Update Rincian Biaya Nikah Rp20 Jutaan

Siapa bilang menikah harus mahal dengan budget hingga ratusan juta rupiah? Anda bisa menghemat biaya pernikahan dengan modal hanya Rp20 juta. Sudah ada beberapa contoh pesta pernikahan yang menghabiskan dana tidak lebih dari Rp20 juta, termasuk sewa tenda, paket seserahan, mas kawin, catering, hingga souvenir.

Proses Pasang Cincin di Pernikahan - www.thejakartapost.com
Proses Pasang Cincin di Pernikahan – www.thejakartapost.com

Upacara pernikahan sekaligus resepsinya adalah momen yang sangat penting dan berarti bagi pengantin dalam kehidupan mereka. Kebanyakan orang lebih memilih memanfaatkan jasa layanan WO (Wedding Organizer) untuk membuat momen tersebut berkesan karena lebih praktis.[1] Sayangnya, tidak semua WO menyediakan layanan paket wedding dengan harga yang murah. Untuk itu, Anda bisa mengatur pernikahan Anda sendiri tanpa WO. Meskipun terbilang cukup ribet, tetapi ini mampu membuat acara pernikahan Anda menjadi lebih hemat dan ekonomis.

Bacaan Lainnya

Akad Nikah

Akad nikah adalah momen yang sakral dan paling penting dalam sebuah pernikahan. Jika kebanyakan orang memilih melakukan akad nikah di gedung atau di rumah, ada sebuah solusi ekonomis bagi Anda yang ingin hemat. Lakukan akad nikah di KUA (Kantor Urusan Agama) pada jam kerja, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis.

KUA sebagai lembaga keagamaan telah menyediakan layanan untuk masyarakat dalam menjalankan ibadah sunnah (akad nikah) secara gratis, dengan syarat Anda harus mendaftar minimal seminggu sebelum acara. Setelah itu, Anda akan mendapatkan nomor antrean beserta jam dan persyaratan lain berupa saksi dan kebutuhan lainnya.

Saat Anda melakukan prosesi akad nikah, Anda bisa memilih menggunakan pakaian pengantin atau tidak. Jika Anda melangsungkan resepsi di hari yang sama, sebaiknya Anda memakai baju pernikahan, supaya menghemat waktu perjalanan dari KUA ke tempat resepsi. Sementara itu, jika Anda melangsungkan resepsi di hari lain, Anda bisa mengenakan baju biasa yang sopan tanpa harus memakai make up. Ini akan menghemat biaya sewa gaun pengantin sekaligus make up.

Ilustrasi: Menikah Didepan Penghulu (sumber: Bridestory)
Ilustrasi: Menikah Didepan Penghulu (sumber: Bridestory)

Tempat Resepsi

Setelah akad nikah, kebanyakan pengantin memilih untuk melangsungkan acara resepsi di tempat yang mudah dijangkau, seperti hotel dekat rumah atau gedung olahraga dekat KUA. Jika Anda ingin biaya pernikahan Anda murah meriah, Anda tidak perlu menyewa tempat seperti itu. Anda cukup mengandalkan rumah Anda untuk melangsungkan acara resepsi.

Anda bisa memilih halaman depan atau belakang rumah yang areanya cukup luas dan tidak terhalang rumah tetangga. Jika rumah Anda tidak cukup luas untuk pesta, Anda bisa menggelar resepsi di dalam rumah hingga area depan rumah. Hal ini akan memangkas biaya pernikahan, karena Anda hanya perlu menyewa tenda, kursi, , dan sound system.

Bagi Anda yang memiliki halaman cukup luas, Anda juga bisa lebih memangkas biaya lagi dengan konsep pesta kebun. Anda cukup meletakkan meja dan kursi di taman dengan hiasan lampu-lampu. Anda tidak perlu menyewa tenda karena akan lebih menarik dan unik apabila mengadakan resepsi di ruang terbuka.

Undangan dan Souvenir

Ilustrasi: Ide Souvenir Pernikahan Murah (credit: moneycrashers)
Ilustrasi: Ide Souvenir Pernikahan Murah (credit: moneycrashers)

Sudah banyak percetakan sekaligus toko souvenir yang menawarkan harga murah meriah kepada pasangan yang ingin menghemat biaya pernikahan. Pilihlah desain undangan yang dengan souvenir yang murah, tetapi banyak dibutuhkan orang. Sebagai contoh, Anda bisa memilih undangan dengan desain tanpa foto dan souvenir berupa sendok dan garpu.

Sementara itu, bagi Anda yang cukup senang dengan dunia desain dan seni, tak ada salahnya untuk mendesain undangan pernikahan sendiri. Mendesain undangan perkawinan sendiri tidak terlalu sulit, dan ini mampu memotong biaya pernikahan Anda, karena biaya desain undangan tidak bisa dibilang murah.

Jika Anda adalah orang yang kreatif, mungkin Anda bisa membuat souvenir pernikahan sendiri. Hal ini akan membuat ongkos souvenir dan undangan menjadi lebih murah. Anda bisa membuat dompet dari tali rajut atau bros dari botol bekas. Ini bisa Anda lakukan selama 3 atau 4 bulan sebelum acara pernikahan, tergantung undangan yang akan hadir.

Rincian Biaya Nikah Rp20 Juta

Kelengkapan Pernikahan Perkiraan Biaya
Akad Nikah di KUA Gratis
Tenda Plafon 100 m2 @ Rp25.000 per m2 Rp2.500.000
Rp1.000.000
Sewa Blower 2 pcs Rp600.000
Sewa Kursi Tamu tanpa Cover @ Rp5.000 Rp500.000
Mas Kawin 3 gr Kadar 75% Rp2.900.000
Paket Seserahan Rp700.000
Catering Prasmanan Sederhana (200 orang) Rp6.750.000
Sewa Baju Nikah + Pengantin Sederhana Rp1.500.000
Undangan Nikah Desain Sendiri 200 pcs Rp200.000
Souvenir Nikah Paling Murah 100 pcs Rp300.000
Foto Video Paling Murah Rp1.400.000
Sound System Minimalis 1000 Watt Rp500.000
Biaya Lain-Lain Rp1.100.000
Total Biaya Rp20.000.000

Informasi rincian biaya nikah Rp20 jutaan di atas kami rangkum dari berbagai sumber dan berdasarkan harga produk terkini. Sebagai perbandingan, harga paket catering sederhana untuk 150 orang sebelumnya berkisar Rp5,525 jutaan, sedangkan harga mas kawin 2 gram kadar 75% sekitar Rp1,932 jutaan. (Panca)

[1] Kristin, Desi Maya & Yuliana Lisanti. . Wedding Organizer Order Management. ComTech Binus, Vol. 5(2): 839-850.

Pos terkait