Harga Jok Recaro Original (Berbagai Varian)

Bagi mereka yang suka memodifikasi mobil, pasti sudah tidak asing lagi dengan Recaro. Ini adalah salah satu merk jok aftermarket populer yang sering diburu car enthusiast, termasuk di Indonesia karena menawarkan kesan mewah sekaligus sporty. Menawarkan varian yang beragam, harga jok Recaro yang asli memang tidak bisa dikatakan , bisa mencapai angka puluhan juta rupiah.

Jok Recaro original (sumber: recaro.com)
Jok Recaro original (sumber: recaro.com)

Seperti diketahui, di sekarang, mobil tidak cuma sebagai moda transportasi. Mobil juga sering dipandang sebagai alat pengukur status sosial.[1] Tingkat kemapanan seseorang dapat diukur dari mobil apa yang mereka miliki. Karena itu, tidak heran jika kemudian banyak yang berlomba-lomba membeli mobil yang mahal. Namun, tidak sedikit yang memilih memodifikasi kendaraan mereka agar tampil lebih keren.

Bacaan Lainnya

Modifikasi adalah mengubah barang yang kurang menarik menjadi lebih menarik, tanpa menghilangkan fungsi aslinya, namun menampilkan bentuk yang lebih dari aslinya.[2] Dalam kasus modifikasi mobil, ada banyak komponen yang dapat diubah. Untuk , Anda dapat mengganti cat atau warna bodi, velg, atau knalpot. Sementara itu, untuk , bagian yang sering dimodifikasi adalah jok.

Di pasaran dalam negeri, sudah tersedia sejumlah merk jok aftermarket yang dapat dipakai untuk kebutuhan modifikasi, dan salah satu yang sering diburu adalah Recaro. Eksis sekitar dekade 1960-an, definisi kenyamanan sebuah jok mobil bisa diciptakan Recaro karena produsen bukan hanya mendesain kursi untuk diletakkan di kabin mobil, tetapi melakukan riset yang lebih kompleks. Saat mendesain jok untuk mobil, Recaro memperhatikan pula sisi ergonomi, biomekanik, sampai pengaruh kesehatan untuk setiap orang yang akan menggunakannya.

Sudah ada berbagai varian jok yang dirilis Recaro ke pasaran global. Beberapa model yang cukup terkenal adalah Recaro LX yang dikatakan sebagai model paling laris di Indonesia, Recaro SR7 yang yang menggunakan pelapis fabric tetapi tetap nyaman, dan Recaro Sportster yang termasuk kelas premium. Lalu, berapa harga jok Recaro saat ini?

Harga Jok Recaro

Varian Jok Recaro Harga
Recaro Pro Racer ORV Series Seat USD 245 – USD 1.945
Recaro Specialist Series Seat USD 945 – USD 2.006
Recaro Speed Series Seat USD 1.045 – USD 1.486,80
Recaro Expert Series Seat USD 1.045 – USD 1.770
Recaro Sportster GT Series Seat USD 1.345 – USD 1.945
Recaro Speed Series Seat wit Thigh Bolsters Black Avus USD 1.392,40
Recaro Pole Position N.G. Seat Black Velour USD 1.392,40
Recaro Expert M Series Seat Black Nardo USD 1.392,40
Recaro Expert S Series Seat Black Leather USD 1.392,40
Recaro Sportster GT Series Driver Side Cloud Gray Vinyl USD 1.445
Recaro Sportster GT Series Driver Side Red Vinyl USD 1.445
Recaro Sportster GT Series Passenger Side Red Vinyl USD 1.445
Recaro Sportster GT Series Passenger Side Seat Cloud Gray Vinyl USD 1.445
Recaro Pole Position N.G. Seat Red Jersey USD 1.486,80
Recaro Expert M Series Seat Black Leather USD 1.486,80
Recaro Cross Sportster ORV Series Seat USD 1.545
Recaro Pole Position N. G. Seat Black Leather USD 1.722,80
Recaoro GT Series Driver Side Seat Black Leather USD 1.745
Recaro Sportster GT Series Passenger Side Seat Black Leather USD 1.745
Recaro Classic Pole Position ABE GFRP Sport Seat USD 2.145
Recaro Classic LX Black Sport Seat USD 2.345

Daftar harga jok Recaro di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk penyedia jok di pasaran global, dan belum termasuk ongkos kirim. Saat artikel ini ditulis, kurs 1 USD setara dengan Rp15.600. Jadi, Anda tinggal mengalikan harga di atas untuk mengetahui harga jok Recaro di pasaran global. Untuk model atau tipe lainnya, Anda dapat mengunjungi sejumlah penyedia tempat duduk mobil.

Jok mobil Recaro (sumber: labelians.fr)
Jok mobil Recaro (sumber: labelians.fr)

Harga Jok Recaro di Indonesia

Varian Jok Recaro Harga
Recaro SR7 Rp5.600.000
Recaro LX Lemans Slider Like Rp6.000.000
Recaro Young Sport Car Seat Rp6.660.000 – Rp7.546.500
Recaro SR3 Rp15.870.000 – Rp20.700.000
Recaro LX Spectrum Fishnet Rp21.420.000 – Rp26.460.000
Recaro SR11 Rp31.500.000 – Rp42.780.000

Informasi harga jok Recaro di atas kami kutip dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Produk yang tercantum pada tabel tersebut diklaim sebagai produk original. Perlu Anda catat bahwa harga jok Recaro tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harganya bisa saja berbeda di masing-masing penjual.

Tips Membedakan Jok Recaro Asli dan Palsu

  • Jok Recaro yang asli model non-electric biasanya menggunakan knop reclining model putar, bahkan untuk varian dengan harga paling mahal sekalipun. Memang ada yang sistemnya engkol, tetapi kebanyakan bawaan mobil, bukan yang aftermarket.
  • Bentuk fisik jok Recaro yang original umumnya memiliki moulding cetak jok yang beraneka ragam untuk memenuhi berbagai kebutuhan ukuran tubuh manusia.
  • Bagian bawah jok Recaro yang asli sudah tidak memakai alas busa model kawat, melainkan model terpal atau weber.
  • Membedakan jok Recaro yang asli dan palsu juga dapat dilihat dari cetakan tulisan brand pada jok tersebut. Untuk jok yang asli, biasanya memiliki cetakan tulisan di bagian cover knop reclining atau di bagian two-doors.

Sebagai merk yang sangat terkenal, Recaro memang rawan terkena pembajakan. Jadi, Anda harus hati-hati atau teliti sebelum membeli jok buatan Recaro. Jangan mudah tergiur dengan jok Recaro yang ditawarkan dengan harga murah karena bisa jadi produk tersebut bukan merupakan produk original alias KW atau palsu.

[1] Chaning, Jonathan, Aristarchus P. K., Margana. 2013. Perancangan Buku Mobil Modifikasi dengan Pendekatan Fotografi Studio. Jurnal DKV Adiwarna, Vol. 1(2): 1-11.

[2] Ibid.

Pos terkait