Info Terbaru Daftar Harga Sosis Kiloan di Pasaran

Makanan beku atau frozen food merupakan salah satu jenis makanan siap saji yang mudah dimasak. Ada banyak frozen food yang menjadi kegemaran banyak orang, mulai dari otak-otak, nuget, ayam goreng tepung, hingga sosis. Namun, dari semua frozen food yang ada, sosis masih menjadi primadona, apalagi sosis kiloan alias repack yang dijual dengan harga relatif terjangkau.

Sosis siap saji (sumber: pinterest)
Sosis siap saji (sumber: pinterest)

Sosis tidak hanya dijual dalam kemasan bermerek. Sebagian orang bahkan  lebih suka membeli sosis curah atau sosis repack. Hal ini karena harga sosis curah lebih murah dan ketika membelinya Anda bisa mencampur berbagai varian sosis. Dalam 1 kg, Anda bahkan bisa mendapatkan dua jenis sosis sekaligus. Untuk lebih lengkap mengenai jenis sosis kiloan, Anda bisa melihat rincian berikut.

Bacaan Lainnya

Varian Sosis Kiloan

  • Sosis sapi. Ini adalah sosis berbahan dasar daging sapi dan dicampur dengan tepung , terigu, serta telur sebagai pengikatnya. Ciri sosis sapi berwarna merah atau merah muda.
  • Sosis ayam. Berbahan dasar daging ayam segar, produk ini cukup umum di pasaran. Ciri khasnya terletak dari warnanya yang pucat atau kekuningan. Ada juga sosis ayam yang berwarna putih dan biasanya ini cenderung lebih banyak tepungnya dibanding daging ayamnya.
  • Sosis ikan. Sangat jarang ditemukan, sosis ikan biasanya terbuat dari daging ikan tenggiri. Sekilas, produk ini mirip dengan pempek atau otak-otak yang belum digoreng. Sosis ikan memiliki warna yang putih pucat dengan aroma sedikit amis.
  • Sosis babi. Ini adalah jenis sosis non-halal yang terbuat dari daging babi segar. Hampir mirip dengan sosis sapi karena berwarna merah atau merah muda, hanya saja tidak terlalu amis. Umumnya, warna merah pada sosis babi berasal dari darah hewan tersebut.

Resep Sederhana Membuat Sosis

Selain membeli, sebenarnya Anda bisa membuat sosis sendiri di rumah dengan menyiapkan beberapa dan peralatan. Untuk bahan utama, Anda bisa memilih berbagai jenis daging, seperti daging sapi, ayam, kambing, babi, hingga ikan. Agar lebih praktis, Anda bisa memilih daging yang sudah digiling. Biasanya, harga daging giling per 100 gramnya dipatok Rp24 ribu hingga Rp59 ribu tahun 2021, naik menjadi Rp28 ribuan hingga Rp40 ribuan, tergantung dari jenis dagingnya. Untuk porsi kecil, siapkan gr daging giling.

Setelah Anda memilih jenis daging yang Anda inginkan, siapkan bahan pendamping, seperti 2 butir telur, 300 gr tepung terigu, 50 gr tepung tapioka, garam secukupnya, gula secukupnya, 100 cc air, irisan daun bawang secukupnya, lada secukupnya, dan bawang putih secukupnya. Siapkan juga peralatan seperti baskom dan sarung tangan plastik.

Ilustrasi: Memasak Sosis Kiloan (credit: newidea)
Ilustrasi: Memasak Sosis Kiloan (credit: newidea)

Langkah pertama, masukkan daging giling ke dalam baskom bersama dengan tepung tapioka terlebih dahulu. Aduk hingga kalis, lalu masukkan tepung terigu dan telur yang diambil kuningnya saja. Sembari mengaduk adonan, masukkan bawang putih yang telah dihaluskan sebanyak tiga siung, irisan daun bawang, garam, lada, dan gula ke dalam baskom. Aduk hingga rata, lalu masukkan air sedikit demi sedikit.

Setelah semua rata, Anda perlu menyiapkan plastik dengan yang panjang. Anda bisa membeli plastik khusus sosis di pasar atau toko plastik terdekat. Masukkan adonan sosis ke dalam wadah plastik secara perlahan. Pastikan Anda mengisinya dengan rapi dan sisakan sedikit ruang dalam plastik, karena adonan akan mengembang. Setelah semua adonan diisi ke dalam wadah sosis, kukus adonan selama 30 menit pada api kecil agar matangnya merata.

Selain menggunakan bawang putih dan irisan daun bawang sebagai penambah rasa, agar sosis buatan Anda kaya rasa, Anda pun bisa menambahkan berbagai macam isian. Anda bisa menambahkan irisan daging asap, keju, dan lada hitam. Setelah sosis dikukus dan matang, diamkan sebentar hingga dingin dan masukkan ke dalam lemari es untuk disimpan.

Menu di atas dapat disimpan selama tiga bulan, bahkan lebih lama jika dibekukan. Selain lebih bergizi, karena tidak mengandung bahan pengawet ataupun penyedap, sosis buatan sendiri juga lebih lezat. Anda bisa menambahkan berbagai macam varian dan membuat kadar dagingnya lebih terasa.

Harga Sosis Kiloan Tanpa Merek

Ilustrasi: Sosis Kiloan (sumber: 247wallst.com)
Ilustrasi: Sosis Kiloan (sumber: 247wallst.com)

Untuk harga sosis curah di pasaran (tanpa merek), dipatok mulai Rp17 ribu hingga Rp35 ribu per kg tahun 2021, naik menjadi Rp20 ribuan hingga Rp50 ribuan per kilo. Sebagai perbandingan, tahun 2020, harga sosis curah atau rijek dipatok mulai Rp15 ribu untuk jenis sosis dengan kadar daging minimal 10% dan Rp20 ribu hingga Rp50 ribu untuk jenis sosis dengan daging premium. Ada juga sosis dengan merek terkenal yang di-repack, tetapi biasanya punya harga lebih .

Harga Sosis Kiloan Bermerek

Merk dan Varian Sosis Harga per Kg
Champ Chicken Sausage Halal isi 40 pcs Rp40.000
Nidia Sosis Sapi Halal isi 50 pcs Rp62.700
Kabita Sosis Ikan Halal Rp65.000
Lap Chiong BMF Sosis Babi China Non Halal Malaysia Rp72.000
Bratwurst Sosis Sapi/Beef Bratwurst/Halal Rasa Asin isi 15 pcs Rp90.000
Sosis Kanzler Kiloan Bockwurst Halal Rasa Lada Hitam isi 14 pcs Rp120.000
Kanzler Beef Cocktail Sausage Sosis Sapi Mini Kecil Kiloan Cimory Halal isi 40 pcs Rp125.000
Kanzler Bockwurst Sausage Sosis Ayam Kiloan Cimory Premium Varian Lada Hitam Halal isi 14 pcs Rp125.000
Kanzler Garlic Frankfurter Sausage, Sosis Bawang Putih Kiloan Cimory isi 14 pcs Rp125.000
Kanzler Cheese Frankfurter Sausage Halal Rasa Keju isi 14 pcs Rp144.000
Lap Chiong Aroma Sosis Babi China Non Halal isi 40 pcs Rp181.000

Harga sosis kiloan di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga sosis kiloan tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga sosis kiloan bermerek tahun 2021 hingga 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Champ Chicken Sausage halal isi 40 pcs yang dijual dengan harga Rp37.000 tahun 2020, sedikit naik menjadi Rp38.900 di tahun 2021, naik lagi menjadi Rp40 ribu di tahun 2022.

[Update: Almas]

Pos terkait