Info Terbaru Biaya Pendidikan Advokat PKPA-PERADI

No comment 1413 views

Sejalan dengan perkembangan masyarakat maupun ilmu pengetahuan dan yang sangat pesat dan bersifat transnasional dan global, maka tidak dapat dihindari lagi bahwa semua profesi, khususnya yang terkait dengan , harus terus berbenah dan memacu diri untuk menghadapi realitas kekinian. Tuntutan sikap profesional dari setiap pihak yang terjun di bidang menjadi salah satu faktor pendorong perlunya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada.

Pendidikan Khusus Profesi Advokat - www.kai.or.id

Khusus Profesi Advokat - www.kai.or.id

Karena itu, ketika disadari bahwa yang dihasilkan pendidikan tinggi hukum masih belum cukup bagi lulusan untuk menekuni satu profesi hukum, khususnya profesi advokat, maka pendidikan lanjutan yang bersifat khusus bagi para calon advokat mutlak diperlukan. Untuk itu, PERADI (Perhimpunan Advokat ) ditunjuk sebagai mitra penyelenggara Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) berdasarkan UU No. 18 tahun 2003 tentang Advokat.

PKPA sendiri adalah pendidikan profesi yang merupakan salah satu syarat untuk menjadi Advokat. Yang bertanggung jawab untuk melaksanakan PKPA ini adalah Komisi Pendidikan Profesi Advokat Indonesia (KP2AI) yang didirikan oleh Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PERADI. Sementara, atau institusi yang bisa mengadakan PKPA ini harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari PERADI yang tertuang dalam surat perjanjian.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Kuliah di UNJ (Universitas Negeri Jakarta)

Di Indonesia, sudah ada beberapa lembaga perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan PERADI untuk mengadakan PKPA. Sebut saja Indonesia, Gadjah Mada (UGM), dan Sebelas Maret Surakarta.

Pelaksanaan PKPA umumnya dilakukan oleh Hukum perguruan tinggi yang bersangkutan dan PERADI yang terdiri atas dosen Hukum (akademisi) dan para profesional di bidang hukum (praktisi). Materi yang diajarkan umumnya meliputi materi dasar, materi hukum acara (litigasi), materi non-litigasi, dan materi pendukung (keterampilan hukum).

Lalu, berapa yang dibutuhkan untuk mengikuti PKPA yang diselenggarakan PERADI? Menurut Peraturan Perhimpunan Advokat Indonesia No. 3 tahun 2006 tentang Penyelenggaraan PKPA Pasal 5, yang ditetapkan kepada setiap calon peserta untuk mengikuti PKPA paling sedikit sebesar Rp3.000.000 dan paling banyak Rp5.000.000, dengan mempertimbangkan waktu, wilayah, dan tempat pelaksanaan pendidikan.

Di Universitas Indonesia misalnya, biaya untuk pelatihan PKPA sebesar Rp5.000.000 (tidak termasuk potongan pajak) yang sudah mencakup training kit, materi pelatihan, sertifikat PKPA, dan konsumsi (coffe break & makan siang). Kelas ini biasanya dilaksanakan selama dua hari (setiap weekend atau Sabtu-Minggu) dengan kapasitas maksimal 100 peserta.

Baca juga  Biaya Kuliah di IBS (Indonesia Banking School) Program S1 dan Kelas Karyawan

Sementara, di UGM, biaya pendidikan PKPA adalah sebesar Rp5.000.000 dan biaya sebesar Rp250.000. Untuk bisa mendaftar kelas ini, syarat yang harus dipenuhi adalah:

  • Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran.
  • Bukti pembayaran biaya pendaftaran dan pendidikan.
  • Dua lembar fotokopi ijazah Pendidikan Tinggi Hukum (Sarjana Hukum & Sarjana Hukum Islam) yang telah dilegalisasi.
  • Foto berwarna ukuran 4x6 dan 3x4 masing-masing 2 lembar.
  • Fotokopi KTP yang masih berlaku sebanyak 1 lembar.
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Pendidikan Advokat PKPA-PERADI"