Update Harga Susu Ultra Mimi 125 ml di Indomaret dan Alfamart

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Ultra Milk. Lalu, bagaimana dengan susu Ultra Mimi? Kedua produk tersebut sama-sama dibuat oleh PT Ultrajaya Milk Industry. Bedanya, susu Ultra Mimi ditujukan untuk yang masih dalam pertumbuhan awal (growing up kids). Di Indomaret dan Alfamart, susu ini ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Minum susu Ultra Mimi (sumber: tokopedia)
Minum susu Ultra Mimi (sumber: tokopedia)

PT Ultrajaya Milk Industry sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi minuman dan berpusat di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Perusahaan yang telah didirikan sejak tahun 1958 silam ini memproduksi berbagai produk minuman dalam kemasan mulai dari susu, teh, sari kacang hijau, hingga sari asam. Meski banyak lain dengan produk sejenis, susu Ultra Milk menjadi brand yang paling populer di masyarakat karena rasanya yang dianggap dan harganya yang relatif terjangkau, terlebih karena Ultra Milk juga telah mengantongi sertifikasi halal dari MUI.

Bacaan Lainnya

Varian Susu Ultra Milk

Susu Ultra Milk terbagi menjadi tiga varian utama, yakni susu full cream, susu low fat alias susu rendah lemak, dan susu dengan rasa-rasa. Susu Ultra Milk Full Cream memiliki satu varian rasa saja, yakni plain milk atau susu segar. Sementara itu, Ultra Milk Flavour memiliki banyak pilihan rasa, mulai dari cokelat, stroberi, mocha, hingga plain (tanpa rasa), sedangkan Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium punya dua varian rasa.

Susu Ultra Milk Flavour rasa chocolate tersedia dalam beberapa kemasan, yakni mulai 125 ml, 200ml, 250 ml, dan 1.000 ml (1 liter). Kemudian, yang rasa strawberry tersedia dalam kemasan isi 125ml, 200 ml, dan 250 ml, serta rasa mocha hanya tersedia dalam kemasan 200 ml dan 250 ml. Sementara itu, susu Ultra Milk Full Cream tersedia dalam kemasan 200 ml, 250 ml, dan 1.000 ml. Yang terakhir, susu Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium, memiliki dua rasa, yakni plain dan chocolate, yang keduanya tersedia dalam kemasan 200 ml, 250ml, dan 1.000 ml.

Tak hanya rasanya yang variatif, susu Ultra Milk juga menjadi salah satu merk yang menerapkan metode pengawetan susu UHT atau Ultra High Temperature. Seperti diketahui, metode UHT kini telah menjadi teknik yang paling umum digunakan untuk mengawetkan susu sebagai alternatif dari metode pasteurisasi. Selain untuk susu, UHT juga bisa dimanfaatkan untuk mengawetkan jus buah, sup kalengan, sup, krim, dan cairan lainnya.

Dengan metode UHT, susu akan dipanaskan terlebih dahulu dalam waktu singkat sekitar 2-3 detik pada suhu 135-150 derajat Celcius, lalu segera didinginkan hingga mencapai suhu 4-5 derajat Celcius. Pemanasan yang singkat ini sengaja dilakukan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk membuat warna, aroma, dan rasa dari susu tersebut agar relatif tidak berubah dari aslinya. Seluruh kuman atau mikroorganisme, termasuk bakteri patogen, hancur ketika proses pemanasan pada suhu tinggi tersebut. Dengan metode ini, susu UHT setidaknya bisa disimpan hingga 6 minggu.

Itulah sebabnya mengapa hampir sebagian besar susu Ultra Milk cukup tahan lama disimpan di dalam kulkas setelah segel dibuka. Namun, pihak Ultra Milk tetap menganjurkan agar susu segera dihabiskan setelah dibuka dalam waktu empat hari apabila disimpan dalam lemari pendingin. Susu yang diawetkan dengan metode UHT diklaim aman untuk dikonsumsi karena bebas dari mikroba pembusuk dan mikroba penyebab penyakit, kemudian metode UHT juga mampu mempertahankan warna dan rasa susu seperti susu sapi segar, susu pun dapat lebih awet disimpan tanpa pengawet, dan yang terakhir juga diklaim mengandung zat gizi yang bermanfaat untuk pemeliharaan kesehatan tubuh.

Susu Ultra Mimi (twitter: @adeknakemal)
Susu Ultra Mimi (twitter: @adeknakemal)

Varian dan Komposisi Susu Ultra Mimi

Selain varian susu yang telah disebutkan di atas, ada pula varian susu yang dikhususkan untuk anak-anak berusia 2 tahun ke atas, yakni Ultra Mimi. Di dalam situs resminya, perusahaan mengatakan bahwa produk ini diklaim sebagai susu berkualitas tinggi dengan tambahan kalsium, yang membuatnya sebagai nutrisi yang lengkap dan berimbang bagi anak yang masih dalam tahap pertumbuhan awal (growing up kids).

Masih menurut sumber yang sama, seluruh vitamin, nutrisi, dan kalsium yang terkandung dalam susu Ultra Mimi dikatakan sangat mudah diserap oleh tubuh, karena terbuat dari 100 persen susu segar. Dari susu cair segarnya, susu Ultra Mimi mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan juga tambahan kalsium susu, serta kandungan fosfor yang sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak. Susu ini disebutkan mendukung secara penuh dan optimal dalam proses pertumbuhan sehat anak, memperkuat tulang dan gigi, membangun pertumbuhan sel, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Ultra Mimi diklaim terbuat dari susu segar, dengan campuran gula, kalsium susu, stabilizer, dan juga bubuk cokelat/vanilla/strawberry (untuk varian rasa). Susu diproses dan disterilkan dalam metode UHT, dengan bahan baku dipanaskan dalam suhu tinggi mencapai 140 derajat Celcius dalam waktu yang singkat. Setelah itu, susu dikemas dalam kemasan yang terdiri dari 6 lapisan karton, antara lain lapisan polyethylene plastic, aluminium foil, dan kertas untuk melindungi dari sinar ultraviolet, udara, dan bakteri yang mungkin akan membuat susu terkontaminasi.

Perusahaan sendiri telah menghadirkan susu Ultra Mimi dalam empat varian rasa, yaitu full cream, cokelat, strawberry, dan vanilla, dalam kemasan kotak 125 ml. Pada 2020 lalu, susu Ultra Mimi 125 ml dijual dengan harga mulai Rp3.000 sampai Rp3.700 per kotak. Kemudian pada 2021, harga susu Ultra Mimi 125 ml turun menjadi Rp2.500 sampai Rp2.850 per kotak. Berikut kami sampaikan informasi terbaru harga susu Ultra Mimi di Indomaret dan Alfamart.

Varian susu Ultra Mimi (sumber: lazada)
Varian susu Ultra Mimi (sumber: lazada)

Harga Susu Ultra Mimi 125 ml

Varian Susu Ultra Mimi 125 ml Harga Indomaret Harga Alfamart
Ultra Mimi Susu Cair UHT Full Cream 125 ml Rp3.400 Rp3.800
Ultra Mimi Susu Cair UHT Strawberry 125 ml Rp3.400 Rp3.800
Ultra Mimi Susu Cair UHT Chocolate 125 ml Rp3.400 Rp3.800
Ultra Mimi Susu Cair UHT Vanilla 125 ml Rp3.400

Informasi harga susu Ultra Mimi 125 ml di atas telah kami rangkum dari situs resmi dan aplikasi minimarket yang bersangkutan. Selain dapat dibeli eceran, Anda pun bisa membelinya dalam jumlah banyak per karton. Berikut harga susu Ultra Mimi per karton di pasaran dalam negeri.

Harga Susu Ultra Mimi 125 ml Karton

Kuantitas Susu Ultra Mimi 125 ml Harga per Karton
Ultra Mimi 125 ml Kardus isi 10 pcs Rp29.000
Ultra Mimi 125 ml Kardus isi 20 pcs Rp74.000
Ultra Mimi 125 ml Kardus isi 40 pcs Rp143.190

Informasi harga susu Ultra Mimi 125 ml di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Sebagai perbandingan, tahun lalu, 1 dus susu Ultra Mimi 125 ml isi 10 pcs dijual dengan harga mulai Rp28 ribu, susu Ultra Mimi 125 ml isi 20 pcs seharga Rp56 ribu, dan susu Ultra Mimi 125 ml isi 40 pcs seharga Rp112.000.

Perusahaan mengatakan bahwa susu Ultra Mimi dapat disimpan dalam suhu kamar meskipun tanpa disimpan dalam pendingin. Jangka waktu penyimpanan yaitu maksimum 10 bulan. Produk juga sebaiknya disimpan dalam kondisi kering, bersih, dan di tempat yang sejuk. Namun, sangat disarankan untuk segera dihabiskan begitu kemasan sudah dibuka.

[Update: Ditta]

Pos terkait