Pendaftaran dan Biaya UNPAD (Universitas Padjadjaran) TA 2022/2023

Universitas Padjadjaran atau UNPAD merupakan sebuah perguruan negeri yang dibangun di sejak tahun 1957 silam. Ketika awal didirikan, UNPAD hanya mempunyai 4 fakultas, tetapi saat ini sudah berkembang menjadi 16 fakultas dan Program Pascasarjana. Seperti perguruan tinggi negeri lainnya, biaya pendidikan di UNPAD saat ini pun sudah menganut sistem UKT alias Uang Kuliah Tunggal.

Kampus Unpad (sumber: pendidikanmaju.com)
Kampus Unpad (sumber: pendidikanmaju.com)

Untuk tahun akademik 2022/2023, besaran UKT UNPAD disebut-sebut sama seperti tahun ajaran sebelumnya. Besaran UKT diberlakukan sama untuk baru dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri. Sementara itu, peserta Bidikmisi atau beasiswa pemerintah bagi mahasiswa tidak mampu, tidak dikenai UKT. Pembayaran UKT dapat dilakukan melalui perbankan mitra. Berikut kami sajikan biaya pendidikan di UNPAD yang terdiri dari biaya kuliah tunggal dan uang kuliah tunggal (dalam rupiah).

Bacaan Lainnya
Baca juga  Biaya Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri) TA 2022/2023

Biaya UNPAD TA 2022/2023 (SNMPTN dan SBMPTN)

Syarat Pendaftaran UNPAD

  • Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi.
  • Mengikuti seleksi ujian masuk UNPAD, baik melalui SNMPTN, SBMPTN, maupun SMUP.
  • baru jalur SNMPTN tidak dikenakan biaya pendaftaran, jalur SBMPTN (UTBK) dikenakan biaya pendaftaran Rp200.000 (Saintek atau Soshum), sedangkan Campuran Rp300.000, sedangkan melalui jalur SMUP dikenakan biaya registrasi mulai Rp100.000 hingga Rp200.000.
  • Melakukan pendaftaran secara online.
  • Menyertakan -berkas atau dokumen yang diperlukan, seperti fotokopi ijazah terakhir, fotokopi rapor terakhir, fotokopi KTP atau identitas diri, fotokopi Akta Kelahiran, fotokopi Kartu Keluarga, pasfoto terbaru, dan lain-lain.

    Mahasiswa Universitas Padjajaran/UNPAD (sumber: unpad.ac.id)
    Universitas Padjajaran/UNPAD (sumber: unpad.ac.id)

Jadwal Pendaftaran UNPAD TA 2022/2023

Jalur Pendaftaran Jadwal Pendaftaran
SNMPTN 14 โ€“ 28 Februari 2022
SBMPTN 23 Maretย  Q 15 April 2022
SMUP (Jalur Mandiri) Batas Akhir 27 Juni 2022

Informasi seluruh biaya dan jadwal pendaftaran UNPAD di atas kami rangkum dari website resmi universitas yang bersangkutan. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi UNPAD Kampus Jatinangor di Jalan Raya -Sumedang KM 21, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Selain itu dapat menghubungi kontak Helpdesk di resminya.

[Update: Panca]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 Komentar

  1. maaf nanya ni…, UKT menjadi 5 kategori, itu di bagi berdasarkan apa atau memang bisa di pilih berdasarkan kemampuan….????

    terima kasih… ๐Ÿ™‚

    1. Penentuan besaran itu berdasarkan tingkat kemampuan ekonominya. Tapi, hasil dan verifikasinya berdasarkan hasil survey dari tim PTN yang bersangkutan ๐Ÿ™‚