Update Harga Triplek Plywood 2mm di Pasaran

Anda pasti sudah tidak asing dengan triplek. Ini adalah salah satu produk kayu yang banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia, terutama bahan pembuat perabotan, karena dinilai sangat praktis. Di pasaran, produk ini biasanya dijual dalam bentuk lembaran, untuk triplek plywood ukuran 2mm ditawarkan dengan harga berkisar puluhan ribu rupiah.

Triplek plywood 2 mm (sumber: ebay.at)
Triplek plywood 2 mm (sumber: ebay.at)

Dikutip dari Wikipedia, triplek, atau juga biasa disebut kayu lapis, adalah sejenis papan pabrikan yang terdiri dari lapisan kayu (veneer kayu) yang direkatkan bersama-sama. Kayu lapis merupakan salah satu produk kayu yang paling sering digunakan. Kayu lapis bersifat fleksibel, murah, dapat dibentuk, dapat didaur ulang, dan tidak memiliki teknik pembuatan yang rumit. Kayu lapis biasanya dibuat menggunakan kayu solid karena lebih tahan retak, susut, atau bengkok.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, teknik pembuatan kayu lapis telah ditemukan sejak abad ke-17, namun baru sekitar akhir abad ke-19 kayu lapis diproduksi secara komersial untuk pembuatan peti teh. Kayu lapis yang digunakan untuk pembuatan peti kala itu memiliki tiga lapisan sehingga biasa disebut three-ply, atau tripleks di Indonesia.

Lapisan atau veneer yang mengomposisi sebuah kayu lapis harus relatif tipis. Jika tidak, maka kayu lapis cenderung mudah menyusut atau terdistorsi karena kekuatan adhesif perekat kalah kuat dibanding beban kayu veneer. Karenanya, pembuatan kayu lapis yang lebih tebal tidak dilakukan dengan menebalkan lapisan veneer, melainkan menambah jumlah lapisan itu. Kayu lapis yang terdiri lebih dari tiga lapisan biasa disebut multiply (multipleks). Terkadang, kayu lapis yang terdiri dari lima lapisan disebut sebagai five-ply.

Lapisan-lapisan pada kayu lapis harus selalu dibuat dalam jumlah ganjil untuk menciptakan konstruksi kayu yang seimbang. Bagian tengah kayu lapis, atau biasa disebut central core, biasanya relatif lebih tebal dibanding veneer sebelah luar, namun dengan kepadatan yang lebih rendah agar hasil akhir kayu lapis tidak menjadi terlalu berat.

Penyusunan urat kayu (grain) pada setiap lapisan veneer harus diatur sedemikian rupa sehingga arah urat lapisan veneer yang di sebelah bawah tegak lurus dengan arah urat lapisan veneer di atasnya, dengan tujuan untuk menciptakan kayu lapis yang merekat dengan kuat. Untuk mempermudah pengaturan urat tersebut, biasanya kayu yang menjadi bahan dasar kayu lapis terbuat dari pohon yang sama.

Triplek memiliki sifat fleksibel, biayanya murah, mudah dibentuk, bisa didaur ulang, serta untuk pembuatannya tidak memerlukan teknik yang rumit. Material ini juga hadir dalam beberapa ukuran ketebalan, mulai dari yang berukuran 0,8 mm sampai 25 mm. Masing-masing ukuran juga memiliki kualitas yang berbeda pula.

Triplek berbentuk lapisan kayu yang diproduksi sebagai papan pabrikan dengan ketebalan dan ukuran panjang lebar tertentu. Standar mutu triplek yang paling mudah diidentifikasi adalah tingkat ketebalan dan daya tahannya. Namun, tak jarang triplek yang tampak tipis dari biasanya justru punya kelebihan tertentu dibandingkan dengan yang lain. Beberapa model triplek yang sering ditemui di pasaran adalah triplek teakwood, triplek aluminium, sengon, soft wood, hard wood, partikel board, melamin, MDF warna, plywood, dan masih banyak lagi.

Untuk triplek plywood, dikenal memiliki daya tahan yang bagus dan tak mudah pecah, tidak gampang melengkung, dan tidak lekas retak. Dibuat dari bahan kayu solid dengan tekstur yang saling melintang dengan perekat khusus, plywood sering digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, termasuk membuat furniture seperti lemari.

Di Indonesia, plywood umum diartikan sebagai kayu lapis. Kayu lapis adalah salah satu material yang terbuat dari beberapa kayu tipis dengan ukuran-ukuran tertentu yang kemudian disusun sedemikian rupa dan diberi lem khusus, kemudian di-press di bawah tekanan besar sehingga menjadi sebuah material berupa papan dengan ukuran-ukuran tertentu.

Triplek ukuran 2 mm (sumber: Pinterest)

Kelebihan Triplek Plywood

  • Triplek merupakan produk kayu yang penggunaannya sangat praktis dan gampang dibentuk daripada produk-produk sejenis.
  • Triplek mempunyai tingkat ketahanan yang tinggi terhadap penyusutan sehingga bentuk dan ukurannya tidak gampang berubah.
  • Triplek tersedia dalam berbagai pilihan ukuran dan ketebalan yang lebih bervariasi sehingga memudahkan kita dalam memilih yang paling tepat.
  • Triplek memiliki daya tahan yang tinggi terhadap perubahan cuaca yang ekstrim serta daya tekuk yang dimilikinya lebih bagus dibandingkan produk kayu lainnya.
  • Triplek mempunyai struktur yang kokoh sehingga cocok sekali digunakan untuk rangka utama pembuatan furniture.
  • Triplek bersifat tahan terhadap air atau setidaknya lebih tahan terhadap air ketimbang -jenis kayu yang lain berkat adanya lapisan keras yang menyelubungi permukaannya.
  • Triplek dibuat dengan ukuran yang presisi dan seragam, serta tekstur pada lapisan permukaannya pun sangat halus.

Tak hanya memiliki kelebihan, mungkin Anda akan menemukan sejumlah kekurangan pada pemakaian triplek plywood.

Kelemahan Triplek Plywood

  • Daya tahan yang dimiliki oleh triplek terhadap cuaca yang ekstrem secara terus-menerus tidak lebih bagus daripada kayu solid.
  • Triplek tidak cocok digunakan sebagai bahan baku pembuatan alat dan perabotan rumah tangga yang bersifat outdoor.
  • Pengangkutan triplek dari tempat pembelian ke lokasi pengerjaan harus dilakukan dengan hati-hati mengingat ukuran ketebalannya yang tipis.
  • Kadang-kadang ditemukan triplek yang mempunyai permukaan kurang halus dan bergelombang.
  • Penggabungan beberapa triplek harus memakai paku tembak agar hasilnya lebih maksimal dan rapi.
  • Tingkat presisi pada sisi ketebalannya kurang bagus, khususnya apabila permukaan triplek sudah bergelombang.
  • Dibutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi untuk melakukan finishing pada triplek supaya hasilnya sesuai keinginan.

Lalu, berapa kisaran harga triplek plywood di pasaran saat ini?

Ilustrasi : Triplek Plywood 2mm (sumber: e-pard.com)

Harga Triplek Plywood 2mm

Seperti diutarakan sebelumnya, triplek plywood sekarang hadir dalam beragam ukuran. Untuk ukuran panjang dan lebar, biasanya sama, yakni 2.440 mm x 1.220 mm. Namun, untuk ukuran ketebalan, biasanya mulai dari 2mm, 3mm, 4mm, 6mm, 9mm, 12mm, 15mm, hingga 18mm. Nah, jika Anda membutuhkan varian dengan ketebalan 2mm, harganya terbilang bervariasi di pasaran.

Pada 2019, tercatat triplek plywood 2 mm dijual mulai harga Rp32.000 hingga Rp36.000 per lembar. Lalu pada 2020, harga tersebut terpantau naik menjadi kisaran Rp36.000 hingga Rp50.000 per lembar. Bahkan memasuki 2021, harga triplek plywood 2 mm masih naik menjadi kisaran Rp42 ribu hingga Rp50 ribuan per lembar.

Sementara itu, di tahun 2022, harga triplek plywood 2 mm dibanderol mulai Rp42.500 hingga Rp70 ribu per lembar.Untuk lebih jelas, Anda dapat mengunjungi toko kayu atau toko bangunan terdekat. Bahkan, saat ini pun tersedia sejumlah situs jual beli online yang menawarkan triplek plywood dengan harga bersaing.

[Update: Almas]

Pos terkait