Info Terbaru Harga Air Cooler Sharp (Semua Tipe)

Jika Anda ingin ruangan di dalam rumah Anda menjadi lebih sejuk, tetapi dengan biaya lebih murah, dibandingkan AC, Anda bisa memilih memakai air cooler. Ini adalah salah satu peralatan elektronik yang memiliki fungsi utama untuk menyejukkan ruangan. Dengan harga yang relatif lebih murah daripada AC, air cooler sudah tersedia dalam berbagai merk, termasuk Sharp, APA, Sanken, dan lain-lain.

Keunggulan Air Cooler  

Ilustrasi: Penggunaan Air Cooler di Dalam Ruangan (credit: freshliving.in)

Ilustrasi: Penggunaan Air Cooler di Dalam Ruangan (credit: freshliving.in)

Dilansir dari situs resmi Sharp, air cooler dikatakan sebagai produk elektronik alternatif pengganti AC. Air cooler dapat memberikan udara sejuk dan sekaligus melembapkan udara sekitar. Bisa dibilang, produk ini cocok untuk Anda yang tinggal di daerah tropis dengan hawa . Anda pun bisa memakainya di dalam ruangan dengan dinding yang terbuat dari kaca yang cenderung panas dan kering.

Tak hanya berperan untuk menstabilkan kelembapan ruangan, air cooler yang memiliki desain elegan terbilang pas dijadikan sebagai ornamen. Anda bisa meletakkannya di ruang keluarga atau ruang tamu supaya ruangan lebih terkesan modern dan mewah. Produk ini juga dilengkapi dengan roda kecil di bagian bawah bodinya, sehingga mudah dipindahkan ke mana saja.

Namun, Anda tidak disarankan terlalu sering menggunakan air cooler di ruang tertutup. Penggunaan air cooler di ruang tertutup dalam waktu yang lama bisa menyebabkan ruangan sangat lembap. Kelembapan ruangan di atas normal bisa menyebabkan bakteri dan jamur muncul di bagian keluar masuknya udara air cooler. 

Penggunaan air cooler di luar ruangan akan lebih baik. Hal ini tidak hanya melembapkan udara sekitar, tetapi juga mengusir hawa panas dan menurunkan risiko jamur serta bakteri pada . Sayangnya, alat ini memang tidak seperti AC yang jangkauannya luas. Jika Anda ingin memakai air cooler di ruangan atau area yang besar, setidaknya Anda membutuhkan dua air cooler. 

Perawatan air cooler juga terbilang lebih mudah dibandingkan AC. Anda tidak memerlukan tenaga ahli untuk perawatan bulanan karena bisa dilakukan sendiri. Tidak seperti AC yang harus diganti freonnya, Anda hanya perlu memperhatikan kebersihan air cooler. Selain itu, Anda hanya perlu mengganti airnya dengan air yang bersih atau menambah airnya jika kurang. 

Untuk membersihkan air cooler, Anda tidak memerlukan peralatan khusus. Gunakan lap atau basah untuk membersihkan bagian luar air cooler. Sementara itu, bagian dalam air cooler tidak perlu dibersihkan, karena sudah bersih dengan sendirinya saat alat tersebut dinyalakan. 

Dengan ukuran yang kecil dan tidak terlalu memakan konsumsi listrik yang besar, air cooler bisa menjadi alternatif bagi orang-orang yang menginginkan pendingin ruangan tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Konon, konsumsi listriknya hanya sebesar 10% hingga 15% dari listrik yang dipakai AC. 

Meski diklaim lebih hemat dibandingkan AC, pemakaian air cooler juga tidak bisa sembarangan. Bahkan, menurut beberapa sumber, pemakaian air cooler disarankan maksimal tiga hingga empat jam saja. Berikut ini sejumlah tips yang dapat Anda terapkan saat Anda hendak menggunakan air cooler.

Produk Air Cooler (sumber: coolershub)

Produk Air Cooler (sumber: coolershub)

Tips Memakai Air Cooler

  • Dalam pengoperasiannya, air cooler menggunakan air untuk melembapkan ruangan. Jika air cooler Anda taruh dekat peralatan elektronik, maka peralatan elektronik Anda rawan rusak karena lembap. Sebaiknya air cooler ditempatkan di sudut ruangan dan biarkan suhu turun dengan sendirinya.
  • Sebelum digunakan, pastikan tangki air atau tangki es pada air cooler sudah terisi. Jika Anda menggunakan air cooler secara non-stop, air atau es pada air cooler akan habis dengan sendirinya. Penggunaan air cooler dengan tangki air atau tangki es batu yang kosong akan memperpendek umur perangkat tersebut.
  • Untuk menghasilkan kesejukan, tentunya udara harus bertabrakan dengan air pada media pendingin air cooler, sehingga terjadi penguapan. Jadi, penting sekali untuk diperhatikan bahwa air selalu ada di atas level minimum. Karena jika tidak, maka dalam waktu singkat air akan habis, dan tidak ada proses penguapan yang terjadi. Air cooler pun tidak akan menghasilkan angin yang sejuk seperti seharusnya.
  • Jika Anda membutuhkan penggunaan air cooler dalam jangka waktu yang lama, pilih air cooler dengan kapasitas penyimpanan tangki air sebesar yang cukup banyak, sehingga air cooler dapat dioperasikan lebih lama.
  • Bersihkan filter air cooler minimal sebulan sekali. Cara membersihkannya sangat mudah, cukup dicuci tanpa menggunakan sabun atau pembersih. Anda juga harus mengecek tangki air, terutama tangki air yang lama tidak terpakai karena dapat menjadi sarang nyamuk. 
  • Sirkulasi udara sangat penting untuk air cooler. Penggunaan air cooler harus ditemani dengan adanya ventilasi pada sebuah ruangan, atau setidaknya pintu kamar yang dibuka. Kenapa? Karena air cooler merupakan alat penyejuk udara yang juga sekaligus membuat udara menjadi lebih lembap.
  • Air flow merupakan variabel yang sangat penting ketika membeli air cooler. Air flow yang tinggi, berarti air cooler tersebut dapat mengembuskan udara dengan volume yang lebih besar. Secara sederhana, semakin besar air flow, maka semakin cepat sebuah ruangan itu dapat menjadi lebih sejuk.
  • Pada setiap air cooler, terdapat tombol untuk menyalakan sistem penyejuk. Tombol inilah yang menyalakan pompa air dan menjalankan sirkulasi air kebagian atas air cooler. Apabila pompa terus menyala tanpa ada air pada tangki, hal ini akan menyebabkan kerusakan pada pompa air. Kerusakan yang disebabkan oleh tidak adanya air ini akan mengakibatkan Anda harus mengganti pompa tersebut dengan pompa air yang baru.
  • Jangan menggunakan air cooler Anda dengan cairan selain air bersih, terutama dengan cairan yang sudah mengandung partikel padat di dalamnya. Karena, ini dapat menyebabkan bau yang tidak sedap tersirkulasi pada ruangan tinggal Anda. Selain itu, hal ini juga dapat merusak pompa air, sehingga mungkin harus diganti dengan yang baru.

Seperti disampaikan di atas, saat ini sudah ada banyak merek yang meluncurkan produk air cooler, termasuk Sharp. Perusahaan mengklaim bahwa air cooler buatan mereka sudah dilengkapi dengan 4 Cooler Ice Pack dan kapasitas penyimpanan tangki air sebesar 6 liter, sehingga perangkat dapat dioperasikan lebih lama. Anda juga tidak perlu khawatir jika akan menggunakan air cooler Sharp dalam waktu yang lama, karena produk mereka diklaim hanya mengonsumsi listrik sebesar 65 Watt.

Tidak sulit mendapatkan air cooler Sharp. Pasalnya, produk ini sudah dijual bebas dan bisa Anda beli di berbagai toko peralatan elektronik, bahkan via situs jual beli online. Melansir situs resminya, Sharp setidaknya sudah meluncurkan empat tipe air cooler untuk pasaran dalam , yakni Sharp PJ-A26MY-B, Sharp PJ-A55TY-B/W, Sharp PJ-A36TY-B/W, dan Sharp PJ-A77TY-B. Berikut kisaran harga air cooler produksi Sharp di Indonesia.

Produk Air Cooler Sharp (sumber: Youtube)

Produk Air Cooler Sharp (sumber: Youtube)

Harga Air Cooler Sharp

Tipe Air Cooler SharpHargaSpesifikasi Umum
Sharp PJ-A26MY-BRp829.000 – Rp1.146.0004 cooler ice pack (twice cooling), LCD panel, easy operation (panel in bahasa), auto swing louver, 6 liter water tank, consumption 65 Watt, dimension 375 x 306 x 745 mm
Sharp PJ-A36TY-B/WRp1.045.000 – Rp1.092.0004 cooler ice pack (twice cooling), LCD panel, remote control, easy operation (panel in bahasa), auto swing louver, 6 liter water tank, power consumption 65 Watt, dimension 375 x 306 x 745 mm
Sharp PJ-A55TY-B/WRp1.174.000 – Rp1.228.0004 cooler ice pack (twice cooling), LCD panel, remote control, easy operation (panel in bahasa), auto swing louver, 5 liter water tank, power consumption 100 Watt, dimension 360 x 300 x 760 mm
Sharp PJ-A77TY-BRp1.499.000 – Rp1.599.0004 cooler ice pack (twice cooling), LCD panel, remote control, auto swing louver, ON/OFF timer, 7 liter water tank, power consumption 80 Watt, portable handle, energy saving, dimension 372 x 855 x 355 mm

Harga air cooler keluaran Sharp di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perkakas elektronik dan situs jual beli online. Perlu diingat bahwa harga air cooler Sharp tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga air cooler Sharp tahun ini mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Sharp PJ-A77TY-B yang awalnya dijual dengan harga Rp1.425.000 hingga Rp1.580.000, naik menjadi Rp1.499.000 hingga Rp1.599.000. Selain itu, harga air cooler Sharp juga dapat berbeda-beda di masing-masing tempat walau produk yang dijual sama.

[Update: Almas]

Baca juga  Info Spesifikasi dan Harga Epson L565 Terkini, Printer All-in-One dengan Wi-Fi
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Air Cooler Sharp (Semua Tipe)"