Update Ongkir (Ongkos Kirim) dari Surabaya ke Semarang Berbagai Ekspedisi (Pos, JNE, TIKI, dll)

Anda saat ini sedang ingin mengirimkan paket atau barang dari Surabaya ke Semarang, tetapi masih bingung menentukan akan menggunakan jasa ekspedisi yang mana? Saat ini, ada banyak perusahaan ekspedisi di Indonesia, mulai dari POS, JNE, Wahana, J&T Express, SiCepat Ekspres, TIKI, dan masih banyak lagi. ongkos kirim yang ditawarkan pun bervariasi, biasanya tergantung jarak pengiriman dan berat paket.

Perusahaan ekspedisi memiliki peran penting dalam membantu kelancaran distribusi barang antar daerah. Hanya dengan mengandalkan jasa ekspedisi sebuah perusahaan secara tidak langsung juga berhemat secara finansial. Bisa dibayangkan, barang yang dipesan akan dikirimkan langsung ke alamat konsumen hanya dengan membayar biaya pengiriman yang tidak terlalu mahal. Berikut kami sampaikan informasi mengenai perusahaan ekspedisi yang beroperasi di Indonesia, lengkap dengan ongkir wilayah Surabaya-Semarang.

Pos Indonesia

Ilustrasi: Armada Pengirman Paket Pos Indonesia (credit: artikel.bibit.id)

Ilustrasi: Armada Pengirman Paket Pos Indonesia (credit: artikel.bibit.id)

Ini merupakan sebuah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang jasa pengiriman. Pos Indonesia melayani pengiriman surat, dokumen, paket, bahkan uang. Sebagai perusahaan ekspedisi tertua di Indonesia, Pos Indonesia dapat dipastikan memiliki jaringan terluas yang menjangkau hingga pelosok negeri. Selain itu, Pos Indonesia juga dikenal memiliki harga atau biaya pengiriman yang relatif terjangkau. Karena itu, tidak mengherankan jika Pos Indonesia tetap eksis hingga saat ini meski sudah banyak muncul jasa ekspedisi sejenis dari sektor swasta.

Untuk layanan pengiriman domestik, Pos Indonesia menawarkan 3 jenis paket layanan, yaitu Pos Biasa (Standar), Pos Khusus, dan Pos Express. Nah, bagi Anda yang ingin mengirimkan paket atau barang dari Surabaya menuju Semarang dengan berat paket 1 kg, berikut kisaran ongkos kirim melalui layanan Pos Indonesia.

Tarif Pos Indonesia dari Surabaya ke Semarang

Nama LayananOngkos Kirim (Rp)Estimasi Waktu
Paket Kilat Khusus15.0001 – 2 hari
Express Next Day Barang30.0001 hari

Tarif ongkir Pos Indonesia dari Surabaya ke Semarang terpantau mengalami perubahan hampir setiap tahun. Pada 2019, tercatat biaya ongkir POS dari Surabaya ke Semarang untuk paket kilat khusus dipatok mulai Rp13 ribu, lalu pada 2020 naik sedikit menjadi Rp14 ribu. Bahkan memasuki 2021, tarif tersebut naik kembali mencapai Rp15 ribu per kg.

JNE

Personel JNE (sumber: jne.co.id)

Personel JNE (sumber: jne.co.id)

JNE, atau Jalur Nugraha Ekakurir, merupakan salah satu pemain lama dalam bidang jasa ekspedisi karena sudah eksis sejak tahun 1990 silam. Selain menawarkan pelayanan yang prima, JNE juga memiliki jaringan pengiriman yang luas ke hampir seluruh kota besar di Indonesia. Bahkan, kini titik layanan JNE sudah melebihi 1.000 lokasi dengan jumlah karyawan lebih dari 12.000 orang.

JNE sendiri memiliki beragam layanan pengiriman dengan keunggulan masing-masing. Jika konsumen ingin layanan pengiriman dengan tarif termurah, tersedia paket OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), sedangkan untuk pengiriman lebih cepat namun dengan biaya lebih mahal, ada layanan YES (Yakin Esok Sampai). Nah, berikut kami sampaikan informasi daftar ongkos kirim paket dari Surabaya ke Semarang melalui JNE (berat paket 1 kg).

Tarif JNE dari Surabaya ke Semarang

Nama LayananOngkos Kirim (Rp)Estimasi Waktu
JTR35.000-
JTR 250850.000-
JTR < 150500.000-
JTR > 2501.200.000-
OKE12.0003 – 4 hari
REG15.0002 – 3 hari
SPS315.000-
YES25.0001 hari

Tarif ongkir untuk layanan pengiriman barang di JNE dari Surabaya ke Semarang terbilang tetap dari tahun 2019 dan 2020. Bahkan pada 2021, tarifnya juga belum mengalami perubahan dengan kisaran harga Rp25 ribu per kg.

TIKI

Armada TIKI

Armada TIKI

TIKI atau Titipan Kilat juga merupakan salah perintis usaha dan pioner yang sangat berpengalaman di bidang pengiriman barang. Hal ini dibuktikan dengan tersebarnya cabang perusahaan tersebut di lebih dari 500 titik di seluruh Indonesia. Saat ini, ekspedisi tersebut menyediakan beragam paket pengiriman barang, seperti SDS (Same Day Services), ONS (Over Night Services), TDS (Two Days Services), HDS (Holiday Delivery Services), REG (Regular), dan ECO (Economy).

Untuk mengetahui besaran tarif ekspedisi TIKI, Anda bisa mengunjungi website TIKI dan mengecek langsung tarif di situs tersebut. Anda tinggal mengisi kolom asal kiriman, tujuan kiriman, berat kiriman, serta panjang, lebar, dan tinggi kiriman. Berikut kami informasikan ongkos kirim TIKI dari Surabaya ke Semarang (berat 1 kg).

Tarif TIKI dari Surabaya ke Semarang

Nama LayananOngkos Kirim (Rp)Estimasi Waktu
ECO7.0004 hari
REG9.0003 hari
ONS17.0001 hari
HDS33.0001 hari
TRC48.0004 hari
SDS167.000-

Tak jauh berbeda dengan layanan pengiriman JNE dari Surabaya ke Semarang, tahun 2021 ini tarif ongkir TIKI tidak mengalami perubahan harga jika dibandingkan tahun 2019 dan 2020.

Wahana Prestasi Logistik

Armada Wahana Express (sumber: cepatlakoo.com)

Armada Wahana Express (sumber: cepatlakoo.com)

Wahana Prestasi Logistik adalah salah satu perusahaan ekspedisi terkemuka di Indonesia yang memiliki servis meliputi transportasi udara, , dan udara, serta jasa pergudangan. Keunggulan Wahana Logistik adalah ketepatan waktu, kecepatan, keandalan, dan keamanan sehingga dapat memenuhi harapan konsumen. Wahana Logistik sendiri memiliki beberapa layanan jasa kurir dan logistik, di antaranya layanan normal, prioritas, dan khusus. 

Tarif Wahana dari Surabaya ke Semarang

Sama seperti jasa ekspedisi sebelumnya, untuk ongkos kirim menggunakan layanan ini, tergantung dari asal dan alamat tujuan, serta berat dan ukuran kiriman. Untuk pengiriman paket Wahana Logistik dari Surabaya ke Semarang dengan berat 1 kg pada 2021, dilayani melalui layanan Normal dengan ongkos kirim Rp6.000 dan estimasi waktu pengiriman 3 hari. Tarif tersebut terbilang tetap dari tahun 2019 dan 2020.

J&T Express

J&T Express (sumber: wartaekonomi.co.id)

J&T Express (sumber: wartaekonomi.co.id)

J&T Express merupakan layanan pengiriman paket dan barang yang berbasis di Jakarta. Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh layanan ini, di antaranya layanan jemput paket di tempat (tanpa biaya tambahan, tanpa minimal berat, dan tanpa jumlah paket), bisa mengecek tarif melalui website maupun aplikasi, dan tersedia fasilitas trace & tracking untuk melacak keberadaan paket pada proses pengiriman.

Tarif J&T Express dari Surabaya ke Semarang

Untuk mengetahui besaran ongkos kirim melalui layanan ini, Anda bisa membuka di situs resminya. Lalu, Anda mengisi alamat asal pengiriman, tujuan pengiriman, berat paket, dan juga ukuran dimensi paket (tidak terlalu diwajibkan). Nah, untuk pengiriman paket dari Surabaya menuju Semarang pada 2021 dengan berat 1 kg, dikenakan ongkos kirim Rp16.000 untuk layanan EZ. Tarif ini tidak mengalami perubahan dari tahun 2019 dan 2020 lalu.

SiCepat Ekspres

Sicepat Ekspres (sumber: techinasia.com)

Sicepat Ekspres (sumber: techinasia.com)

Di luar nama-nama di atas, ada satu layanan ekspedisi yang bisa dibilang kekinian, yaitu SiCepat Ekspres. Kenapa dibilang kekinian, pasalnya perusahaan ini menyediakan layanan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman, terutama perkembangan teknologi digital, guna menjamin kepuasan para pelanggan.

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan layanan ini kepada para pelanggan. Selain menyediakan pick-up delivery tanpa biaya tambahan, SiCepat Ekspres juga akan mengirimkan nomor resi melalui SMS langsung ke penerima paket. Di samping itu, berat barang ditimbang dengan akurat dengan timbangan digital, serta ada layanan ganti rugi barang maksimal Rp500.000 untuk berat 1 kg.

Untuk tarif atau ongkos kirim paket, tarif layanan SiCepat Ekspres juga tergantung kota asal, alamat tujuan, dan juga tipe paket pengiriman. Berikut tarif layanan pengiriman SiCepat Ekspres dari Surabaya menuju Semarang dengan berat paket 1 kg.

Tarif SiCepat Ekspres dari Surabaya ke Semarang

Nama LayananOngkos Kirim (Rp) per KgEstimasi Waktu
Cargo (min. 5 kg)35.0002 – 4 hari
REG15.0002 – 3 hari

Ongkir SiCepat Ekspres dari Surabaya ke Semarang rupanya mengalami perubahan hampir setiap tahun. Tercatat pada 2019, layanan Cargo dari Surabaya ke Semarang dikenakan tarif Rp10.500 dan untuk layanan reguler sebesar Rp15 ribu. Tarif ongkir tersebut naik pada 2020 menjadi Rp13 ribu untuk layanan cargo dan Rp17 ribu untuk layanan reguler. Memasuki 2021, kedua layanan tersebut mengalami perubahan ongkir yang tarifnya dapat dilihat pada tabel di atas.

Daftar ongkos kirim atau tarif pengiriman paket atau barang dari Surabaya ke Semarang di atas kami rangkum langsung dari situs resmi perusahaan. Tarif di atas bisa berubah sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Tarif (Ongkir) First Logistic ke Seluruh Indonesia
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Ongkir (Ongkos Kirim) dari Surabaya ke Semarang Berbagai Ekspedisi (Pos, JNE, TIKI, dll)"