Info Terbaru Kisaran Harga California Audio Labs DX-1

Perkembangan teknologi yang kian pesat memungkinkan kita untuk memutar audio dalam bentuk MP3 player. Meski demikian, tak sedikit orang dari kalangan audiophile yang gemar memutar musik dengan perangkat bernama CD player. Di pasaran sendiri, sudah ada beberapa CD player yang menjadi favorit, salah satunya adalah California Audio Labs seri DX-1, yang saat ini dijual dengan harga jutaan rupiah.

California Audio Labs DX-1 (sumber: reverb.com)
California Audio Labs DX-1 (sumber: reverb.com)

Meski tidak terlalu populer, California Audio Labs atau CAL dikenal sebagai produsen peralatan audio digital yang tinggi yang menjadi pelopor terciptanya alat pemutar CD dengan bagian keluaran analog tabung vakum. Produk California Audio Labs DX-1 merupakan hasil produksi yang sepenuhnya memiliki desain yang solid. Namun, CD player ini termasuk dalam produk yang dilepas dengan harga paling rendah di perusahaan CAL hingga saat ini.

Bacaan Lainnya

DX-1 memiliki desain yang hampir sama dengan produk buatan CAL sebelumnya yang cenderung kolot dan kuno. Sasis perangkat yang rendah dan panel depan plastik hitam tampak memberikan tampilan Eropa yang sangat kontemporer dan menarik bagi orang-orang penyuka simetri bilateral. Laci pemuatan cakram terdapat di tengah panel dengan LCD berada tepat di bawahnya.

Dalam tampilan layar, terdapat informasi mengenai nomor track, waktu track, notasi pemutaran acak, pengulangan, dan pemindaian musik. Sementara, sensor remote berada di samping layar LCD. Ada tiga tombol di kedua sisi layar untuk laci buka/tutup, putar, jeda, stop, track sebelumnya, dan track berikutnya. Tombol power melengkapi pelengkap panel depan.

Sementara, untuk yang lebih canggih, hanya bisa diakses dari remote control. Dua puluh delapan tombolnya menduplikasi kontrol panel depan utama sambil menambahkan pencarian maju dan mundur dua kecepatan (tingkat audio berkurang 12 dB), pemutaran lagu acak, pemutaran disk, pemindaian musik (memainkan 15 detik pertama setiap lagu), pilihan tampilan untuk waktu yang telah berlalu atau yang tersisa dalam lintasan atau sisa waktu yang tersisa pada disk, pemrograman dua puluh jalur, dan tombol angka dua belas tombol untuk akses jalur langsung dan pemrograman urutan lagu.

Pada bagian belakang sasis, dilengkapi dengan jack mono untuk keluaran sinyal analog kiri dan kanan dan satu keluaran digital, yang dapat digunakan dengan kabel interkoneksi koaksial 75-ohm untuk memasang DX-1 ke perekam digital atau sebuah prosesor digital tempel atau converter digital ke analog (D/A). Namun sayang, DX-1 tidak memiliki keluaran digital optik.

Meskipun terbuat dari plastik, keseluruhan perangkat ini dibuat dengan baik dan tampak cukup kokoh. Selain itu, beberapa produk serupa memiliki lensa yang kebanyakan pickup laser CD terbuat dari plastik, sedangkan produk DX-l terbuat dari kaca. Karena itu, produk ini bisa menjadi opsi yang cukup bagus untuk mendengarkan musik favorit Anda.

Harga California Audio Labs DX-1

Lalu, berapa harga yang perlu dibayar untuk mendapatkan California Audio Labs seri DX-1? Sayangnya, produk baru perangkat tersebut sudah sulit dicari. Namun, jika Anda masih mengidamkan produk ini, bisa membeli versi bekas atau second dengan harga mulai Rp2 juta hingga Rp2,75 jutaan, tergantung kondisi barang. Harga California Audio Labs seri DX-1 bekas tahun 2022 masih sama seperti tahun 2021 dan 2020. Sementara, untuk model California Audio Labs seri DX-2 bekas, tahun 2021 hingga 2022 harganya berkisar Rp3 jutaan.

[Update: Almas]

 

Pos terkait