Cara Mengecek Masa Aktif dan Kuota 3 (Telepon, SMS, WhatsApp, Web, Aplikasi)

, sering juga ditulis 3, merupakan salah satu kartu yang dipakai banyak orang di Indonesia. Pasalnya, provider ini menawarkan masa aktif internet dan nomor yang panjang serta banyak paket dengan harga relatif terjangkau. Kartu 3 juga memudahkan pelanggan saat ingin mengecek masa aktif dan , bisa melalui saluran , WhatsApp, atau lewat aplikasi Bima+.

Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Tri - (twitter.com)
Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Tri – (twitter.com)

Tidak bisa dipungkiri jika ponsel cerdas atau smartphone telah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang, setara dengan makan, pakaian, dan rumah. Merupakan telepon genggam yang menyerupai komputer, smartphone dapat dikatakan sebagai ponsel yang menyajikan fitur canggih seperti surat elektronik atau email, internet, kemampuan membaca buku elektronik (e-book), atau terdapat papan ketik dan penyambung VGA.[1]

Bacaan Lainnya

Namun, fungsi utama smartphone tentu saja untuk berkomunikasi, entah itu melalui sambungan telepon, pesan SMS, atau lewat chatting. Untuk kebutuhan tersebut, ponsel cerdas secanggih apa pun tidak akan berfungsi jika tidak memiliki kartu seluler atau SIM card. Pasalnya, SIM card adalah komponen penting yang digunakan untuk mengidentifikasi pelanggan pada ponsel, menyimpan jaringan informasi khusus yang digunakan untuk tujuan autentikasi dan mengidentifikasi pelanggan di jaringan.[2]

Keunggulan Kartu 3

Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak provider atau kartu SIM yang dapat dipilih, dan salah satu yang cukup populer adalah Tri atau 3. Dilansir dari resminya, 3 adalah salah satu merk penyedia layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia yang menghadirkan pengalaman gaya hidup mobile di lebih dari 37 ribu desa di seluruh Indonesia. Kartu tersebut berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman dan nilai terbaik bagi pelanggan, juga semangat untuk memberdayakan anak muda Indonesia dengan gaya hidup digital yang tinggi. Walau telah bergabung dengan Indosat Ooredoo dan mengusung nama Indosat Ooredoo Hutchison, merk 3 tetap dipertahankan.

Fokus utama 3 adalah pada kebebasan berinternet dengan tujuan untuk menyediakan layanan internet yang lebih baik serta menawarkan fleksibilitas yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.[3] Sebelumnya, 3 membidik kalangan remaja sebagai pangsa pasarnya dengan mempertinggi SMS pada remaja yang cenderung suka dengan layanan ini.[4] Seiring waktu, 3 kini memberikan beragam pilihan kuota internet yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Dilansir dari berbagai sumber, ada sejumlah keuntungan yang akan diperoleh pengguna jika memakai kartu 3. Kelebihan pertama 3 adalah masa kuota internet yang panjang, yang hadir dalam paket Always On atau AON. Dikutip dari situs resminya, paket Always On ini hadir dalam beragam pilihan kuota dengan masa aktif hingga satu tahun untuk kota lokal, sedangkan kuota AON akan aktif selamanya mengikuti masa aktif kartu.

Tidak cuma masa kuota internet yang panjang, masa aktif kartu 3 juga cukup panjang. Ini tentu sangat menguntungkan pengguna karena mereka tidak akan terlalu sering mengisi hanya agar kartu tidak berada dalam masa tenggang. Paket internet di kartu 3 juga akan terakumulasi. Jadi, jika pengguna mengisi paket internet yang baru dan paket yang lama masih tersisa, maka tidak akan hangus dan akan diakumulasikan dengan paket anyar.

Bagi pengguna yang ingin mengetahui masa aktif atau sisa kuota internet mereka, juga tidak perlu bingung. Pasalnya, pihak 3 menyediakan banyak cara untuk kebutuhan tersebut. Pelanggan bisa memakai opsi telepon, layanan WhatsApp, atau bahkan menggunakan aplikasi. Berikut cara mengecek masa aktif dan kuota 3.

Mengecek Masa Aktif Kartu di Smartphone - (Karya: Wasan Tita)
Mengecek Masa Aktif Kartu di Smartphone – (Karya: Wasan Tita)

Cara Mengecek Masa Aktif dan Kuota 3

  • Dial Phone. Anda bisa membuka menu Panggilan pada ponsel Anda, kemudian masukkan nomor *111*4# dan tekan Panggil atau Call. Nantinya, informasi mengenai tentang nomor 3, masa aktif kartu, sisa pulsa, dan sisa kuota akan muncul di layar ponsel Anda.
  • Buka aplikasi SMS di ponsel Anda, kemudian ketik teks dengan format info(spasi)data dan kirim ke nomor 234. Tunggu hingga Anda menerima balasan pesan berisi informasi kuota internet kartu 3 Anda.
  • Simpan dan hubungi kontak Triva via WhatsApp dengan nomor 0899-9800-123. Chat Triva dengan kata kunci ‘ Kuota’ atau ‘Masa Aktif’. Masukkan nomor telepon 3 yang hendak dicek. Ikuti instruksi selanjutnya dan tunggu hingga Triva menyajikan informasi kuota yang terdaftar di nomor ponsel tersebut.
  • Website 3. Kunjungi website 3 di alamat https://online.tri.co.id/. Selanjutnya, klik ikon Triva yang terdapat pada pojok kanan bawah halaman website. Kemudian, kolom chat dengan Triva bakal terbuka. Pada kolom tersebut, nantinya akan tersedia pilihan seperti ‘Akun’ untuk cek pulsa dan kuota atau ‘Info” untuk informasi promo dan lokasi 3. Anda cukup memilih menu atau mengetikkan angkanya.
  • Aplikasi Bima+. Download terlebih dahulu aplikasi Bima+ jika Anda belum memilikinya. Setelah terpasang di ponsel, buka aplikasi tersebut, kemudian masukkan nomor 3 Anda. Klik ‘Lanjutkan’ dan masukkan kode verifikasi yang dikirim lewat SMS. Sisa kuota dan pulsa akan tercantum pada halaman awal aplikasi ketika Anda sudah berhasil masuk.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi customer service 3 melalui sambungan telepon di nomor 132 dengan tarif Rp300 per panggilan untuk prabayar atau 0896 44000 123 (berbayar). Bisa pula menghubungi lewat alamat email 3Care@three.co.id dan WhatsApp di nomor 0899 9800 123 atau mengikuti media sosial mereka di Facebook, Twitter, dan Telegram (TriIndonesiaCare).

[1] Timbowo, Deify. 2016. Manfaat Penggunaan Smartphone sebagai Media Komunikasi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi). Acta Diurna, Vol. V(2).

[2] Maiyena, Sri. 2012. Pengukuran Kapasitas Simpan Relatif Berbagai Tipe SIMCARD Menggunakan Citra Radiografi. Jurnal Sainstek, Vol. IV(1): 56-66.

[3] Tono, Sastrian. 2016. Penggambaran Brand Identity Tri Indonesia dalam Isi Pesan TVC Tri Indonesia. Jurnal E-Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya, Vol. 4(1): 1-10.

[4] Permana, W., dkk. 2012. Layanan Perpustakaan via Mobile Data. Malang: UB Press.

Pos terkait