Update Harga Wall di Game Clash of Clans (CoC)

Bagi para penggemar game, tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu permainan yang cukup populer, yakni Clash of Clans atau yang dikenal dengan CoC. CoC termasuk dalam salah satu permainan video game strategi premium dengan meningkatkan level Wall. Semakin banyak levelnya, maka akun tersebut bisa dijual dengan harga lebih mahal.

Wall Clash of Clans - (Sumber: teehunter.com)
Wall Clash of Clans – (Sumber: teehunter.com)

Review CoC

CoC merupakan sebuah game strategi yang dikembangkan oleh Supercell, sebuah perusahaan video game yang berbasis di Helsinki, Finlandia. Dalam game tersebut, pemain dapat membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan gold (emas), trofi, elixir, dan dark elixir. 

Bacaan Lainnya

Sebagian pemain juga membangun pertahanan yang melindunginya dari serangan pemain lain, dan untuk melatih serta meningkatkan kemampuan maupun jumlah pasukan. Permainan ini juga dilengkapi dengan kampanye pseudo yang mengharuskan pemain menyerang serangkaian benteng desa milik goblin.

Untuk mendapatkan dan menyimpan emas serta elixir, pemain harus membangun gold mine serta gold storage, dan elixir collector serta elixir storage. Elixir digunakan untuk melatih pasukan baru, melakukan penelitian di laboratorium untuk meningkatkan kekuatan pasukan, serta membangun dan meningkatkan bangunan tertentu. Sementara itu, emas digunakan untuk membangun bangunan pertahanan dan untuk meningkatkan town hall, yang memungkinkan akses ke lebih banyak bangunan dan tingkat yang lebih tinggi untuk bangunan yang ada.

Komponen utama dari permainan CoC ini adalah pertempuran clan melawan clan lain. Pemimpin clan (leader) dan wakil pemimpin (co-leader) bisa memulai perang melawan clan lainnya. Setiap clan kemudian diberi satu ‘hari persiapan’ dan satu ‘hari perang’. Ketika seorang pemain menyerang anggota clan lawan, mereka menerima bintang berdasarkan jumlah kerusakan yang mereka sebabkan.

Fungsi Wall CoC

Karena permainan ini merupakan jenis permainan strategi, maka salah satu komponen penting adalah mengenai pertahanan. Dalam CoC, salah satu metode pertahanan adalah dengan menggunakan Wall. Seperti halnya sebuah rumah, game ini pun dilengkapi dengan kehadiran Wall untuk membantu pertahanan base, namun ada sebagian clasher yang malah tidak menggunakan wall. Mereka lebih memilih untuk membiarkan base dalam keadaan terbuka, padahal kehadiran wall begitu penting.

Wall memiliki beberapa fungsi, yakni untuk membendung serangan lawan darat dan melindungi desa dari serangan-serangan yang lain. Selain itu, Wall juga bisa dijadikan sebagai penghias untuk mempercantik base. Meskipun memang jika base Anda diserang dengan pasukan udara, maka Wall tidak akan mempunyai arti sama sekali.

Setiap level town hall memiliki jumlah Wall yang berbeda karena disesuaikan dengan defense yang Anda miliki. Untuk mendapatkan pertahanan maksimal pada Wall, Anda harus melewati 11 tahapan upgrade dengan tampilan yang berbeda di tiap levelnya. Sayangnya, harga Wall di game ini cukup mahal. Untuk town hall 10 unit saja, Wall yang bisa dibuat adalah 250 unit, dengan biaya satu buah Wall level 11 seharga 4.000.000 gold. 

Karena harga Wall yang cukup mahal, para pemain harus paham strategi upgrade Wall yang tepat sehingga tidak membuang banyak biaya. Cara yang paling banyak digunakan oleh clasher adalah memprioritaskan bangunan hingga maksimal terlebih dulu, lalu mulai upgrade Wall. Kemudian, fokus bangunan dan Wall secara bersamaan. Selain itu, para pemain bisa mengutamakan pembangunan Wall di awal dan disusul bangunan lainnya jika Wall sudah selesai.

Banyak dari para pemain Clash of Clans yang bingung kapan waktu yang tepat dan cara paling cepat untuk upgrade Wall. Nah berikut adalah beberapa waktu yang cukup baik untuk upgrade Wall.

Cara Upgrade Wall Clash of Clans

  • Pertama bangunan dan terakhir Wall. Memprioritaskan bangunan hingga maksimal terlebih dahulu lalu mulai upgrade Wall adalah cara yang paling banyak digunakan Clasher. Cara ini bisa membantu Anda lebih fokus untuk memperkuat pertahanan serta meningkatkan level pasukan.
  • Fokus bangunan dan wall bersamaan. Di sini Anda harus menyisakan satu builder yang memang dipekerjakan untuk Wall saja. Jadi selain semua bangunan maksimal, Wall juga bisa maksimal secara bersamaan. Keuntungan dari metode ini adalah base akan bertambah kuat, karena bangunan pertahanan seperti Canon, Archer Tower, Mortar dan Air Defense akan maksimal bersamaan dengan Wall-nya. Namun Anda harus ekstra keras dalam mencari Loot agar bisa melakukan upgrade Wall dan bangunan secara bersamaan.
  • Pertama Wall dan bangunan terakhir. Mungkin ini adalah metode yang paling sedikit orang pakai dengan mengutamakan pembangunan Wall di awal dan bangunan lainnya jika Wall sudah selesai. Padahal dengan metode ini base menjadi jarang diserang. Jika semua Wall maksimal, tentu akan membuat orang takut saat menyerang kita. Namun negatifnya, base akan lebih mudah rata jika diserang dengan pasukan udara ataupun Hog Rider.

Kekurangan cara upgrade dengan metode memprioritaskan bangunan pertama adalah jika Anda sedang di Town Hall 1-8 dan menggunakan cara ini, nantinya Anda akan kebanjiran Elixir. Pasalnya, pada Wall level 2 sampai level 8 hanya bisa di-upgrade menggunakan Gold, dan tidak bisa memakai Elixir.

Upgrade level yang berkemungkinan dimasuki pasukan lawan adalah penting. Biasanya lawan akan menerobos Wall yang dekat dengan air defense atau defense lainnya. Anda juga bisa mengupgrade Wall di setiap sudut, karena giant sering menghancurkan Wall dan memilih dari sisi sudut Wall berbentuk plus atau huruf T misalnya.

Salah satu kelemahan Wall adalah Wall Breaker dan pasukan udara. Wall Breaker dapat menghancurkan Wall dengan mudah karena daya serang mereka 40x lebih kuat jika terkenal Wall. Sementara untuk pasukan udara, mereka dapat langsung menyerang base Anda tanpa harus menghancurkan Wall terlebih dahulu.

Wall di Game Clash of Clans – (YouTube: Gaming with Harman)

Pembaruan Town Hall CoC

CoC mendapat pembaruan besar pertama untuk tahun 2021 lalu, yaitu Town Hall bisa di-upgrade ke level 14. Selain itu, juga ada item rahasia yang diumumkan bersamaan dengan peluncuran patch Town Hall 14. Town Hall level 14 ini punya 8.900 hitpoint, membutuhkan 20 hari dan biaya 16 juta gold untuk pembangunannya. 

Town Hall level 14 terbaru itu memiliki punya kemampuan melawan saat dihancurkan dengan menjatuhkan bom racun yang akan memberikan damage serta memperlambat serangan dan pergerakan lawan.Upgrade Town Hall ke level 14 ini juga akan membuka sejumlah beberapa hal baru, yaitu adalah 25x Wall, 1x Air Bomb, 1x Seeking Air Mine, 1x Skeleton Trap, 1x Bomb, dan 1x Giant Bomb. 

Harga Wall Clash of Clans

Wall Level Harga/Biaya Hitpoints Level Town Hall
1 50 Gold per 1 Wall 300 2 (25 Wall)
2 1.000 Gold per 1 Wall 500 2
3 5.000 Gold per 1 Wall 700 3 (50 Wall)
4 10.000 Gold per 1 Wall 900 4 (75 Wall)
5 20.000 Gold per 1 Wall 1.400 5 (100 Wall)
6 30.000 Gold per 1 Wall 2.000 6 (125 Wall)
7 50.000 Gold per 1 Wall 2.500 7 (175 Wall)
8 75.000 Gold 3.000 8 (225 Wall)
9 100.000 Gold/Elixir 3.500 9 (250 Wall)
10 200.000 Gold/Elixir 4.000 9
11 500.000 Gold/Elixir 5.000 10 (275 Wall)
12 1.000.000 Gold/Elixir 7.000 11
13 2.000.000 Gold/Elixir 9.000 12
14 4.000.000 Gold/Elixir 11.000 13
15 7.000.000 Gold/Elixir 12.500 14
16 8.000.000 Gold/Elixir 13.500 15

Informasi harga Wall di game CoC tersebut kami rangkum dari situs resminya. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Wall di game CoC saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, Wall level 5 yang semula dikenai biaya 30 ribu Gold/Elixir, sekarang hanya 20 ribu Gold per 1 Wall. Berbeda dengan harga Wall level 10 yang justru naik dari 3 ribu Gold menjadi 200 ribu Gold/Elixir. 

[Update: Ditta]

Pos terkait