Info Harga Berbagai Merk Oil Pastel yang Bagus

Mewarnai gambar dengan oil pastel memang sangat menyenangkan. Selain menghasilkan warna-warna yang jelas, mewarnai dengan oil pastel juga cukup mudah untuk dibaurkan. Oleh sebab itu, sampai sekarang masih banyak yang mencari merk oil pastel yang bagus untuk menggambar atau mewarnai. Namun, harga oil pastel yang bagus biasanya sebanding dengan kualitasnya.

Oil pastel (sumber: portalbaraya.com)
Oil pastel (sumber: portalbaraya.com)

Tentang Oil Pastel

Sekitar tahun 1903, crayon untuk pertama kali ditemukan. Crayon ini dibuat dari campuran kapur dan minyak. Penemunya adalah Edwin Binney dan sepupunya, Harold Smith, yang berasal dari Easton, Pennsylvania, Amerika. Karena terbuat dari campuran kapur dan minyak, Alice Binney ( Edwin) menamakannya crayon. Nama ini diambil dari bahasa Prancis, yaitu craie (artinya kapur) dan oleaginous (artinya minyak).

Bacaan Lainnya

Dalam perkembangannya, crayon tidak lagi dibuat dari kapur dan minyak. Bahan tersebut digantikan oleh minyak (oil), lilin (wax), dan bubuk pewarna yang mampu menghasilkan batangan yang lebih kokoh dan mudah dipegang. Crayon yang terbuat dari campuran dan bubuk pewarna dikenal dengan wax crayon. Kedua jenis crayon ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Oil pastel sifatnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu licin, sedangkan wax mempunyai karakter yang keras dan licin.

Meskipun oil pastel dan wax sangat dikenal oleh -anak, ternyata menggunakannya tidak mudah. Bahkan orang dewasa pun merasa kesulitan menggunakannya. Untuk itu pada awal tahun 2002, sebuah perusahaan crayon mencoba membuat gabungan oil dan wax. Ketika dicoba, merasa lebih gampang menggunakannya, bahkan pemula pun bisa menghasilkan karya yang bagus dengan crayon ini. Kelebihannya adalah lebih halus, warna lebih cerah, dan tidak banyak menyisakan ampas yang sering membuat gambar menjadi kotor.[1]

Kelebihan Oil Pastel

  • Oil pastel mempunyai tekstur yang lembut dan berminyak, sehingga diklaim dapat menghasilkan gambar yang lebih baik, lebih halus, dan mudah menempel pada bidang kertas yang digunakan.
  • Warna yang dihasilkan oleh oil pastel biasanya lebih terang dan cerah dibandingkan krayon biasa.
  • Oil pastel dapat diaplikasikan pada berbagai macam media, seperti kertas, kayu, batu, kaca, logam, hingga kanvas.

Nah, bagi Anda yang sedang kebingungan mencari oil pastel mana yang bagus untuk menggambar maupun mewarnai, berikut kami rangkum rekomendasi beberapa merk oil pastel yang bagus di pasaran.

Merk Oil Pastel yang Bagus

Crayon Grasp (sumber: bukalapak)

Pentel Oil Pastels

Produk dari brand Pentel memang terkenal akan kualitasnya. Pentel menawarkan beragam warna yang lengkap. Warna yang dihasilkan dari oil pastel Pentel pun tergolong cerah, sehingga bisa dipakai untuk berbagai teknik mewarna. Pentel Oil Pastel Regular Stick mempunyai bentuk yang ramping, sehingga cocok untuk Anda yang ingin mewarnai detail-detail kecil.

Faber-Castell Hexagonal Oil Pastel

lain yang tak kalah terkenal dari Pentel adalah Faber-Castel. Merk asal Jerman ini juga menyediakan produk oil pastel dengan pilihan warna yang begitu beragam. Bentuk oil pastel-nya yang berupa heksagon diklaim cocok dan nyaman untuk digenggam karena tidak mudah slip. Produk ini pun kabarnya aman untuk karena tak akan membuat baju atau tangan menjadi kotor.

Joyko Artists Oil Pastel

Jika mencari oil pastel dengan warna yang cukup lengkap dan harga terjangkau, maka oil pastel dari brand Joyko bisa jadi pilihan. Produk ini disebut cocok untuk dan pemula, lantaran bebas racun serta mudah untuk diaplikasikan.

TiTi Oil Pastel

Apabila Anda sedang mencari oil pastel dengan warna-warna yang unik seperti emas atau silver (perak), tak ada salahnya melirik produk oil pastel merk TiTi. Brand satu ini menyediakan warna yang cukup jarang ditemui, seperti emas, silver, hingga warna-warna neon yang menarik.

Giotto Oil Pastel

Untuk kalangan profesional mungkin sudah tak asing dengan brand ini. Giotto juga menyediakan warna oil pastel yang lengkap, termasuk warna metalik dan neon. Sayangnya, harga produk oil pastel Giotto jauh lebih mahal dari Joyko. Namun, dalam satu oil pastel Giotto biasanya sudah termasuk beberapa kelengkapan seperti pengerik, pensil kaca, hingga pelindung stik oil pastel.

Harga Oil Pastel yang Bagus

Oil pastel (sumber: gathered.how)
Merk Oil Pastel Kisaran Harga (Rp)
TiTi Neon & Metallic Oil Pastel 18.900
JoykoArtists Oil Pastel 23.400
Pentel Oil Pastel Stick PHN 25 44.500
Faber-Castell Hexagonal Oil Pastel 60 124.000
Giotto Oil Pastel PP Case 82 Colors 377.300

Informasi harga berbagai merk oil pastel yang bagus di atas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

[1] Yahya, D. 2007. Mudah Mewarnai dengan Crayon untuk Anak. Jakarta: Kawan Pustaka, hlm 1.

Pos terkait