Specs dan Harga Midas M32 (Baru dan Second)

Audio mixer, sering pula disebut mixer saja, seperti namanya, merupakan perangkat yang berguna untuk mencampur beberapa sumber suara atau dari banyak sumber suara menjadi satu atau dua output suara sehingga menghasilkan suara yang lebih enak untuk didengar telinga. Di pasaran, sudah ada banyak produk mixer yang dapat Anda temukan, dan salah satu yang diklaim berkualitas jempolan adalah Midas M32. Dengan mumpuni, harga peralatan ini memang dapat dikatakan cukup menguras kantong.

Midas M32 (sumber: worthpoint)
Midas M32 (sumber: worthpoint)

Apa Itu Mixer?

Dalam dunia rekaman, dikenal istilah mixing, yakni sebuah proses yang dilakukan seorang engineer untuk menggabungkan semua hasil tracking sehingga menjadi satu kesatuan musik yang enak didengar.[1] Dalam proses mixing ini, setidaknya ada empat langkah yang sering dilakukan, yakni compressing, equalizing, balancing, dan effect.[2]

Bacaan Lainnya

Untuk tujuan tersebut, diperlukan sebuah alat yang dinamakan audio mixer (atau mixer saja). Seperti disinggung di atas, mixer adalah alat yang berfungsi mencampur beberapa sumber suara atau dari banyak sumber suara menjadi satu atau dua output suara sehingga menghasilkan suara enak didengar. Mixer digunakan untuk mencampur suara yang masuk melalui microphone instrumen, vokal, dan perkusi.[3]

Perangkat yang satu ini sudah pasti ada di sebuah studio musik, terutama studio musik yang menawarkan jasa recording. Dalam penggunaan yang lebih profesional, mixer lebih dikenal dengan sebutan professional audio desk mixing console, tetapi tidak sedikit juga yang menyebut piranti ini dengan nama FOH mixer.

Umumnya, mixer memiliki banyak pilihan tombol dan konektor yang masing-masing punya yang berbeda. Pada urutan paling atas, terdapat jack input berupa XLR Female dan TRS (phone jack). XLR ini berfungsi untuk menancapkan jack microphone atau audio input. Sementara itu, pada urutan kedua, adalah gain sensitive, treble (level), middle (level), middle frequency, low frequency, low (level), AUX 1, AUX 2, panpot (balance center), dan volume (level) yang berbentuk ‘potensiometer geser’.

Review Midas M32

Ada banyak varian mixer yang dapat Anda temukan di toko audio atau online shop, dan salah satu yang diklaim menawarkan kualitas oke adalah Midas M32. Ini adalah konsol digital untuk rekaman live maupun di studio yang sudah dilengkapi dengan 40 saluran input, 32 preamplifier mikrofon Midas, dan 25 mix buses.

Untuk menciptakan desain masa depan yang membawa warisan Midas lebih jauh, perusahaan sengaja meminta bantuan Rajesh Kutty, seorang desainer industri terkemuka yang dikenal karena karyanya dengan produsen mobil mewah terkenal seperti Bentley. Kutty membuat letak konsol yang lugas dan logis hingga kegunaan dan ergonomis yang tak tertandingi. Ini adalah karakteristik yang diandalkan oleh para insinyur live sound di seluruh dunia, dan merupakan aspek kunci dari warisan Midas.

Menurut ulasan sejumlah pengguna, Microphone preamplifier dan converter perangkat ini terdengar sangat bersih, detail, dan memiliki ujung atas yang bagus dibandingkan dengan mixer sejenis. Kabar baiknya adalah jika Anda ingin sedikit analog, Anda bisa memasukkan kompresor LA2-A atau efek Fairchild dari sisipan dan Anda juga dapat menambahkan kehalusan pada suaranya.

Satu hal yang disukai pengguna dari mixer ini adalah kontrol khusus untuk microphone pre, gate, compressor, dan EQ. Selain itu, Midas M32 (dan juga varian X32) memiliki fader khusus untuk fader Grup yang beralih ke Bus (banyak yang menyebutnya Aux’s) untuk monitor. Ada juga tombol bisu grup khusus.

Ada dua jack headphone di depan, sambungan lampu yang memiliki kenop cerah, juga beberapa kontrol cepat di sebelah kanan untuk favorit Anda. Anda pun dapat memutakhirkan firmware ke versi terbaru dan menginstal perangkat lunak M32 Edit di komputer. Jika Anda menggunakan Cubase untuk merekam layanan dan driver M32 akan muncul di sistem pengaturan. Mampu merekam 32 saluran ke Cubase adalah suguhan yang nyata.

Midas M32 (sumber: reddit)
Midas M32 (sumber: reddit)

Specs Midas M32

  • Live performance and studio recording digital console with up to 40 simultaneous input channels.
  • 32 award-winning Midas microphone preamplifiers.
  • 25 time-aligned and phase-coherent mix buses.
  • AES50 networking allows up to 96 inputs and 96 outputs.
  • Open architecture allows for future 96 kHz operation.
  • 192 kHz ADC and DAC converters for outstanding audio performance.
  • High-performance carbon fibre, aluminium, and high-impact steel structure.
  • 40 bit floating point digital signal processing.
  • 8 DCA and 6 mute groups.
  • 8 stereo signal processing effects engines.
  • 25 Midas Pro motorized 100 mm faders.
  • Daylight viewable 7 full colour TFT display screen.
  • 32 x 32 channel USB 2.0 audio interface
  • Midas DL32.
  • 32 award-winning Midas Pro microphone preamplifiers with switchable 48 V phantom power.
  • 16 electronically balanced low impedance line level outputs.

Apabila Anda tertarik menggunakan Midas M32 untuk studio recording Anda atau untuk keperluan lainnya, tidak sulit mendapatkan perangkat tersebut. Pasalnya, Midas M32 sudah dijual bebas di pasaran dan dapat Anda beli di berbagai toko alat musik, toko sound system, atau lewat sejumlah online shop. Lalu, berapa harga Midas M32 saat ini?

Harga Midas M32

Varian Midas M32Harga
Midas M32R LiveRp45.000.000 – Rp63.000.000
Midas M32 LiveRp65.000.000 – Rp97.000.000

Harga produk Midas M32 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan musik dan situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga Midas M32 tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.  Apabila harga produk baru Anda rasa masih terlalu mahal, Anda dapat membeli Midas M32 dalam kondisi second atau bekas dengan harga mulai Rp40 jutaan, tergantung kondisi barang.

[1] Arifin, Indra. 2020. The Development of the Home Recording Industry in the City of Padang Panjang. Jurnal Ekspresi Seni, Vol. 22(2): 69-82.

[2] Ibid.

[3] Oskandar, Dahri, Ari Palawi, Nurlaili. 2019. Teknik Suara Musik Garapan Etnik dalam Seremonial Pembukaan PKA 7. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik FKIP Syiah Kuala, Vol. IV(3): 247-260.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *