Update Harga & Cara Cek Rincian Tagihan IndiHome Triple Play

IndiHome Fiber adalah layanan digital yang menggunakan teknologi fiber optik serta menawarkan layanan Triple Play (3P) yang mencakup Internet Rumah (Fixed Broadband Internet), Telepon Rumah (Fixed Phone), dan TV Interaktif (UseeTV). Selain itu, IndiHome Fiber juga menyediakan layanan Dual Play yang terdiri dari Internet Fiber dan Telepon atau Internet Fiber dan TV Interaktif. Anda bisa bebas memilih sendiri jenis layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Indihome Fiber (sumber: cnnindonesia.com)
Indihome Fiber (sumber: cnnindonesia.com)

IndiHome Fiber Triple Play sendiri menawarkan berbagai jenis paket dengan tarif berlangganan mulai dari Rp460 ribu hingga Rp1,75 juta per bulan dengan kecepatan internet berkisar antara 10 Mbps hingga mencapai 100 Mbps. Berikut kami sampaikan informasi terbaru daftar harga paket IndiHome Fiber Triple Play.

Bacaan Lainnya

Harga Paket IndiHome

Jenis Paket Harga (Rp) Keterangan Tambahan
Paket 10 Mbps 435.000 149 Channel
Paket 20 Mbps 555.000 151 Channel
Paket 30 Mbps 735.000 162 Channel
Paket 40 Mbps 930.000 170 Channel
Paket 50 Mbps 1.225.000 199 Channel
Paket 100 Mbps 1.890.000 203 Channel

Di samping itu, IndiHome Fiber juga menyediakan Paket Netizen 1 dengan harga Rp285.000, sudah termasuk internet kecepatan 10 Mbps, telepon lokal 100 menit, dan streaming YouTube. Sementara, untuk Paket Netizen 2, harganya Rp315.000, sudah termasuk internet kecepatan 10 Mbps, telepon lokal 100 menit, streaming YouTube, free modem Wi-Fi dan STB TV, dan UseeTV 84 channel.

Untuk mengecek tagihan internet bulanan, IndiHome menawarkan kemudahan dengan beberapa alternatif cara pengecekan, mulai dari lewat SMS, internet, aplikasi mobile, berkunjung ke kantor Telkom, hingga telepon layanan pelanggan. Dengan adanya layanan pengecekan tagihan IndiHome secara online, Anda kini tak perlu lagi repot-repot datang ke kantor Telkom untuk menanyakan berapa total tagihan bulanan Anda.

Jika dibandingkan dengan layanan Speedy sebelumnya, rincian tagihan yang ditampilkan pada layanan IndiHome Fiber Triple Play jauh lebih ringkas. Namun, biasanya ada sejumlah komponen yang harus Anda bayarkan setiap bulannya, mulai dari biaya sewa STB/Modem, Add On (jika Anda juga berlangganan Add On), biaya IndiHome 3P, PPN, biaya telepon (jika menggunakan telepon), dan biaya meterai sekitar Rp6.000.

Cara Cek Tagihan IndiHome

Ilustrasi: website Indihome (sumber: uzone.id)

Lewat Smartphone

Cara mengecek tagihan IndiHome yang cukup mudah adalah dengan menginstal aplikasi My IndiHome di smartphone Android Anda. Setelah itu, buka aplikasi My IndiHome dan isilah informasi yang diminta dan ikuti instruksi berikutnya. Jika sudah terdaftar, Anda bisa langsung menggunakan fitur ‘Cek Tagihan’ yang ada pada layar aplikasi My IndiHome. Nantinya, akan muncul rincian tagihan Anda mulai dari Nomor Induk Layanan, Nomor Layanan, serta periode bulan tagihan. Anda bahkan bisa melihat berapa rincian tagihan untuk bulan-bulan lalu.

Lewat SMS

Selain lewat aplikasi, Anda juga bisa mengetahui rincian tagihan IndiHome via SMS. Anda cukup mengirim SMS dengan format: eBS<spasi>email<spasi>no. telepon/no. IndiHome, lalu kirim ke 02170757147. Sebagai contoh, ketik: eBS xxx@xxx.com 0211111111. Setelah itu, Anda akan memperoleh SMS balasan yang berisi rincian tagihan IndiHome. Jangan lupa untuk mengecek inbox Anda.

Lewat Website My IndiHome

Jika Anda sering terkoneksi dengan internet dan menggunakan komputer, maka mengecek tagihan langsung lewat situs My IndiHome tentunya akan lebih membantu. Namun sebelumnya, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Biasanya, pada proses verifikasi pendaftaran, Anda harus memasukkan kapan terakhir kali membayar tagihan IndiHome berikut detail tanggal dan jam pembayaran. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu menyimpan bukti pembayaran IndiHome pada bulan sebelumnya.

Lewat My.telkom.co.id

Cara satu ini memang tergolong cara lama. Anda hanya perlu mengakses situs my.telkom.co.id/registration.php untuk melakukan proses registrasi terlebih dahulu. Isi form pendaftaran secara lengkap dan ikuti instruksi hingga proses verifikasi email. Selanjutnya, login ke akun yang Anda buat tersebut melalui my.telkom.co.id/login.php. Laman akan langsung diarahkan ke halaman dashboard akun Telkom. Setelah itu, scroll ke bawah untuk mencari bagian Portofolio Product, klik ‘Show’ pada menu internet.

Pada laman tersebut, akan muncul detail jenis paket yang Anda gunakan serta pilihan untuk melihat tagihan IndiHome. Namun, bila belum muncul, Anda bisa mengklik tombol ‘Tambah Produk’, kemudian isi form sesuai dengan yang diminta. Pada bagian Nomor Produk, isi dengan Nomor IndiHome Anda. Setelah proses verifikasi selesai, menu cek tagihan IndiHome nantinya akan dapat Anda akses. Berikut contoh rincian tagihan IndiHome yang akan muncul saat mengakses My Telkom.

Website Indihome (sumber: kontan.id)

Lewat Telepon 147

147 merupakan nomor telepon layanan pelanggan Telkom. Seperti diketahui, IndiHome termasuk produk dari Telkom dan untuk mengetahui berbagai informasi tentang IndiHome, juga bisa dilakukan melalui telepon ke 147. Jika ingin menghubungi lewat telepon atau kantor, Anda dapat langsung mengakses 147, namun jika dari handphone maka silakan menghubungi 021-147. Saat menelepon layanan pelanggan Telkom, Anda akan mendengarkan langkah-langkah mengenai berbagai layanan Telkom. Ikuti instruksi untuk mengecek tagihan IndiHome Anda.

Lewat Internet Banking

Pada dasarnya, layanan internet banking yang disediakan setiap bank bermanfaat untuk mempermudah Anda saat hendak melakukan pembayaran tagihan. Namun, sebelum membayarnya, Anda bisa sekaligus melihat total tagihan IndiHome bulan ini melalui internet banking. Untuk setiap bank, caranya bisa berbeda-beda. Namun, biasanya Anda hanya perlu mengklik menu ‘Pembayaran Tagihan’ dan kemudian memilih Internet IndiHome pada daftar yang telah disediakan. Selanjutnya, Anda biasanya akan dimintai untuk mengisi nomor billing (nomor IndiHome yang terdaftar), kemudian rincian tagihan akan muncul secara otomatis.

Lewat Kantor Telkom

Jika Anda termasuk orang yang menyukai cara konvensional dan ingin mengetahui informasi yang lebih akurat, Anda bisa langsung datang ke kantor Telkom dan menanyakan jumlah tagihan IndiHome Anda untuk bulan ini. Petugas akan langsung memberikan informasi yang Anda butuhkan. Anda pun dapat sekaligus berkonsultasi jika mengalami pada jaringan internet IndiHome Fiber Anda di rumah.

[Update: Ditta]

Pos terkait