Harga Stempel Flash (1 Warna, 2 Warna, 3 Warna)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan stempel. Ini adalah alat dengan permukaan terukir tulisan, gambar, atau keduanya yang dipakai dengan tinta untuk menghasilkan cap pada berkas atau dokumen. Memiliki yang itu-itu saja, ternyata stempel dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, salah satunya stempel flash. Diklaim lebih praktis karena tinta sudah tertempel di dalam stempelnya, harga produk ini mulai puluhan ribu saja, tergantung ukuran dan jumlah warna tinta.

Stempel Flash warna (sumber: blackpaintart.com)
Stempel Flash warna (sumber: blackpaintart.com)

Citra atau image merupakan salah satu hal penting, tidak hanya bagi pribadi, tetapi juga perusahaan. Karena itu, perusahaan perlu memiliki corporate identity yang dapat membawa pengaruh besar bagi mereka karena menjadi pembeda dengan perusahaan yang lain agar lebih mudah dikenali.[1] Corporate identity ini dapat berupa visual dan ekspresi grafis dari image perusahaan yang bersangkutan.[2]

Bacaan Lainnya

Ada banyak yang dapat dilakukan untuk menunjukkan identitas ini, salah satunya logo. Logo adalah simbol yang digunakan untuk identifikasi perusahaan, sebagai pembeda antara suatu produk atau perusahaan dengan yang lain, sebagai fungsi komunikasi, serta memberikan nilai tambah karena kehadiran logo dapat membuat produk atau perusahaan lebih dihargai.[3]

lainnya adalah memanfaatkan stempel. Seperti diketahui, stempel sudah lama dikenal dan digunakan oleh manusia sebagai satu bentuk kehadiran, adanya identitas dan keberadaan seseorang, lembaga, maupun institusi pemerintah. Bahkan, stempel biasa digunakan untuk pengesahan sejumlah penting seperti ijazah, nota, atau sebagainya.

Seperti disampaikan di atas, meskipun memiliki bentuk yang mirip, ternyata stempel dapat dibedakan menjadi setidaknya empat jenis. Masing-masing varian stempel tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahan, dapat dipilih sesuai kebutuhan. Berikut tipe stempel yang sekarang banyak diperjualbelikan di Indonesia.

Jenis Stempel

  • Stempel Otomatis/Stempel Flash/Stempel Warna, adalah stempel yang bisa digunakan tanpa bantalan tinta, artinya stempel ini menyimpan tinta di dalam karetnya. Stempel ini menggunakan karet khusus, yaitu karet flash yang dapat menyerap tinta dan menyimpannya dalam waktu lama. Dalam satu stempel, warna yang dihasilkan bisa lebih dari satu warna atau beberapa warna. Stempel warna flash ini juga menggunakan gagang yang mempunyai penutup pada bagian bawahnya. Ini berguna untuk mencegah agar tinta pada karet stempel flash tidak cepat kering, juga berfungsi sebagai pelindung karet flash-nya. Tinta yang digunakan stempel flash ini pun menggunakan tinta khusus yang jauh lebih mahal dari pada tinta stempel biasa. Ini yang menyebabkan harga jual stempel ini lebih mahal dari pada stempel kayu biasa.
  • Stempel Runaflek, adalah stempel yang menggunakan karet runaflek yang menjadi bahan dasar stempel biasa, yaitu stempel dengan gagang kayu, kristal, maupun berbahan plastik dan menggunakan bantalan tinta.
  • Stempel Dater, adalah stempel yang mempunyai fasilitas tanggal, bulan, dan tahun yang dapat diubah-ubah sesuai kapan waktu pengecapan /surat tersebut, bahkan ada juga yang mempunyai status penunjuk jam.
  • Stempel Emboss, adalah stempel yang menggunakan tekanan agar relief stempel menjadi timbul pada permukaan kertas.

Dari penjelasan di atas, apabila Anda membutuhkan stempel yang praktis, maka varian flash dapat menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, pemakaian stempel ini memang lebih praktis daripada jenis stempel runaflek karena tidak perlu menggunakan bantalan. Stempel ini juga bisa diisi ulang dan tidak perlu khawatir ketika tinta di dalam karetnya habis. Meski demikian, disarankan menggunakan warna tinta yang sama.

Stempel Flash (sumber: pinterest)

Jika Anda tertarik menggunakan stempel flash, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Pasalnya, stempel flash sudah dijual bebas dan biasanya bisa Anda peroleh di toko percetakan atau toko ATK (alat tulis kantor). Selain itu, banyak juga pedagang yang menawarkan stempel ini lewat berbagai situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut kisaran harga stempel flash di pasaran dalam negeri.

Harga Stempel Flash

Varian Stempel Flash Harga
Stempel Flash 1 Warna Kecil 20 mm Rp20.000 – Rp30.000
Stempel Flash 1 Warna Medium Rp45.000 – Rp70.000
Stempel Flash 2 Warna Kecil 20 mm Rp30.000 – Rp40.000
Stempel Flash 2 Warna 15 cm Rp55.000
Stempel Flash 2 Warna 16 cm – 20 cm Rp70.000
Stempel Flash 3 Warna 15 mm Rp50.000
Stempel Flash 3 Warna 15 cm Rp65.000
Stempel Flash 3 Warna 16 cm – 18 cm Rp80.000

Informasi harga stempel flash di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko ATK dan percetakan. Perlu Anda catat bahwa harga stempel flash tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sekadar informasi, biasanya penyedia pembuatan stempel membebaskan pelanggan mendesain stempel yang akan mereka pesan.

[1] Rishan, Luis David, Prayanto Widyo Hartanto, Rebecca Milka N. B. 2017. Perancangan Corporate Identity CV. Inti Calcium. Jurnal DKV Adiwarna Kristen Petra, Vol. 1(10).

[2] Ibid.

[3] Ibid.

Pos terkait