Kegunaan dan Harga Soda Ash

No comment478 views

Bagi Anda yang sering beraktivitas di , pastinya sudah tidak asing lagi dengan soda ash. Ini merupakan salah satu kimia dengan bentuk menyerupai tepung. Tidak sulit menemukan soda ash, Anda bisa membelinya di bahan kimia atau secara online. Soda ash sendiri biasanya dijual dalam bentuk repack, dengan bervariasi, dan ada juga yang menjualnya dalam kemasan karung. Harga soda ash mulai Rp8 ribuan per kemasan.

Soda ash merupakan salah satu bahan kimia dengan rumus kimia Na2CO3. Dalam bahasa Indonesia, soda ash lebih dikenal dengan natrium karbonat atau soda abu. Secara teori, soda ash adalah salah satu jenis garam natrium yang terbentuk dari asam karbonat. Karena teksturnya yang berupa bubuk, soda ash mudah larut dalam air. Meskipun terbentuk dari asam, soda ash memiliki sifat basa dan dapat membentuk larutan alkali yang kuat. Di kehidupan sehari-hari, soda ash memiliki banyak kegunaan, seperti berikut ini.

Harga Soda Ash - www.igrnews.com

Harga Soda Ash - www.igrnews.com

Soda Ash

Membersihkan Kolam Renang

Salah satu kegunaan soda ash yang paling umum, yaitu untuk membersihkan kolam renang. Soda ash akan mengikat kotoran dan kerak pada kolam renang, lalu membuat kotoran tersebut mengendap di dasar kolam. Dengan kotoran yang mengendap di dasar kolam, ini mempermudah Anda untuk membersihkan kolam renang. Apalagi jika kolam renang memiliki filter penyaring di bagian dasar. 

Cara menggunakan soda ash untuk membersihkan kolam renang juga mudah dan praktis. Anda hanya perlu melarutkan soda ash ke dalam ember terlebih dahulu sebelum menuangkannya ke kolam renang. Penting untuk Anda melarutkan soda ash agar kegunaannya lebih efektif dan lebih menyebar dengan mudah.

Menjernihkan Air Kolam Renang

Kegunaan lain dari soda ash, yaitu untuk menjernihkan kolam renang. Kolam renang yang baru saja diisi dan dikuras pastinya akan membutuhkan waktu lama untuk jernih. Apalagi jika Anda menggunakan air keran. Untuk membuat air cepat jernih, Anda bisa melarutkan soda ash dalam ember, dan menuangkannya setelah kolam renang terisi. Dengan menuangkan soda ash pada kolam renang, kejernihan air juga akan bertahan lebih lama. 

Perlu Anda ketahui pula bahwa warna keruh pada air kolam renang diakibatkan oleh pH yang tidak stabil. pH yang tidak stabil akan membuat lumut dan bakteri berkembang di dasar kolam, sehingga air berubah warna. Untuk menjaga keseimbangan pH air kolam dan mencegah bakteri serta lumut mengubah warna air, Anda bisa menggunakan soda ash. Meski demikian, penggunaan soda ash pada kolam renang untuk menjernihkan air harus diuji terlebih dahulu memakai pengukur volume dan test kit.

Mencuci Pakaian

Jika Anda ingin memiliki pakaian yang lembut dan tidak mudah kusut, Anda bisa menambahkan soda ash pada deterjen Anda. Banyak orang menggunakan soda ash agar pakaian mereka menjadi lebih lembut dan tidak mudah kusut. Anda bisa mencobanya untuk mencuci kemeja atau kain dan pakaian berbahan katun. Dalam penggunaannya untuk mencuci pakaian, soda ash dikatakan mampu menghilangkan noda.

Jika Anda memiliki kain atau baju yang terkena minyak, Anda pun bisa mencucinya dengan mudah menggunakan soda ash. Minyak yang lengket dan tidak mudah dibersihkan diklaim akan terangkat dengan sempurna. Noda darah pada pakaian atau kain juga dapat dihilangkan dengan mudah memakai soda ash. Anda bisa membuktikannya sendiri di rumah.

Membedakan Ion pada Logam

Soda ash sering dijadikan sebagai salah satu bahan uji coba. Ini digunakan untuk membedakan berbagai jenis ion pada logam. Logam akan diendapkan bersama soda ash dan garam metal, lalu dianalisis perubahan warna endapan yang ada. Kebanyakan logam yang diuji adalah tembaga, besi, kalsium, seng, dan timbal. Dengan cara pengendapan tersebut, Anda bisa tahu jenis ion apa saja yang terdapat pada logam.

Indikator dari jenis ion pada besi, yaitu warna biru untuk ion Cu2+, hijau kotor untuk ion Fe2+, kuning-coklat untuk ion Fe3+, dan endapan putih untuk ion Ca2+, Zn2+, atau Pb2+. Dari adanya endapan dan jenis ion tersebut, Anda juga akan mengetahui bentuk ikatan yang terjadi pada tiap-tiap ion pada logam. Ikatan yang terjadi, antara lain tembaga (II) karbonat, besi (II) karbonat, besi (III) oksida, kalsium karbonat, seng karbonat, serta timbal (II) karbonat. Ikatan tersebut ada, karena hampir semua karbonat tidak mudah larut dalam air.

Harga Soda Ash - trisaktiwiratama.blogspot.com

Harga Soda Ash - trisaktiwiratama.blogspot.com

Daftar Harga Soda Ash

Merk/Jenis Soda AshHarga (Rp)
Soda Ash Dense 500 gr 8.000
Soda Ash TRO Tunjung 500 gr 8000
Soda Ash Angeltata 500 gr 8.500
Soda Ash Light Food Grade 1 Kg14.000
Soda Ash Megah Abadi 1 Kg15.000
Soda Ash Dense 50 kg 400.000

Selain manfaat-manfaat di atas, masih banyak kegunaan soda ash lainnya. Ada soda ash yang bisa digunakan untuk membuat kaca, caranya yaitu dengan mencampurkan pasir kasa, soda ash, dan beberapa bahan kimia lainnya. Setelah itu, cairan yang terbentuk dari bahan-bahan kimia tersebut akan dicetak dan didiamkan selama beberapa waktu untuk menghasilkan kaca yang kuat dan tidak mudah pecah.

Beberapa orang juga sering menggunakan soda ash untuk bahan pengembang kue atau roti. Tentunya, soda ash harus melewati beberapa proses agar aman dijadikan bahan konsumsi. Pasalnya, karena seperti bahan kimiawi lainnya, soda ash juga memiliki efek samping terhadap jika digunakan sembarangan.

Baca juga  Harga Plamir Kayu Terbaru (Semua Merk dan Ukuran)
author

Leave a reply "Kegunaan dan Harga Soda Ash"