Update Biaya Kuliah di UNPAD (Universitas Padjadjaran)

2 comments47085 views

Universitas Padjadjaran atau biasa disingkat dengan UNPAD merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terkenal di Indonesia. Perguruan tinggi yang berlokasi di ini sejak tahun 2014 lalu telah berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dari Badan Layanan Umum (BLU).

Gedung rektorat Universitas Padjajaran/UNPAD (sumber: galamedianews.com)

Gedung rektorat Universitas Padjajaran/UNPAD (sumber: galamedianews.com)

Untuk mendaftar di UNPAD, Anda tidak dikenai biaya apapun, alias gratis. Sedangkan untuk biaya di UNPAD dikenai Uang Tunggal (UKT) yang ditentukan berdasar kemampuan calon .

Biaya Kuliah UNPAD

Sama seperti perguruan tinggi negeri lainnya, biaya di UNPAD saat ini sudah menganut Uang Kuliah Tunggal (UKT). Tahun ini besaran UKT UNPAD disebut-sebut sama seperti sebelumnya. Besaran UKT diberlakukan sama untuk mahasiswa baru dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri. Adapun peserta Bidikmisi atau beasiswa pemerintah bagi mahasiswa tidak mampu tidak dikenai UKT.

Pada 2020 ini, Unpad mengalokasikan 20 persen daya tampung untuk SNMPTN, 40 persen untuk SBMPTN, dan 40 persen untuk Seleksi Mandiri UNPAD. Daya tampung tersebut berbeda dari tahun 2019 lalu sebesar 25 persen daya tampung untuk peserta yang lolos SNMPTN, 50 persen dari jalur SBMPTN, dan 25 persen dari jalur seleksi mandiri. Khusus untuk jalur mandiri nantinya peserta yang lolos akan diminta dana pengembangan, variasinya dari Rp15 juta hingga Rp250 juta. Pembayaran UKT dapat dilakukan melalui perbankan mitra. Berikut kami sajikan biaya pendidikan di UNPAD yang terdiri dari biaya kuliah tunggal dan uang kuliah tunggal (dalam rupiah).

Besaran biaya kuliah atau UKT di UNPAD masih belum banyak mengalami perubahan dari tahun ajaran yang lalu.

Wisuda mahasiswa/mahasiswi Universitas Padjajaran/UNPAD (sumber: galamedianews.com)

Wisuda mahasiswa/mahasiswi Universitas Padjajaran/UNPAD (sumber: galamedianews.com)

Pendaftaran UNPAD

Untuk bisa melanjutkan ke UNPAD, calon mahasiswa wajib memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut.

  • Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi.
  • Mengikuti seleksi ujian masuk UNPAD, baik melalui SNMPTN, SBMPTN, maupun SMUP.
  • Mahasiswa baru jalur SNMPTN tidak dikenakan biaya pendaftaran, jalur SBMPTN (UTBK) dikenakan biaya pendaftaran Rp200.000 (Saintek atau Soshum), sedangkan Campuran Rp300.000, sedangkan melalui jalur SMUP dikenakan biaya registrasi yang akan diumumkan kemudian.
  • Melakukan pendaftaran secara online melalui situs ujian.sbmptn.or.id.
  • Menyertakan berkas-berkas atau dokumen yang diperlukan, seperti fotokopi ijazah terakhir, fotokopi rapor terakhir, fotokopi KTP atau identitas diri, fotokopi Akta Kelahiran, fotokopi Kartu Keluarga, pasfoto terbaru, dan lain-lain.

Jadwal Pendaftaran dan Informasi Kontak UNPAD

Untuk tahun ajaran 2020/2021 ini, Universitas Padjadjaran membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui beberapa jalur, yaitu jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan jalur SMUP. Berikut jadwal penerimaan mahasiswa baru di universitas ini.

Jalur SeleksiJadwal
SNMPTNPengisian dan verifikasi PDSS : 15 Januari – 15 Februari 2020
Pendaftaran : 14 – 27 Februari 2020
Pengumuman : 8 April 2020
SBMPTNPendaftaran : 2 – 13 Juni 2020
Pengumuman : 30 Juni 2020
SMUPDiumumkan kemudian

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mendatangi UNPAD di alamat Jalan Raya Bandung-Sumedang KM 21, Jatinangor, atau menghubungi telepon di nomor (022) 84288819, 84288828, dan email di alamat [email protected]

[Update: Dian]

Baca juga  Update Biaya Kuliah di UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    sharol5 tahun ago

    maaf nanya ni…, UKT menjadi 5 kategori, itu di bagi berdasarkan apa atau memang bisa di pilih berdasarkan kemampuan….????

    terima kasih… 🙂

    Reply
    • author

      redaktur5 tahun ago

      Penentuan besaran itu berdasarkan tingkat kemampuan ekonominya. Tapi, hasil dan verifikasinya berdasarkan hasil survey dari tim PTN yang bersangkutan 🙂

Leave a reply "Update Biaya Kuliah di UNPAD (Universitas Padjadjaran)"