Info Manfaat dan Update Harga Terong Belanda

Tak banyak yang tahu bahwa terong belanda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah berwarna merah dan kuning ini mengandung sumber vitamin A dan C yang dibutuhkan tubuh. Tak heran, jika permintaan terong belanda di pasaran begitu tinggi seiring dengan harga yang lebih mahal dibandingkan terong ungu.

Terong belanda (sumber: lokadata.id)
Terong belanda (sumber: lokadata.id)

Terong Belanda dikenal dengan sebutan Tamarillo di luar negeri. Buahnya berbentuk bulat lonjong sebesar telur ayam. Kulit buah terung belanda berwarna cokelat keunguan. Daging buah berwarna cokelat, bertekstur lunak, dan rasanya asam manis. Terong belanda memiliki kandungan yakni provitamin A (karotenoid), vitamin C, kalium, fosfor, natrium (sodium), magnesium, dan serat.

Bacaan Lainnya

Salah satu jenis tanaman yang kaya akan antioksidan yakni terung belanda. Terong Belanda mengandung antosianin yang termasuk ke dalam golongan flavonoid dan merupakan salah satu jenis antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Terong belanda berkhasiat sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan mata, memperlancar saluran pencernaan, dan mencegah konstipasi.

Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan

Mengatasi masalah pencernaan

Terong belanda mengandung serat yang tinggi. Jika Anda rutin mengonsumsi tanaman sayur ini, maka akan membantu mengatasi masalah pencernaan seperti konstipasi. Serat yang dikandung terong belanda juga mampu membuat feses lebih mudah melewati usus besar.

Mencegah diabetes

Terong belanda memiliki serat yang dapat menstabilkan kadar gula Anda. Tak hanya itu, terong belanda juga memiliki asam klorogenik yang berperan penting dalam menunda timbulnya diabetes, serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Menjaga metabolisme tubuh

Tak heran jika Berbagai vitamin B yang dikandung terong belanda, sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh. Terutama vitamin B kompleks yang menjadi kunci beberapa enzim metabolisme.

Cegah tinggi

Kandungan terong belanda per 100 gram (setara 7 sendok makan) yakni 321 mg kalium. Dengan jumlah kalium tersebut, Anda mampu menjaga detak dan tekanan darah yang normal.

Menurunkan berat badan

Terong belanda dapat dijadikan menu makanan diet Anda karena rendah kalori dengan serat tinggi. Terlebih memiliki kadar air yang tinggi tentu akan cocok sebagai menu seimbang Anda.

Selain itu, terong belanda memiliki kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, magnesium, hingga fosfor. Terong belanda dijual di pasaran dengan harga bervariasi tergantung jenis dan kualitasnya. Sebagai referensi, kami sajikan info terbaru harga Terong Belanda di pasaran.

Hasil Panen Terong Belanda – www.klikdokter.com

 

Harga Terong Belanda di Pasaran

Terong Belanda Kisaran Harga (Rp)
Terong Belanda Superindo per 100 gr 3.000
Terong Belanda 500 gr 20.000
Terong Belanda Pepino per kg 35.000
Terong Belanda 1 kg 42.000
Terong Belanda Super 1kg 45.000
Buah Beku (Frozen) Terong Belanda per kg 55.000

Jika dibandingkan 2020, harga terong Belanda mengalami perubahan pada 2021 dan 2022. Misalnya, Terong Belanda per 100 gram di Superindo yang dijual kisaran harga Rp2.495 tahun 2020, sedikit naik menjadi Rp2.900 tahun 2021, sedikit naik lagi menjadi Rp3.000 tahun 2022.

Sementara itu, terong Belanda dari wilayah Berastagi Medan yang ditawarkan mulai harga Rp30 ribu per kilo tahun 2020, naik menjadi Rp38 ribuan tahun 2021, naik lagi menjadi Rp42 ribu tahun 2022. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba budidaya Terong Belanda, tak ada salahnya membeli bibitnya di pasaran. Berikut rincian harga benih tanaman Terong Belanda saat ini.

Terong Belanda (sumber: ruspeach.com)

Harga Benih/Bibit Terong Belanda di Pasaran

Terong Belanda Kisaran Harga (Rp)
Biji Benih Terong Belanda 1.000
Benih Terong Belanda 10 butir 5.000
Benih Terong Belanda 50 butir 18.000
Bibit Terong Belanda 200 butir 23.000
Bibit Tanaman Terong Belanda 60 cm 60.000

Dari 2020, harga benih atau bibit tanaman terong Belanda terpantau tidak mengalami perubahan pada 2021, tetapi naik di tahun 2022. Sebagai contoh, biji benih terong Belanda yang dibanderol Rp750 tahun 2021, naik menjadi Rp1.000 tahun 2022.

Perlu diketahui, harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga terong Belanda tentu dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat menemukan terong Belanda di pasar maupun supermarket terdekat dengan harga bervariasi.

Saat ini, terong Belanda banyak diolah menjadi jus. Hal ini dilakukan untuk mengambil manfaat antioksidan yang terdapat pada terong Belanda. Selain menjadi jus, terung belanda juga dapat diolah menggunakan teknologi dengan memprosesnya menjadi minuman effervescent.[1] Berikut resep sederhana untuk menyajikan minuman terong belanda yang begitu menyehatkan.

Sirup terong belanda (sumber: grab.com)

Resep Es Sirup Terong Belanda

Bahan Es Sirup Terong Belanda

  • 5-6 buah terong belanda (yang matang)
  • Sirup terong belanda (bisa digantikan dengan madu)
  • Susu kental manis
  • Air secukupnya
  • serut

Jika semua bahan sudah disiapkan, maka saatnya Anda mengikuti setiap tahapan membuat es sirup Terong Belanda

Cara Membuat Es Sirup Terong Belanda

  1. Buah terong Belanda dibelah, dikerok isinya dan dibuang bijinya. Letakkan dalam wadah gelas saji.
  2. Tambahkan sirup terong belanda.
  3. Letakkan serutan di atasnya dan beri susu kental manis sesuai selera.

Minuman es terong belanda sudah siap dan dapat dihidangkan. Anda juga dapat menambahkan buah markisa dan jahe sebagai campuran untuk meningkatkan khasiat dari minuman tersebut.[2]

[Update: Almas]

[1] Nadir, Marhamah. 2018. Senarai Penelitian Regenerasi Sektor Pertanian: SDM, Socio Agro Techno Ecology. Sleman: Deepublish. Hlm. 112.

[2] Ovilia, Femi. 2014. Organic Monster Drinks. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Hlm. 104.

Pos terkait