Info Terbaru Harga Speedometer RX King 2004 (Original dan KW)

Kalau Anda mengaku doyan motor, pasti sudah tidak asing lagi dengan RX King. Ini adalah salah satu motor keluaran Yamaha yang cukup legendaris. Karena saking melegendanya kuda besi ini, tidak sedikit yang kemudian merestorasi ulang RX King. Untuk kebutuhan tersebut, salah satu part yang sering dicari adalah speedometer. Untungnya, saat ini sudah banyak penjual yang menyediakan speedometer RX King, termasuk edisi yang keluar 2004, dengan harga mencapai jutaan rupiah untuk produk asli.

RX King 2004 - www.bukalapak.com
RX King 2004 – www.bukalapak.com

Sejarah dan Spesifikasi Yamaha RX King

Pertama kali diluncurkan pada dekade 1980-an, RX King sendiri bertahan cukup lama di pasaran dalam negeri. Motor ini bahkan masih eksis hingga milenium ketiga, yang mengalami beberapa ubahan desain dan teknologi terkait emisi gas buang. Sayangnya, karena minat masyarakat Indonesia di medio 2000-an lebih ke skuter matik, motor ini akhirnya kalah bersaing dan harus masuk kotak.

Bacaan Lainnya

Sejarah RX King sendiri dapat ditelusuri pada tahun 1983 silam. Saat itu, generasi pertama dihadirkan untuk meneruskan varian RX-K yang terbilang sukses di pasaran dalam negeri. Meski demikian, Yamaha melakukan sejumlah ubahan yang cukup signifikan, termasuk menyematkan YEIS (Yamaha Energy Induction System) yang diklaim mampu membuat motor lebih irit bahan bakar. Lebih populer dengan sebutan RX King Cobra, model ini bertahan hingga 1991.

Selang setahun kemudian, generasi kedua RX King resmi mengaspal di jalanan Tanah Air, dengan mengusung nama RX King Master. Memakai kode blok Y1-74, konon mesin sepeda motor ini dirancang oleh Yamaha Pulogadung Jakarta. Sekitar lima tahun berselang, facelift ringan dilakukan perusahaan. RX King Master produksi 1997 mengusung footstep belakang yang tidak lagi menempel pada swing arm. Namun, mesin tetap sama, yakni 2-tak, air-cooled, berkapasitas 135cc, dengan power 18,5 PS pada putaran 9.000 rpm.

Ketika milenium ketiga, pabrikan berlogo garpu tala menghadirkan generasi ketiga sekitar tahun 2002. Bernama New RX King, model ini diklaim sudah memenuhi standar Euro, sehingga tidak menghasilkan banyak asap seperti model sebelumnya, berkat catalytic converter di bagian knalpot. Sayangnya, karena kebijakan tersebut, banyak yang menilai generasi ini sebagai RX King 4-tak. Belum lagi perubahan pada desain lampu depan, yang sebelumnya kotak diubah menjadi bulat.

Meski sudah agak ramah lingkungan, sayangnya New RX King harus dimasukkan kotak oleh pabrikan pada tahun 2009. Pasalnya, kala itu, minat Indonesia lebih condong pada skuter matik yang lebih praktis. Meski demikian, RX King akhirnya menjadi legenda sepeda motor sport Indonesia yang masih banyak diminati karena akselerasi dan performanya cukup tinggi untuk ukuran motor berkapasitas 135cc.[1]

Speedometer RX King 2004 – (YouTube: rossi arjuno)

Pengertian dan Fungsi Speedometer

Nah, bagi mereka yang memiliki RX King dan ingin membuat tampilan sepeda motor lebih kece, salah satu cara yang lazim dilakukan adalah melakukan restorasi. Restorasi sendiri dapat dikatakan sebagai pemulihan kondisi seperti keadaan semula yang sudah dalam kondisi tidak layak pakai. Motor-motor lawas yang pamornya sedang naik memang biasanya enak untuk direstorasi, tidak terkecuali varian RX King.

Untuk merestorasi sebuah sepeda motor, pemilik tentunya juga membutuhkan part-part, yang kalau bisa, original atau asli. Restorasi sendiri tergantung dari kondisi kuda besi dan kebutuhan pemilik motor, part atau komponen apa saja yang perlu atau ingin diganti. Selain lampu-lampu, atau tempat duduk, tangki, spakbor, hingga pengecatan bodi, part yang sering dicari untuk merestorasi RX King adalah speedometer.

Dikutip dari Wikipedia, speedometer bisa dikatakan sebagai alat pengukur kecepatan kendaraan darat, yang merupakan perlengkapan standar setiap kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan. Perangkat ini berfungsi agar pengemudi mengetahui kecepatan kendaraan yang dijalankannya dan dijadikan informasi utama untuk mengendalikan kecepatan di kawasan atau jalan agar tidak terlalu lambat atau terlalu cepat. Pengemudi pun bisa mengatur waktu perjalanan dan mengendalikan kecepatan di jalan yang kecepatannya dibatasi.

Speedometer sendiri sekarang secara universal dipasang pada kendaraan bermotor, yang konon sudah tersedia sejak tahun 1900-an, dan akhirnya menjadi salah satu komponen standar mulai tahun 1910 dan seterusnya.[2] Selain untuk mobil, sepeda motor, pesawat terbang, dan kapal laut, speedometer juga dipasang di lokomotif, yang diklaim diciptakan pertama kali oleh Charles Babbage.[3]

Layaknya komponen lainnya, speedometer juga tidak bisa lepas dari risiko kerusakan. Matinya speedometer ini bisa ditandai dengan tidak berfungsinya jarum penunjuk arah kecepatan. Selain itu, panel lain yang juga ikut terkena dampak biasanya adalah indikator jarak tempuh atau odometer.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan matinya speedometer, dikutip Kompas. Yang paling sering bersumber dari kabel yang menjadi penghubung antara panel indikator dengan gearbox sumbu roda depan. Ketika speedometer tidak berfungsi, kabel bisa saja dalam posisi menekuk atau mungkin putus. Kalau kabel hanya menekuk, mungkin masih bisa diperbaiki. Namun, kalau sudah putus, biasanya karena usianya yang sudah lama dan sebaiknya diganti dengan yang baru.

Membeli Speedometer RX King – (www.lazada.co.id)

Harga Speedometer RX King

Nah, apabila Anda kebetulan ingin merestorasi RX King Anda atau mengganti speedometer yang sudah rusak, tidak sulit menemukan komponen ini. Sudah banyak bengkel yang menawarkan speedometer untuk RX King. Di pasaran dalam negeri,speedometer RX King keluaran 2004 sekarang dilepas dengan harga Rp1,5 juta sampai Rp2 jutaan untuk produk yang diklaim asli atau original. Sebagai perbandingan, tahun lalu harganya berkisar Rp1,5 juta hingga Rp1,85 jutaan. Sementara itu, untuk produk KW, harganya jauh lebih murah, cuma Rp300 ribu sampai Rp800 ribuan.

(Panca)

[1] Butsianto, Sufajar dan Arief Nur Hidayat. 2019. Implementasi Sistem Pakar Menggunakan Metode Case Based Reasoning dan Nearest Neighbor untuk Identifikasi Kerusakan Mesin Sepeda Motor Yamaha RX King. Jurnal Inkofar, Vol. 1(1): 23-33.

[2] Harris, William. 2007. How Speedometer Works. How Stuff Works. Diakses 7 November 2019.

[3] Lester, I. E. Charles Babbage and the Difference Engine. NewMyths.com. Diakses 7 November 2019.

Pos terkait