Update Harga Berbagai Jenis dan Merek Mie Mentah di Pasaran 2017

Mi (atau sering juga ditulis mie) merupakan adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Istilah ini juga merujuk kepada mie kering yang harus dimasak kembali dengan cara dicelupkan ke dalam air yang dipanaskan.

Mie Mentah Siap Masak - (Sumber: miementah.com)

Mie Mentah Siap Masak - (Sumber: miementah.com)

Pada tahun 1779, Orang Jerman menamakannya Nudel, yang kemudian kini lebih populer dengan sebutan ‘noodle’. Kemudian, muslim Tionghoa membuat mie dengan cara menarik-narik adonan. Mie tarik khas Muslim di Tiongkok Utara tersebut menjadi populer di Jepang, dan telah menyebar di dunia dengan Lanzhou Lamian. Di Jepang, disebut dengan Ramen.

Orang Tionghoa, Italia, dan Arab, masing-masing mengklaim bahwa bangsa mereka yang menciptakan mie, meskipun tulisan tertua mengenai mi diperkirakan berusia 4.000 tahun di temukan di Qinghai, Tiongkok.

Menurut catatan sejarah, mie pertama kali dibuat di daratan Cina sekitar 2000 tahun lalu pada masa pemerintahan dinasti Han. Dari Cina, mie berkembang dan menyebar ke Jepang, Korea, Taiwan, dan negara-negara Asia Tenggara, bahkan meluas sampai ke benua Eropa.

Mie dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok. Pembagian jenis mie yang paling umum yaitu berdasarkan , diameter mie, bahan baku, cara pembuatan, jenis yang dipasarkan, dan kadar air.

Berdasarkan warnanya, mie yang ada di Asia dibagi menjadi dua jenis, yaitu mie putih dan mie kuning karena penambahan alkali. Jika berdasarkan bahan bakunya, mie juga dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu mie dengan bahan baku tepung, terutama tepung terigu dan mie transparan dengan bahan baku pati misalnya soun dan bihun.

Jika dilihat dari cara pembuatannya, mie dibedakan menjadi mie basah mentah dan mie basah matang, sedangkan berdasarkan jenis produk yang tersedia di pasar, terdapat dua jenis mie, yaitu mie basah (contohnya mie ayam dan mie kuning), dan mie kering, contohnya mie telur dan mie instan. Komposisi dasar dari produk mie kering dan mie basah pada umumnya hampir sama. Perbedaan dari kedua produk tersebut adalah kadar air dan tahapan proses pembuatan.

Berdasarkan kadar air dan tahap pengolahannya, mie terbagi menjadi lima golongan, antara lain mie basah mentah yang dibuat langsung dari proses pemotongan lembaran adonan dengan kadar air 35%, mie basah matang yaitu mie basah mentah yang telah mengalami perebusan dalam air mendidih dengan kadar air 52%.

Selanjutnya ada mie kering yang berupa mie mentah yang langsung dikeringkan dengan kadar air 10%, lalu ada mie goreng yaitu mie mentah yang lebih dahulu digoreng sebelum dipasarkan, dan mie instan yaitu mie basah mentah yang telah mengalami pengukusan dan pengeringan sehingga menjadi mie instan kering.

Dari segi jenis, mungkin mie satu ini bisa dikatakan paling sering ditemui, yaitu mie ayam. Mie tersebut merupakan turunan makanan khas China yaitu bakmi. Di tanah kelahirannya, bakmi dibuat dari tepung terigu dan disajikan dengan kuah terpisah.

Di atas mie biasanya ditambahkan lauk berupa potongan berbumbu sayuran. Di , daging yang digunakan adalah daging ayam, menyesuaikan dengan lidah lokal. Variannya semakin kaya. Kini, ada mi yamin dengan citarasa manis karena menggunakan kecap. Ada juga yang memakannya langsung bersama kuah yang dicampur ke dalam mangkuk mi.

Di Negara Tirai Bambu, daging yang digunakan adalah daging babi. Dulu, memang bakmi dikenal di kalangan pedagang menjadi kata kunci untuk menambahkan bumbu dan minyak babi. Tetapi, untuk sekarang hal tersebut sudah berubah.

Uniknya, walaupun mie ayam diturunkan dari China, tetapi mie tidak bisa ditemukan di Negara China. Mi ayam dapat dibilang sudah menjadi kuliner Indonesia. Di China sendiri, terutama di daerah Fujian dan Guandong, memang ada mi ayam, namun punya wujud dan cita rasa berbeda.

Mi Mentah - (Sumber: mesinbekasi.com)

Mi Mentah - (Sumber: mesinbekasi.com)

Setelah mengetahui sekilas mengenai asal usul mie, klasifikasi mie, berikut akan disajikan tabel mengenai harga berbagai jenis dan merek mie mentah yang beredar di pasaran sesuai dengan harga yang berlaku di tahun 2017 ini.

Daftar Harga Berbagai Jenis dan Merek Mie Mentah 2017

Jenis dan Merek Mie Mentah Harga (Rp)
Mie Burung Dara Mie Kering 136gr 2.200
Mie Burung Dara Mie Kering Pipih 136gr 2.600
Sohun Agung 150gr 2.900
Mie Telor GAGA 3.400
Mie Telur Cap 3 Ayam (mie pipih) 200gr 3.800
Mie Burung Dara Mie telur Ural original 140gr 3.900
Mie Telur Cap 3 Ayam (mie bulat) 200gr 3.900
Mie Burung Dara Mie Telur Ural Pipih 140gr 4.100
Mie Telur Lebar Keriting Cap Ayam 2 Telur 4.700
Mie Kwetiaw Cap Kancil Menjangan Mas 4.990
Mie Telur Kuda Menjangan 200gr 5.000
Mikuya Ramen 120gr 6.600
La Fonte Fettucini 225gr 6.700
Bihun Agung Urai Superior 7.600
Hong Sub RRC 7.900
La Fonte Spaghetti 225gr 8.090
Mie Telur Xi Jian 8.800
Kwetiaw Cap Rusa 100gr 8.990
Kwetiaw Cap Rusa 150gr 9.290
Mie Telur Ayam Cap Kancil Menjangan Mas 9.490
Bihun Agung Pilihan Bunda TPS Food 11.590
Superbihun Rose Brand 12.700
Superbihun AAA Lima Saudara 220gr 15.100
Mie Telur Kim Ling 500gr 21.500
Fettucini San Remo 22.900
Superbihun AAA Lima Saudara 27.800
Wai Wai Rice Noodle 29.290
KAF Bihun Rice Vermicelli 34.490

Produk-produk mie di atas dapat Anda temukan di Giant, Superindo, dan supermarket lainnya. Tetapi, tidak menutup kemungkinan, produk mie juga bisa Anda temukan di Indomaret atau Alfamart.

Baca juga  Info Update Harga Kayu Meranti Dalam Berbagai Ukuran
loading...

Leave a reply "Update Harga Berbagai Jenis dan Merek Mie Mentah di Pasaran 2017"