA (Instagram/@goodlifebca)

Transaksi Pembayaran dan Limit Kartu Flazz BCA

  • Pastikan nilai yang tampil di Reader sesuai dengan nilai transaksi pembayaran. Jika benar, letakkan kartu Flazz di Reader. Apabila transaksi berhasil, dana di kartu Flazz akan berkurang sebesar nilai transaksi pembayaran. Pastikan sisa saldo di kartu Flazz sudah benar.
  • Minimum Top Up Rp20.000.
  • Saldo maksimum Rp2.000.000.
  • Maksimum Top Up per bulan Rp20.000.000. Besaran limit top up dan saldo Kartu Flazz BCA sampai tahun 2022 masih belum mengalami perubahan dari tahun 2021 dan 2020 lalu.
  • Saldo minimum pada kartu Flazz adalah Rp0. Saldo minimum untuk transaksi (bila ada) ditentukan oleh kebijakan masing-masing partner/merchant.

Setelah Anda mendapatkan kartu dan melakukan transaksi, Anda juga perlu memperhatikan beberapa ketentuan penggunaan kartu Flazz BCA. Dilansir dari website resmi BCA, kartu Flazz BCA dapat dipindahtangankan kepada pihak manapun, sehingga kartu Flazz dapat digunakan oleh orang lain selain pemegang kartu.

Namun, apabila kartu Flazz hilang atau dicuri, BCA tidak dapat melakukan penggantian atau pemblokiran kartu Flazz. Untuk itu, simpanlah kartu Flazz dengan baik agar tidak hilang, rusak karena patah, tergores, dan terkena panas. Untuk keluhan terkait dengan kartu Flazz dan transaksi, pemegang kartu dapat menghubungi Kantor Cabang BCA.

 

 

[1] Ergandia, ER. 2010. Analisis Kepuasan dan Loyalitas Pengguna Flazz Card BCA [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.