Update Perkiraan Biaya Hidup di Kota Surabaya

No comment 13889 views

Sebagai terbesar kedua di , tentunya menjadi magnet menarik bagi banyak orang untuk mengadu nasib di Kota Pahlawan ini. Ini masih ditambah dengan ketersediaan fasilitas publik yang tergolong , mulai sekolah, kampus atau perguruan tinggi, kantor, pabrik, perusahaan, hingga pusat-pusat perbelanjaan.

Kota Surabaya - www.kyriad.com

Kota Surabaya - www.kyriad.com

Memang, kebanyakan pendatang yang memutuskan bertempat tinggal sementara di Surabaya adalah mereka yang sedang melanjutkan studi atau bekerja. Di Kota Surabaya memang terdapat banyak lembaga yang cukup terkenal, semisal Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Sepuluh Nopember, hingga Universitas Negeri Surabaya. Sementara, perusahaan bonafide yang memiliki markas di kota ini antara lain Maspion Group, Jawa Pos, hingga Unilever Indonesia dan PT PAL Indonesia.

Dengan berbagai fasilitas yang disediakan, Kota Pahlawan memang menarik untuk dijadikan tempat, baik untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maupun untuk mencari penghasilan. Namun, sebelum memutuskan berpetualang di ibukota Provinsi Jawa Timur, Anda harus mengetahui besaran biaya hidup yang diperlukan jika ingin bertahan di kota padat seperti Surabaya ini.

Biaya Kuliah

Jika Anda memimpikan untuk meneruskan pendidikan di Kota Surabaya, Anda harus mengetahui kisaran biaya kuliah yang perlu Anda keluarkan. Seperti disampaikan sebelumnya, Surabaya memiliki banyak perguruan tinggi dengan kualitas baik. Biaya kuliah di Surabaya jika dipukul rata-rata adalah sebesar Rp500 ribu sampai dengan Rp1,3 juta per bulan, tergantung program studi yang Anda tempuh dan kampus tempat Anda menuntut ilmu.

ITS Surabaya - inderacp.blogspot.co.id

ITS Surabaya - inderacp.blogspot.co.id

Biaya Makan

Biaya makan di Surabaya relatif tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan kota-kota lain di Jawa Timur. Jika bujet Anda berlebih, Anda bisa mencari dengan mulai Rp20 ribuan untuk sekali porsi. Sementara, jika Anda ingin berhemat, banyak penjual yang menjajakan makanan dengan mulai Rp7.500 sampai dengan Rp10.000 per porsi. Lalapan dan nasi goreng menjadi beberapa menu recommended untuk menghemat pengeluaran.

Rujak Cingur Surabaya - www.kompasiana.com

Rujak Cingur Surabaya - www.kompasiana.com

Biaya Tempat Tinggal

Jika Anda memiliki saudara atau kerabat di Surabaya, mungkin Anda tidak terlalu pusing-pusing memikirkan tempat tinggal. Tetapi, berbeda jika Anda seorang diri di Kota Pahlawan. Karena itu, memikirkan tempat tinggal yang pas selama di Surabaya menjadi salah satu hal yang penting dan wajib hukumnya.

Ada berbagai tipe tempat tinggal yang bisa Anda singgahi di Surabaya, mulai indekos atau kost-kostan hingga apartemen dan rumah kontrakan. Tarif sewa masing-masing tempat tinggal tersebut bervariasi, tergantung lama dan fasilitas yang ditawarkan. Untuk kamar kost putra di Surabaya, biaya sewanya sekitar Rp300.000 sampai dengan Rp600.000 per bulan, sedangkan kamar kost putri tarifnya mulai Rp400.000 sampai dengan Rp1.000.000 per bulan. Sementara, jika Anda ingin mengontrak rumah, biayanya mulai Rp2,5 juta per tahun.

Kamar dengan tarif Rp300.000 per bulan tentunya memiliki fasilitas yang seadanya, seperti kamar mandi luar, lemari, dan kasur. Sementara, kamar dengan tarif mulai Rp600.000 ke atas per bulan memiliki fasilitas yang lebih mentereng, bahkan bisa termasuk AC, kamar mandi pribadi, plus furniture dengan kondisi yang cukup baik.

Biaya Transportasi

Anda yang memiliki kendaraan pribadi, misalnya sepeda motor, Anda cukup mengeluarkan kocek untuk mengisi bahan bakar bensin motor Anda sesuai kebutuhan. Sementara, apabila Anda kebetulan tidak membawa kendaraan bermotor pribadi, Anda bisa memanfaatkan angkutan kota atau bus kota untuk bepergian keliling Surabaya, dengan biaya mulai Rp4.000 sampai dengan Rp20.000, tergantung tujuan dan jarak yang Anda tempuh.

Biaya Kebutuhan Lainnya

Biaya kebutuhan lainnya ini sangat bergantung pada masing-masing individu. Kalau Anda ingin menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaian Anda, biayanya berkisar Rp5.000 sampai dengan Rp8.000 per kg. Sementara, jika Anda ingin mencuci pakaian Anda secara mandiri, tentu biayanya bakal jauh lebih murah karena Anda hanya perlu membeli sabun cuci.

Untuk kebutuhan lainnya, seperti membeli perlengkapan mandi (termasuk sabun, pasta gigi, dan shampoo), membeli obat nyamuk, membeli makanan ringan, membeli pulsa HP, dan lain-lain, biayanya bisa Anda sesuaikan sendiri. Selain itu, Anda juga menyesuaikan biaya jika ingin pergi bersama teman-teman, seperti ke warung kopi, berbelanja, atau menonton film di bioskop.

Jika dihitung secara total, biaya hidup di Surabaya selama sebulan berkisar Rp1,8 juta sampai dengan Rp3 jutaan. Tetapi, kalau Anda bisa meminimalkan biaya kost dan hanya membutuhkan biaya untuk makan, mungkin angka Rp1 juta bisa Anda gunakan untuk hidup di Kota Pahlawan selama satu bulan.

Tempat Wisata Murah di Surabaya

Jika Anda ingin refreshing, Surabaya juga menyediakan beragam tempat wisata murah yang tidak membuat kantong Anda terkuras. Taman Bungkul misalnya, yang berada di Jala Raya Darmo, bisa menjadi alternatif menarik. Taman ini pernah menyabet taman terbaik se-Asia tahun 2013 karena dan kerapiannya. Di tempat ini, Anda bisa menikmati fasilitas Wi-Fi, skateboard track, jogging track, hingga tempat bermain khusus anak.

Baca juga  Diformulasikan Sebagai Pemutih Gigi, Berapa Harga Whitelight di Apotek Kimia Farma?

Selain Taman Bungkul, Tugu Pahlawan juga bisa menjadi alternatif wisata murah lainnya. Monumen yang menjadi trade mark Surabaya ini berada di Jalan Pahlawan Surabaya. Dengan tiket masuk hanya Rp5.000 per orang, Anda bisa menyaksikan dokumentasi perjuangan arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan.

Untuk wisata alam, mungkin Anda bisa berkunjung ke Pantai Ria Kenjeran. Berlokasi di Jalan Sukolilo, Bulak, Surabaya, pantai ini menyajikan pemandangan laut utara Jawa. Di tempat ini, juga disediakan berbagai fasilitas tempat bermain anak, kolam renang, tempat pemancingan ikan, hingga toko yang menjual souvenir.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Update Perkiraan Biaya Hidup di Kota Surabaya"