Update Harga Matras Yoga Miniso dan Berbagai Merk Lainnya

Untuk mendapatkan tubuh yang selalu sehat, salah satu yang hal yang harus rutin dilakukan adalah berolahraga. Ada banyak yang dapat Anda lakukan di rumah atau tempat gym. Nah, olahraga yang sekarang tengah menjadi tren, termasuk di kalangan selebriti, adalah yoga. Layaknya olahraga pada umumnya, untuk melakukan yoga, diperlukan beberapa peralatan, salah satunya matras. Untungnya, saat ini sudah banyak toko yang menjual matras khusus yoga dengan harga bervariasi, termasuk Miniso.

Matras yoga (unsplash: Nature Zen)
Matras yoga (unsplash: Nature Zen)

Apa Itu Yoga?

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yoga karena ini memang tengah naik daun. Istilah yoga sendiri berasal dari bahasa Sanskerta, Yuj dan Yoking, yang bermakna penyatuan secara harmonis dari yang terpisah.[1][2] Maksud dari penyatuan secara harmonis tersebut adalah proses menyatukan antara tubuh, pikiran-perasaan, dan aspek spiritual dalam diri manusia.[3]

Bacaan Lainnya

Terdapat dua pandangan yang membahas tentang konsep latihan yoga. Pandangan yoga klasik fokus pada aktivitas yang mengembangkan insight untuk memahami kebenaran mengenai diri manusia, sedangkan pandangan hatha yoga fokus pada aktivitas yang mengembangkan kesehatan fisik dan psikologis.[4] Untuk mendapatkan hasil maksimal secara fisik, psikologis, dan spiritual, orang yang melakukan yoga dianjurkan untuk berlatih dengan dua konsep tersebut.

Walau banyak yang menyebut yoga sebagai bagian dari agama, yoga ternyata bukan latihan yang terkait dengan agama tertentu. Ini dapat diartikan bahwa setiap orang sesungguhnya bisa melakukan yoga, mulai anak-anak hingga lanjut usia. Setiap orang melakukan yoga karena sesuai dengan tujuan yoga, yakni mendapatkan kebahagiaan yang sebenarnya dapat diperoleh melalui proses kesadaran terhadap diri.[5]

Manfaat Yoga

Ada banyak yang dapat diperoleh jika Anda rutin melakukan yoga. Untuk fisik, yoga diklaim dapat membantu proses pernapasan dan menurunkan detak jantung serta meningkatkan kekuatan, stabilitas, dan keseimbangan tubuh.[6] Selain itu, yoga juga disebut-sebut dapat meningkatkan massa otot dan memperbaiki postur tubuh serta menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian menyebutkan, aktivitas senam jantung, yoga, serta modifikasi senam jantung dan yoga dikatakan dapat memberikan efek terhadap penurunan kadar kolesterol serum yang lebih besar dibandingkan dengan aktivitas tunggal senam jantung atau yoga saja.[7] Sementara, studi yang lain mengatakan, senam yoga dapat menurunkan tingkat stres pada remaja dalam persiapan menghadapi ujian nasional.[8]

Matras Yoga (sumber: treehugger.com)

Fungsi Matras Yoga

Nah, apabila Anda juga tertarik melakukan yoga, hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah matras khusus yoga. Seperti dalam lain semisal karate atau senam, matras digunakan terutama untuk mengurangi risiko tangan dan kaki tergelincir ketika Anda melakukan yoga. Dengan kata lain, matras ini dibuat untuk melindungi kesehatan tubuh, khususnya tangan dan kaki.

Sebenarnya, ada banyak matras yoga yang telah beredar di pasaran. Namun, sebagai pemula, Anda dapat memilih matras berukuran 170 x 60 cm. Jika ingin matras mudah dibawa, Anda bisa memilih yang berukuran kompak dan bisa dilipat. Sementara, apabila Anda kebetulan berbadan besar atau ingin melakukan yoga dinamis dengan gerakan intens, bisa menggunakan matras berukuran besar, dengan panjang 180 cm ke atas.

Bahan matras juga perlu diperhatikan. Matras dengan bahan PVC merupakan matras yang tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan, serta punya harga terjangkau. Sementara itu, matras berbahan TPE (thermoplastic elastomer) adalah tipe yang ramah lingkungan, aman digunakan, tahan air, dan hampir tidak berbau. Adapun matras dari karet alami umumnya punya daya dan kestabilan yang tinggi, kokoh, serta tidak mudah bergeser.

Saat ini, tidak sulit mendapatkan matras untuk latihan yoga. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko peralatan atau lewat berbagai situs jual beli online. Harga yang ditawarkan bervariasi, biasanya tergantung merk, jenis bahan, dan ukuran matras. Sebagai referensi, berikut kisaran harga matras yoga di pasaran dalam negeri.

Kelompok yoga (unsplash: Jose Vazquez)

Harga Matras Yoga Miniso dan Merk Lainnya

Merek/Tipe Matras Yoga 4 Harga
Matras Yoga No-Merk Rp55.000
Ovicx Xqiao Matras Yoga 8mm Rp85.000
Yesoul Matras Yoga 5mm Rp89.000
Tebel Matras Yoga 10mm Rp90.000
Miniso Matras Yoga 3mm Rp100.000
Miniso Matras Yoga 5mm Rp129.000
Flexfit Matras Yoga 6mm Rp139.000
Happyfit Matras Yoga 6mm Rp150.000
Fits Matras Yoga 8mm Rp162.000
Fiesta Matras Yoga 8mm Rp192.000
Kettler Matras Yoga 5mm Rp212.500
Speeds Matras Yoga 10mm Rp236.000
Happyfit Matras Yoga Eco Friendly 6mm Rp300.000
Berwyn Matras Yoga 4mm Rp355.000
Adidas Matras Yoga 8mm Rp481.000
Nike Fundamental Matras Yoga 3mm Rp572.000
Reebok Matras Yoga Studio Rp666.000
Align Matras Yoga 2,5mm Rp800.000
Reebok Matras Yoga 4mm Rp901.000
Lululemon Matras Yoga 3mm Rp1.409.000
Reebok Matras Yoga Elite Rp1.502.000
The Republic of Svarga Ekata Rubber Matras Yoga 5mm Rp1.510.000
Manduka Ecolite 4mm Rp1.560.000
Manduka Pro Long Rp1.890.000
Jade Matras Yoga Harmony 5mm Rp1.901.000

Harga matras yoga di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko peralatan dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga matras yoga tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan tahun 2021, harga matras yoga merk Miniso dan lainnya mengalami kenaikan di tahun 2022. Sebagai contoh, Miniso Matras Yoga 3mm yang dibanderol Rp89.900 tahun 2021, naik menjadi Rp100.000 tahun 2022. Untuk merk atau tipe matras yoga lainnya, Anda dapat datang langsung ke terdekat di daerah Anda.

[Update: Almas]

[1] Sindhu, P. 2007. Hidup Sehat dan Seimbang dengan Yoga. Bandung: Qanita.

[2] Stiles, M. 2002. Structural Yoga Therapy: Adapting to The Individual. New Delhi: Goodwill Publishing House.

[3] Ibid.

[4] Ibid.

[5] Kinasih, Arum Sukma. 2010. Pengaruh Latihan Yoga terhadap Peningkatan Kualitas Hidup. Buletin Psikologi Fakultas Psikologi UGM, Vol. 18(1): 1-12.

[6] Ibid.

[7] Werdani, Yesiana Dwi Wahyu. 2014. Pengaruh Modifikasi Senam Jantung + Yoga terhadap Kadar Serum Kolesterol Penderita Hipertensi Stadium I. Jurnal Ners Lentera, Vol. 2: 1-6.

[8] Aini, Faridah, Luh Putu Dietha Septi Dyah K. D., Dwi Novitasari. 2016. Pengaruh Senam Yoga terhadap Tingkat Stres pada Remaja dalam Persiapan Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol. IX(2).

Pos terkait