Harga Wood Filler dan Sanding Sealer Impra (Semua Kemasan)

Jika Anda sehari-harinya bergelut dengan pertukangan, pasti sudah tidak asing lagi dengan Impra. Ini dapat dikatakan sebagai produk finishing kayu yang cukup legendaris, sering dipakai sebagian besar produsen mebel atau furniture. Diproduksi oleh PT Propan Raya, merk Impra hadir dalam berbagai varian, termasuk wood dan sanding sealer. Anda sudah dapat membeli kedua produk ini di banyak toko material bangunan dengan harga rata-rata puluhan sampai ratusan ribu rupiah, tergantung kemasan.

Penggunaan wood filler (sumber: pinterest)
Penggunaan wood filler (sumber: pinterest)

Saat ini, memang semakin banyak orang yang beralih menggunakan material untuk keperluan rumah mereka. Meski demikian, pamor kayu tidak lantas surut dan masih sering dipakai, termasuk untuk bahan bangunan dan furniture. Sebagai material bangunan, kayu dipakai karena harganya memang relatif murah dibandingkan bahan bangunan lainnya.[1] Selain itu, kayu mudah diproses untuk dijadikan barang sesuai dengan kemajuan teknologi dan punya penampilan dekoratif.[2][3]

Bacaan Lainnya

Sayangnya, kayu memang tidak terlepas dari kekurangan. Material ini diketahui memiliki pori-pori yang berpotensi dimasuki air, minyak, debu, dan material lainnya. Masuknya material-material tersebut tentu saja dapat menyebabkan kayu mengembang, menyusut, retak, melengkung, bahkan berubah warna. Efek negatif lainnya adalah kayu akan lebih mudah terserang organisme perusak, misalnya jamur dan serangga. Nah, finishing yang baik akan mengurangi risiko-risiko tersebut.

Finishing sering dikatakan sebagai tahapan yang sangat penting, terutama saat Anda membuat perabotan dari bahan dasar kayu. Ada berbagai metode, teknik, dan bahan yang dapat diaplikasikan untuk finishing, termasuk wood filler dan sanding sealer. Lalu, apa sih kedua bahan tersebut dan apa kelebihannya?

Manfaat Wood Filler dan Sanding Sealer

Wood filler, dilansir dari berbagai sumber, merupakan bahan finishing yang berguna sebagai lapisan dasar untuk menutup pori-pori kayu sehingga menghasilkan finishing yang halus, rata dan close pore. Diaplikasikan pertama kali dalam proses finishing kayu, pemberian wood filler diklaim dapat mencegah perembesan getah pada permukaan kayu serta memberikan hasil pewarnaan yang lebih merata.[4]

Sementara itu, sanding sealer adalah lapisan dasar untuk finishing kayu, yang tujuan utamanya untuk membantu hasil finishing kayu menjadi lebih awet dan halus. Lapisan sanding sealer juga dikatakan akan membuat hasil finishing kayu menjadi lebih aman karena sanggup memotong bulu kayu dengan cukup baik. Lapisan ini juga dapat menjadi larutan campuran, untuk aplikasi diencerkan dari bahan yang sama dengan lapisan atas.

Review Wood Filler Impra

Di pasaran, sudah tersedia banyak merk wood filler, dan salah satu yang cukup terkenal adalah Impra. Dilansir dari website resmi PT Propan Raya selaku produsen, Impra Wood Filler diklaim terbuat dari bahan dasar Nitrocellulose (NC) berkualitas tinggi sehingga cepat kering, mudah diamplas, dan memiliki daya isi pori yang sangat baik dan tidak mudah terlepas pada saat proses pengamplasan. Penggunaan produk ini dikatakan dapat memberikan permukaan kayu yang rata dan halus sehingga siap di-finishing.

Masih menurut referensi yang sama, Impra Wood Filler saat ini setidaknya hadir dalam empat varian. Varian pertama adalah Impra Wood Filler WF-115 yang baik untuk kayu bangunan, Impra Wood Filler SH-113 untuk furniture dan interior dengan fungsi utama mengisi pori, Impra Wood Filler SH-114 untuk mebel dan interior untuk mengisi pori dan mewarnai serat kayu, serta Impra Wood Filler WP-117 untuk mebel dan interior dengan tipe finishing opaque atau duco.

Wood filler Impra (sumber: lazada)
Wood filler Impra (sumber: lazada)

Harga Wood Filler Impra

Varian Wood Filler Impra Harga
Impra Wood Filler WF-115 1 kg Rp50.000 – Rp59.000
Impra Wood Filler WF-115 5 kg Rp233.000 – Rp250.000
Impra Wood Filler WF-115 30 kg Rp1.050.000
Impra Wood Filler SH-113 1 kg Rp53.000
Impra Wood Filler SH-113 5 kg Rp233.000
Impra Wood Filler SH-113 30 kg Rp957.000
Impra Wood Filler SH-114 1 kg Rp69.000
Impra Wood Filler SH-114 5 kg Rp308.000
Impra Wood Filler SH-114 30 kg Rp1.285.000
Impra Wood Filler WP-117 1 kg Rp63.400
Impra Wood Filler WP-117 5 kg Rp254.000
Impra Wood Filler WP-117 30 kg Rp1.345.000

Informasi harga wood filler Impra di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko material bangunan dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga wood filler Impra tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda.

Review Sanding Sealer Impra

Mengutip situs resminya, Impra Aqua Sanding Sealer adalah at dasar (base coat) berpengencer air yang diklaim cepat kering, mudah diamplas. dan memiliki kemampuan mengisi pori-pori kayu dengan baik dan dapat membentuk lapisan film yang cukup rata. Bisa diaplikasikan dengan kuas maupun spray, produk ini juga disebutkan punya daya lekat yang baik pada substrat.

Untuk mengaplikasikan Impra Aqua Sanding Sealer pun sangat mudah. Pertama, aduk merata Impra Aqua Sanding Sealer. Kemudian, aplikasikan Impra Aqua Sanding Sealer dengan kuas atau spray (pengenceran 10 sampai 20 persen) dan biarkan kering selama satu jam. Setelah itu, amplas permukaan dengan kertas amplas nomor 400, lalu ulangi langkah ini sekali lagi.

Impra sanding sealer (sumber: shopee)
Impra sanding sealer (sumber: shopee)

Harga Sanding Sealer Impra

Kemasan Sanding Sealer Impra Harga
Impra Aqua Sanding Sealer 1 liter Rp76.950
Impra Sanding Sealer MSS-123 1 kg Rp93.000 – Rp98.000
Impra Sanding Sealer MSS-123 5 liter Rp435.000
Impra Sanding Sealer SS-121 1 kg Rp96.500 – Rp98.000
Impra Sanding Sealer SS-121 5 liter Rp411.000

Daftar harga sanding sealer Impra di atas juga sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk official store Propan Raya di salah satu online shop dan sejumlah toko material bangunan. Perlu Anda ingat bahwa harga sanding sealer Impra tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

[1] Hadjib, Nurwati, Mohammad Muslich, Ginuk Sumarni. 2006. Sifat Fisis dan Mekanis Kayu jati Super dan Jati Lokal dari Beberapa Daerah Penanaman. Jurnal Penelitian Hasil Hutan, Vol. 24(4): 359-369.

[2] Ibid.

[3] Anugraini, Arif Seswi, Rida Safuan Selian, Ramdiana. . Kerajinan Kayu Gerupel dalam Konteks Masyarakat Gayo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Drama, Tari dan Musik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, Vol. II(1): 13-19.

[4] Ellis, J. L. 2011. Comparison of two wood filler types with respect to relative shrinkage across variations in temperature, in humidity, and within wood species. Los Angeles: Western Carolina University.

Pos terkait