Update Harga Teakblock per Lembar di Pasaran

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan triplek karena material ini sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk membuat perabotan tangga, pembatas dinding, hingga furniture. Meski bentuknya itu-itu saja, ternyata triplek dibagi lagi menjadi beberapa jenis, salah satunya teakblock. Ini adalah varian triplek yang terbuat dari jati, tetapi bukan kayu jati solid, dan sering dijadikan bahan flooring desain lantai. Di pasaran, produk ini ditawarkan dengan berkisar ratusan ribu rupiah, tergantung ukuran.

Teakblock (sumber: hargabelanja.com)
Teakblock (sumber: hargabelanja.com)

Sering pula disebut lapis, triplek dapat dikatakan sebagai sejenis papan pabrikan yang terdiri dari lapisan kayu (veneer kayu) yang direkatkan bersama-sama. Triplek merupakan salah satu produk kayu yang paling sering digunakan karena bersifat fleksibel, murah, dapat dibentuk, dapat didaur ulang, dan tidak memiliki teknik pembuatan yang rumit. Kayu lapis biasanya dibuat menggunakan kayu solid karena lebih tahan retak, susut, atau bengkok.

Bacaan Lainnya

Produk triplek juga dapat dibilang sebagai salah satu jenis dari plywood dan merupakan produk olahan yang terbuat dari lembaran-lembaran kayu tipis yang direkatkan menjadi satu, kemudian di-press dengan tekanan tinggi, lalu dilem menggunakan lem khusus menjadi satu.[1] Istilah triplek digunakan lantaran material ini secara umum memang terdiri dari tiga lapisan kayu.

Baca juga  Info Terbaru Harga Berbagai Jenis Arang Kayu di Pasaran

Meski terbuat dari bahan kayu, ternyata tidak semua kayu cocok digunakan sebagai material pembuatan triplek. Bentuk fisik kayu harus bulat sempurna pada batangnya serta tingkat kelurusan kayu juga harus diperhatikan lantaran memengaruhi proses veneering yang menggunakan mata pisau yang panjang. Biasanya, kayu yang dimanfaatkan sebagai bahan baku triplek adalah kayu jabon dan kayu sengon.[2]

Triplek sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Anda mungkin pernah mendengar partikel board, yakni jenis triplek pabrikan yang dimanufaktur dari sisa pecahan kayu, serbuk kayu, atau sisa hasil gergajian. Selain itu, ada MDF atau medium density fiberboard yang setingkat lebih tinggi dari partikel board, multipleks, blockboard, dan teakblock.

Pengertian dan Manfaat Teakblock

Ilustrasi: pemasangan lantai kayu (sumber: builder.id)
Ilustrasi: pemasangan lantai kayu (sumber: builder.id)

Khusus nama yang disebutkan terakhir, dikutip dari Dekoruma, adalah triplek dari bahan kayu jati, tetapi bukan kayu jati solid. Masih menggunakan prinsip triplek yaitu rekatan lembar kayu, teakblock adalah triplek dari lembaran kayu jati yang di-press menjadi satu. Material ini sering digunakan sebagai bahan flooring desain lantai atau pelapis papan kayu, karena punya daya tahan yang cukup memuaskan dan unggul dari segi estetika yang lebih elegan.

Baca juga  Update Harga Ranjang (Bed) Rumah Sakit

Jika ada yang bertanya, mengapa kayu jati yang digunakan untuk membuat material teakblock ni? Jawabannya sebenarnya cukup sederhana. Jati punya berbagai keunggulan dibandingkan jenis kayu lainnya. Secara tampilan, jati punya tekstur yang cukup menawan, daya tahan yang kuat, awet, serta lebih mudah diperoleh.

Seperti disampaikan di atas, teakblock umumnya dipakai sebagai flooring desain lantai. Seperti diketahui, hingga sekarang lantai kayu masih menjadi bahan yang populer untuk tinggal karena menawarkan kesan yang alami serta kemampuan memberikan kehangatan di dalam ruangan.[3] Kayu yang fleksibel dapat memberikan suasana elegan, klasik, modern, maupun kontemporer.

Teakblock juga kerap dipakai untuk kebutuhan papan lebar atau bahkan panjang ketika membuat atau furniture, misalnya meja rapat, meja staf, hingga meja makan dengan ukuran besar. Berbagai elemen bangunan pun memakai teakblock, seperti dinding bagian dalam, plafon, pintu, sampai membuat daun jendela.

Teakblock

Jika Anda membutuhkan teakblock untuk sejumlah keperluan, tidak begitu sulit mendapatkan material ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko bahan bangunan, bahkan lewat situs jual beli online. Di pasaran dalam negeri, teakblock yang disediakan umumnya berukuran panjang 2,44 m, lebar 1,22 m, dan ketebalan 18 mm. Saat ini, produk tersebut dijual Rp315.000 hingga Rp442.000 per lembar, tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya yang ditawarkan dengan Rp300.000 sampai Rp442.000 per lembar.

Baca juga  Info Terbaru Harga Engsel Pintu Dekson (Dekkson) Semua Tipe

Meski punya berbagai kelebihan, layaknya material lainnya, teakblock pun tidak luput dari kelemahan, Biasanya, teakblock dibuat dari kayu yang dilem dengan lem indoor. Ini menyebabkan material tersebut agak kurang cocok ketika diletakkan di kondisi outdoor atau luar ruangan. Selain itu, dari segi kekuatan, teakblock (juga blockboard) secara umum masih kalah dibandingkan kayu lapis atau plywood. Material ini pun rentan rusak jika terkena air secara terus-menerus.

 

 

[1] Ramadhan, Ali dan Kurniawan. 2016. Eksplorasi Fisik Material Triplek. Jakarta: Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana.

[2] Ibid.

[3] Tanubrata, Maksum. 2015. Bahan-Bahan Konstruksi dalam Konteks Teknik Sipil. Jurnal Teknik Sipil, Vol. 11(2): 76-168.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.