Info Terbaru Trayek dan Tarif Bus Mayasari Bakti

Meskipun kredit untuk kendaraan bermotor kini semakin murah dan mudah, banyak yang lebih suka naik transportasi umum seperti bus kota, termasuk di kawasan Jakarta. Dari sekian banyak perusahaan penyedia jasa bus di terbesar di Indonesia tersebut, bus Mayasari Bakti menjadi salah satu bus yang paling dikenal masyarakat, salah satunya karena punya tarif yang terjangkau.

Bus Mayasari Bakti (foto: Potograper Perbusan Djakarta)
Bus Mayasari Bakti (foto: Potograper Perbusan Djakarta)

Mayasari Bakti merupakan perusahaan jasa transportasi yang beroperasi di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau biasa disingkat Jabodetabek. Sejak dibangun tahun 1964 silam, bus tersebut dikatakan telah berhasil menjadi salah satu penyedia jasa layanan bus dengan trayek atau jurusan terbanyak.

Bacaan Lainnya

Kemudian, sejak April 2016 lalu, bus Mayasari Bakti tergabung dalam manajemen PT TransJakarta dan menjadi salah satu operator bus TransJakarta yang mematok tarif per kilometer. Untuk TransJakarta, bus Mayasari Bakti beroperasi di Koridor 2, 2A, 3, 5E, 9, 9A, dan 10. Divisi busway ini punya dua pool, yang berada di Cijantung dan Klender, dengan 279 unit dari merk Scania dan Mercedes-Benz.

Memang, untuk divisi reguler, yang melayani trayek-trayek umum, masih tetap beroperasi. Namun, karena pasar bus saat ini seperti mati suri, perusahaan berencana untuk mengubah semua armada mereka agar berada di bawah naungan PT TransJakarta yang dinilai memiliki manajemen yang lebih baik.

Paling baru, pada Juni 2022, PT Mayasari Bakti mengoperasikan 30 unit bus listrik dari BYD untuk TransJakarta. Diluncurkan sebagai komitmen perusahaan mengimplementasikan pengendalian pencemaran udara, 30 bus listrik tersebut melayani dua rute, yakni 1N (Tanah Abang-Blok M) dan 1P (Terminal Senen-Blok M). Koridor 1P dilayani 16 unit bus listrik, sedangkan 11 unit bus listrik melayani koridor 1N.

Tarif Bus Mayasari Bakti

Rute/Trayek Tarif
Pasar Senen – Bekasi Rp15.000
Tanah Abang – Bekasi Rp15.000
Blok M – Bekasi Rp15.000
Kampung Rambutan – Bekasi Rp8.000
Kalideres – Bekasi Rp40.000

Informasi tarif bus Mayasari Bakti di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Apabila dibandingkan tahun sebelumnya, tarif bus Mayasari Bakti saat ini memang terpantau mengalami kenaikan. Tarif trayek Blok M menuju Bekasi atau sebaliknya misalnya, awalnya dipatok Rp10 ribu sekali jalan dan sekarang naik menjadi Rp15 ribu sekali jalan.

Menurut kabar terbaru, pihak bus umum di daerah Jakarta berencana menaikkan tarif perjalanan mereka seiring dengan kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak). Menurut pihak bus Mayasari Bakti, seperti dilansir dari Berita Trans, rentang kenaikan berada di angka Rp2 ribuan. Namun, belum diketahui kapan rencana tersebut direalisasikan.

Seperti disampaikan di atas, selain trayek reguler, sebagian armada bus Mayasari Bakti juga telah bergabung dengan bus TransJakarta. Dibandingkan bus reguler, layanan TransJakarta memang mematok harga tiket yang lebih terjangkau. Saat ini, tarif TransJakarta perjalanan pukul 05.00 sampai 07.00 WIB cuma Rp2.000, sedangkan tarif perjalanan pukul 07.00 sampai 24.00 WIB dan 24.00 sampai 07.00 WIB sebesar Rp3.500. Besaran tarif tersebut terpantau masih sama seperti tahun sebelumnya. 

Pos terkait