Info Terupdate Harga Styrofoam Box Ikan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan para pedagang ikan untuk menjaga dagangannya supaya segar saat didistribusikan ke pelapak lain atau customer dari daerah lain, salah satunya adalah mengemasnya dalam styrofoam box. Kotak berbahan dasar styrofoam ini juga biasa dijadikan sebagai wadah untuk menjual ikan hias supaya aman dan tidak mati dalam perjalanan. Anda bisa membeli styrofoam box ikan tersebut di e-commerce atau pusat perbelanjaan terdekat dalam ukuran atau besar dengan harga relatif terjangkau.

Packing ikan dalam styrofoam box ikan (sumber: fishboxes.info)
ikan dalam styrofoam box ikan (sumber: fishboxes.info)

Cara Packing Ikan dalam Styrofoam Box

Untuk ikan konsumsi yang baru saja ditangkap, biasanya akan dikemas dalam styrofoam dengan metode pendinginan. Pendinginan merupakan cara mengawetkan ikan menggunakan suhu dingin atau suhu beku. pendindingan adalah tidak terjadinya perubahan signifikan terhadap rasa, penampilan, dan kandungan vitamin di dalam makanan.[1] Metode pengawetan satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis bahan makanan, mulai dari buah-buahan, aneka frozen food (makanan beku), es krim, , lobster, hingga kepiting.

Bacaan Lainnya

Cara menyimpan ikan dalam styrofoam box menggunakan metode pendinginan cukup mudah, karena Anda hanya memerlukan kotak styrofoam, plastik, dan dry es. Setelah itu, bungkus ikan dengan kantong plastik dan supaya lebih awet, hilangkan udara di bagian dalamnya menggunakan vacum. Lalu, lapisi box dengan kertas koran dan masukkan dry es di bagian bawah serta samping kotak.

Masukkan ikan ke dalam box dan tutup bagian atas ikan dengan dry es supaya suhu di dalam box lebih dingin. Semakin dingin suhu di dalam wadah tersebut, semakin awet ikan yang Anda kemas. Bagian atas dry es juga harus ditutup dengan koran untuk menjaga suhu di dalam es. Selanjutnya, box karton atau styrofoam ditutup dengan menggunakan lakban.[2]

Styrofoam Box Ikan (sumber: alibaba.com)
Styrofoam Box Ikan (sumber: alibaba.com)

Sementara itu, bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang ikan hias dan ingin menjualnya ke luar kota, Anda juga bisa membungkusnya dalam wadah styrofoam. Berbeda dengan mengemas ikan yang sudah mati, untuk ikan , Anda tidak memerlukan dry es. Siapkan styrofoam box sesuai dengan kapasitas ikan yang ingin Anda kemas, plastik tebal anti air, tabung oksigen atau kompresor, kertas koran, lakban, dan bubble wrap.

Masukkan air sebanyak setengah dari plastik yang Anda siapkan dan ikan yang ingin Anda packing. Tambahkan udara menggunakan kompresor atau tabung oksigen dan ikat bagian atasnya supaya tidak ada air atau udara yang keluar dari plastik. Selanjutnya, lapisi bagian dalam box dengan kertas koran dan bubble wrap. Supaya lebih aman, Anda juga bisa melapisi plastik ikan dengan bubble wrap.

Pada bagian paling bawah styrofoam harus dialasi dengan bubble wrap sebanyak-banyaknya, maksimal 2 cm. Masukkan plastik berisi ikan ke kotak styrofoam dan tutup bagian atasnya secara rapat. Gunakan lakban supaya tutup kotak tidak mudah lepas. Cara ini bisa Anda terapkan untuk ikan hias yang memiliki daya hidup tinggi, seperti ikan cupang dan gabus atau channa.

Dibandingkan jenis kemasan lainnya, styrofoam box menawarkan berbagai keunggulan. Bahan satu ini dikenal praktis, ringan, relatif tahan bocor, dan juga mampu menjaga suhu makanan dengan baik. Oleh sebab itu, styrofoam box banyak disukai oleh para pelaku industri makanan dan minuman. Berikut informasi harga styrofoam box di pasaran dalam berbagai ukuran.

Harga Styrofoam Box Ikan

Ilustrasi: Styrofoam Box Ikan (credit: postanote.co)
Ilustrasi: Styrofoam Box Ikan (credit: postanote.co)
Tipe/Ukuran Styrofoam Box Ikan Harga
Styrofoam Box Ikan Ukuran 38 cm x 24 cm x 18 cm Rp17.000
Styrofoam Box Ikan Ukuran 38 cm x 25 cm x 17 cm Rp23.500
Styrofoam Box Ikan Ukuran 52 cm x 38 cm x 34 cm Rp25.000
Styrofoam Box Ikan Ukuran 52 cm x 36 cm x 33 cm Rp25.000
Styrofoam Box Ikan Ukuran 34 cm x 25 cm x 30 cm Rp25.500
Styrofoam Box Ikan Ukuran 34 cm x 52 cm x 37.5 cm Rp35.000
Styrofoam Box Ikan Ukuran 75 cm x 42 cm x 33 cm Rp87.500
Styrofoam Box Ikan + Ice Pack Medium Ukuran 25 cm x 34 cm x 30 cm Rp215.000

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga styrofoam box ikan tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, styrofoam box ikan ukuran 38 cm x 24 cm x 18 cm yang dibanderol Rp15 ribu tahun 2021, naik menjadi Rp17 ribu di tahun 2022. Sebagai perbandingan, tahun 2020, styrofoam box untuk ikan dijual dengan harga Rp13 ribu hingga Rp63 ribu.

Informasi harga styrofoam box ikan di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harganya dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga styrofoam box yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

[Update: Almas]

[1] A., Yuyun. 2012. Kursus Wirausaha-Meraup Untung dari Usaha Siomay & Batagor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm. 20.

[2] Sahubawa, L. 2019. Teknik Penanganan Hasil Perikanan. Yogyakarta: UGM Press, hlm. 18.

Pos terkait