Info Harga Sirih Merah (Daun, Bibit, Kapsul, Bubuk)

Sirih sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang bisa difungsikan sebagai obat untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Daun sirih yang beredar di Indonesia pun jenisnya macam-macam, ada yang berwarna hingga warnanya merah. Daun sirih merah kabarnya menyimpan khasiat yang tak kalah menakjubkan dari sirih hijau. Sirih merah biasanya dijual dalam wujud tanaman (bibit), daunnya saja (segar maupun kering), bubuk, hingga sudah dikemas dalam kapsul yang praktis. Harga sirih merah beragam, tergantung kuantitasnya.

Daun sirih merah (sumber: shopee)
Daun sirih merah (sumber: shopee)

Sirih merah (Piper crocatum) merupakan salah satu tanaman obat potensial yang diketahui secara empiris memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, di samping juga memiliki nilai spiritual yang tinggi. Sirih merah termasuk dalam satu elemen penting yang harus disediakan dalam setiap upacara adat, khususnya di Yogyakarta. Tanaman ini termasuk di dalam famili Piperaceae dengan penampakan daun yang berwarna merah keperakan dan mengkilap saat kena cahaya.

Bacaan Lainnya

Pada tahun 1990-an sirih merah difungsikan sebagai tanaman hias oleh para hobiis, karena penampilannya yang menarik. Permukaan daunnya merah keperakan dan mengkilap. Pada tahun-tahun terakhir ini ramai dibicarakan dan dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Dari beberapa pengalaman, diketahui sirih merah memiliki khasiat obat untuk beberapa penyakit.

Tanaman sirih merah menyukai tempat teduh, berhawa sejuk dengan sinar matahari 60-75%, dapat tumbuh subur dan bagus di daerah pegunungan. Bila tumbuh pada daerah panas, sinar matahari langsung, batangnya cepat mengering. Selain itu, warna merah daunnya akan pudar.

Zat-zat yang Terdapat pada Sirih Merah

  • Flavonoid berfungsi sebagai antibakteri dengan cara membentuk senyawa kompleks terhadap protein extraseluler yang mengganggu integritas membran sel bakteri. Flavonoid merupakan senyawa fenol sementara senyawa fenol dapat bersifat koagulator protein.
  • Alkaloid memiliki kemampuan sebagai antibakteri. Mekanisme yang diduga adalah dengan cara mengganggukomponen penyusun peptidoglikan pada sel bakteri, sehingga lapisan dinding sel tidak terbentuk secara utuh dan menyebabkan kematian sel tersebut.
  • Tanin memiliki aktivitas antibakteri, secara garis besar mekanisme yang diperkirakan adalah sebagai berikut: toksisitas tanin dapat merusak membran sel bakteri, senyawa astringent tanin dapat menginduksi pembentukan kompleks senyawa ikatan terhadap enzim atau substrat mikroba dan pembentukan suatu kompleks ikatan tanin terhadap ion logam yang dapat menambah daya toksisitas tanin itu sendiri.
  • Minyak atsiri berperan sebagai antibakteri dengan cara mengganggu proses terbentuknya membran atau dinding sel sehingga tidak terbentuk atau terbentuk tidak sempurna8. Minyak atsiri yang aktif sebagai antibakteri pada umumnya mengandung gugus fungsi hidroksil (-OH) dan karbonil. Turunan fenol berinteraksi dengan sel bakteri melalui proses adsorpsi yang melibatkan ikatan hidrogen. Pada kadar rendahterbentuk kompleks protein fenol dengan ikatan yang lemah dan segera mengalami peruraian, diikuti penetrasi fenol ke dalam sel dan menyebabkan presipitasi serta denaturasi protein. Pada kadar tinggi fenol menyebabkan koagulasi protein dan sel membran mengalami lisis.[1]

Dilansir dari Alodokter, berikut sederet dari daun sirih merah yang baik untuk kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit.

Sirih Merah

  • Mempercepat penyembuhan luka.
  • Mencegah infeksi bakteri.
  • Mengobati rheumatoid arthritis.
  • Melawan radikal bebas.
  • Mengobati diabetes.
  • Mencegah pembentukan plak gigi.
Tanaman sirih merah (sumber: reddit)

Apabila Anda tertarik untuk menanam sirih merah atau mencoba dari sirih merah, berikut kami rangkum info harga sirih merah di pasaran.

Harga Sirih Merah

Jenis Sirih Merah Harga (Rp)
Daun sirih merah segar per lembar 143 – 1.575
Kapsul daun sirih merah curah (per kapsul) 200
Bibit sirih merah 12.000 – 20.000
Daun sirih merah 50 gram 15.000
Daun sirih merah segar 500 gram 22.000
Daun sirih merah 100 kapsul 25.000
Daun sirih merah bubuk 50 gram 28.800
Daun sirih merah kering 250gr 45.000 – 50.000
Daun sirih merah kering 500gr 87.500
Daun sirih merah 200 gram 95.000
Daun sirih merah bubuk 100gr 100.000
Daun sirih merah kering 1 kg 200.000
Daun sirih merah bubuk 500g 256.000 – 500.000

Informasi harga sirih merah di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ingat bahwa harga sirih merah dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga sirih merah yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

[1]Rachmawaty, FJ dkk. 2009. Sirih Merah (Piper crocatum) Sebagai Agen Anti Bakterial Terhadap Bakteri Gram Positif Dan Gram Negatif. JKKI – Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia. 1(1): 1-10.

Pos terkait