Info Terbaru Biaya TabunganKu BNI

Salah satu bank di Indonesia yang menyediakan produk TabunganKu adalah BNI. Produk yang bisa dinikmati oleh semua kalangan ini tidak hanya memiliki persyaratan yang mudah, tetapi juga biaya registrasi dan administrasi yang terjangkau. Anda bisa langsung membuat rekeningnya di cabang terdekat.

BNI (sumber: kliklegal.com)
BNI (sumber: kliklegal.com)

TabunganKu adalah program pemerintah yang diluncurkan pada 20 Februari 2010 silam oleh Susilo Bambang Yudhoyono yang waktu itu masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, bersama Gubernur Bank Indonesia. Tujuan diadakan TabunganKu adalah untuk menumbuhkembangkan sikap masyarakat agar gemar menabung.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, selain persyaratan membuatnya yang mudah dan dibebaskan biaya administrasi bulanan, TabunganKu juga ada dikelola oleh banyak bank. Anda bisa membuka rekening ini di BNI, Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, Danamon, CIMB Niaga, Panin Bank, Bank Permata, BII, BTN, Bank Mega, BPD, dan lainnya. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari website resmi Bank Indonesia, jenis fitur yang ditawarkan TabunganKu seperti berikut.

Fitur TabunganKu

  • Fitur Standard (mandatory) adalah fitur produk TabunganKu yang harus diterapkan secara seragam oleh seluruh bank yang meluncurkan produk TabunganKu.
  • Rekening Dormant (dormant account) adalah rekening yang tidak melakukan transaksi selama 6 (enam) bulan berturut-turut. Apabila saldo rekening mencapai <Rp20.000, maka rekening akan ditutup oleh sistem dengan biaya penutupan rekening sebesar sisa saldo.
  • Bunga/Bonus Wadiah dihitung berdasarkan saldo harian dan tidak progresif dan dibayarkan mengikuti periode pembayaran masing-masing bank.
  • Fitur Customized (Optional) adalah fitur produk TabunganKu yang dapat dipilih untuk diterapkan oleh bank. Bank dapat memberikan tambahan fitur lainnya kepada produk TabunganKu seperti buku tabungan, lembar statement, kartu ATM, atau jasa perbankan lainnya, selama tidak melanggar kesepakatan bersama.

Khusus untuk produk TabunganKu BNI, dalam website resminya, menyebutkan TabunganKu sebagai produk untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia guna menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keuntungan TabunganKu

TabunganKu dapat dibuka dengan setoran minimum Rp20.000. Setelah melakukan setoran, Anda akan mendapat bukti kepemilikan rekening berupa buku tabungan. Sebagai nasabah TabunganKu BNI, Anda akan bebas biaya administrasi bulanan dan bebas biaya penggantian buku tabungan. 

Sayangnya, poin tersebut tidak tergolong istimewa. Hal itu dikarenakan hampir semua bank menyediakan produk TabunganKu yang juga memberikan fitur-fitur tersebut. Namun, jika dibandingkan dengan produk Taplus BNI, tentu lebih menguntungkan. Setiap nasabah pemegang rekening BNI Taplus dikenai biaya administrasi sebesar Rp11.000 per bulan. Sementara, untuk rekening TabunganKu BNI, tidak dikenai biaya administrasi bulanan sama sekali alias gratis.

Bukan saja biaya administrasi yang gratis, biaya penarikan tunai melalui Teller BNI juga gratis untuk pemegang rekening TabunganKu BNI. Syaratnya, penarikan tidak boleh lebih dari dua kali dalam sebulan. Karena, jika lebih dari itu, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp1.000 pada setiap transaksi tarik tunai melalui teller. Ketentuan ini masih sama seperti tahun lalu.

Biaya TabunganKu BNI

Buku TabunganKu BNI (sumber: madiuntoday.com)
Transaksi/Administrasi Biaya
Setoran Awal Rp20.000 (minimal)
Biaya Administrasi Bulanan Gratis
Saldo Minimum Rekening (setelah penarikan) Rp20.000
Biaya Tarik Tunai Melalui Teller Gratis (maksimal 2 kali per bulan, selebihnya dikenai tarif Rp1.000 per transaksi
Jumlah Minimum Penarikan Tunai di Teller Rp100.000 (kecuali saat penutupan rekening)
Biaya Rekening Pasif (tanpa transaksi selama 6 bulan) Rp2.000/bulan
Limit Belanja, Tarik Tunai, dan Transfer antar Rekening BNI Rp1.000.000/hari
Biaya Penggantian Buku dan Kartu TabunganKu Gratis
Biaya Penutupan Rekening Rp20.000

Keterangan:

  • Transaksi setor tunai dan pemindahbukuan dapat dilakukan melalui teller di kantor utama maupun seluruh kantor cabang BNI.
  • Transaksi tarik tunai hanya dapat dilakukan di kantor cabang BNI tempat nasabah membuka rekening.

Perlu diingat, biaya TabunganKu BNI di atas tidak terikat dan bisa berubah sesuai ketentuan BNI. Meskipun begitu, biaya TabunganKu BNI saat ini masih sama seperti tahun lalu. Selain mendapatkan keuntungan biaya administrasi gratis, nasabah akan mendapatkan bunga dari TabunganKu BNI seperti berikut.

Bunga TabunganKu BNI

Tiering Saldo Bunga
Rp0 sampai dengan Rp500.000 0,01% p.a
Lebih dari Rp500.000 sampai dengan Rp1.000.000 0,15% p.a
Lebih dari Rp1.000.000 0,25% p.a
Kantor Bank BNI (sumber: liputan6)

Syarat Buka Rekening TabunganKu BNI

  • KTP elektronik asli.
  • Uang buat setoran awal minimal Rp20.000.
  • Satu orang hanya boleh membuat satu rekening, kecuali bagi orang tua yang mau membuatkan rekening untuk anaknya yang masih di bawah umur.
  • Tidak diperkenankan untuk digunakan sebagai rekening bersama.

Setelah Anda mengetahui syarat pembukaan rekening TabunganKu BNI di atas, Anda bisa mulai menyiapkan beberapa dokumen untuk membuat rekening tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tata cara membuka rekening TabunganKu BNI seperti berikut.

Cara Membuka Rekening TabunganKu BNI

Cara membuatnya hampir sama seperti buka rekening biasa. Anda bisa datang ke BNI terdekat, lalu mengambil nomor antrean untuk dapat bertemu dengan Customer Service. Lalu, Customer Service akan memberikan beberapa formulir aplikasi pendaftaran. Isilah form tersebut sampai selesai.

Isian dari formulir pendaftaran tersebut hanyalah berkaitan dengan identitas, misalnya nomor identitas KTP, nama, tempat tanggal lahir, alamat tempat tinggal, pekerjaan dan alamat tempat kerja, jumlah gaji per bulan, nomor telepon (bisa diganti dengan nomor handphone), nama ibu kandung, dan sebagainya.

Setelah selesai mengisi form, Customer Service akan membuatkan buku atas nama Anda yang terdaftar pada form. Lalu, buku tabungan tersebut diantar ke bagian teller dan Anda diminta untuk menyerahkan uang minimum Rp20.000 sebagai  setoran awal.

Anda juga dapat membuka rekening melalui smartphone. Prosesnya dilakukan dengan face recognition, video banking, sehingga nasabah dapat langsung memasukkan nomor induk kependudukan (NIK). Setelah itu, akan langsung terverifikasi di Dukcapil.

Pos terkait