Info Terbaru Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Belanda

No comment 8357 views

Bagi sebagian orang, melanjutkan studi ke luar negeri masih menjadi salah satu impian terbesar yang harus diraih. Pasalnya, di luar negeri dianggap memiliki prestise yang lebih tinggi jika dibandingkan di dalam negeri. Selain itu, di luar negeri juga rata-rata menawarkan gelar sehingga bisa dijadikan untuk bekerja di mana saja.

Radboud University - Berkuliah.com

Radboud University - Berkuliah.com

Dari sekian banyak negara di dunia, salah satu yang sering dijadikan referensi pelajar dari Indonesia adalah Belanda. Kedekatan historis menjadi salah satu alasan mengapa Negeri Kincir Angin tersebut banyak diserbu pelajar Tanah Air. Selain itu, negara dengan ibukota Amsterdam itu juga memiliki sekitar 56 perguruan tinggi berkualitas yang telah menampung lebih dari 80 ribu internasional.

Alasan lain kenapa Belanda banyak dijadikan referensi tempat kuliah karena kuliah di negara tersebut relatif lebih murah dibandingkan negara di Benua Eropa lainnya. Lalu, berapa yang dibutuhkan untuk melanjutkan kuliah di Belanda? Berikut kami sajikan rincian terbarunya.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Kuliah di ISTN (Institut Sains dan Teknologi Nasional) Jakarta

Sarjana

Biaya untuk Program S1 ini rata-rata USD 135 hingga USD 680 (Rp1,75 juta hingga Rp8,84 jutaan). Sementara, biaya kuliah berbeda di setiap institusi. Biaya kuliah di Erasmus University of Rotterdam misalnya, mencapai USD 9.400 (Rp122 jutaan) per tahun untuk Jurusan Ilmu Ekologi dan Jurusan Teknik. Adapun program di Rotterdam School of Management, biaya kuliahnya mencapai USD 11.170 atau sekitar Rp145 jutaan per tahun.

Program Pascasarjana

Umumnya, biaya kuliah Program S2 ini berkisar USD 10.898 (Rp141 jutaan) per tahun. Berikut kisaran biaya kuliah Program Pascasarjana untuk masing-masing jurusan.

Jurusan Kisaran Biaya per Tahun
Seni dan Sastra USD 14.304 (Rp185 jutaan)
Ilmu Perilaku dan Sosial USD 17.710 (Rp230 jutaan)
Ekonomi dan USD 17.710 (Rp230 jutaan)
Hukum USD 14.304 (Rp185 jutaan)
Life Sciences USD 17.710 (Rp230 jutaan)
Sains dan USD 17.710 (Rp230 jutaan)
Ilmu Spasial USD 14.304 (Rp185 jutaan)
Baca juga  Biaya Kuliah Terbaru di Fakultas Kedokteran USU (Universitas Sumatera Utara)

Jika ingin mendapatkan biaya yang lebih murah, Anda bisa mengikuti program beasiswa studi di Belanda, salah satunya StuNed. StuNed atau Studeren in Nederland (studi di Belanda) merupakan program beasiswa yang bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Penerima beasiswa dapat mengikuti program studi internasional dalam bahasa Inggris, yaitu Master Course, Short Course, atau Tailor Made Training. Program Master Course dilangsungkan selama 12-24 bulan, sedangkan Short Course berlangsung selama 2-12 minggu. Sementara, Program Tailor Made Training biasanya berlangsung selama 3 minggu.

Selain biaya kuliah, Anda juga harus mempertimbangkan biaya hidup selama tinggal di Belanda. Berikut rincian biaya hidup yang dibutuhkan di Belanda.

Komponen Biaya
Sewa Kamar 300 euro - 600 euro (Rp4,3 juta - Rp7,8 juta) per bulan
Makan 200 euro (Rp2,9 juta) per bulan
Transportasi 50 euro (Rp725 ribuan) - sepeda
Baca juga  Update Biaya Kuliah S1 di UNS (Universitas Sebelas Maret)
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Belanda"