Update Kisaran Harga Sespan Vespa (Klasik dan Matic)

Bagi mereka yang menggemari Vespa, pasti sudah sangat familiar dengan sidecar atau sering disebut sespan. Ini adalah aksesori tambahan pada sepeda motor yang ditempelkan di bagian samping, biasanya untuk mengangkut penumpang tambahan. Dapat dipakai untuk berbagai tipe besi, sespan memang lebih sering digunakan pada Vespa. Hadir dalam beragam bentuk, harga aksesori tersebut ternyata lumayan mahal, bisa mencapai angka puluhan juta rupiah, tergantung desain dan material.

Sespan Vespa matic (sumber: jualo)
Sespan Vespa matic (sumber: jualo)

Sekilas Tentang Vespa

Kendaraan bermotor saat ini telah menjadi sarana mobilitas yang penting bagi manusia, untuk memudahkan kegiatan berpindah lokasi, mengangkut barang, dan lain-lain. Meskipun sekarang sudah banyak orang yang memiliki mobil, tetapi sepeda motor tetap menjadi favorit lantaran tidak cuma sebagai alat transportasi gerak cepat, melainkan juga alat transportasi yang praktis dan terjangkau.[1]

Bacaan Lainnya

Merupakan pengembangan dari sepeda konvensional yang ditemukan pada tahun 1868 oleh Ernest Michaux, Edward Butler, dan Gottlieb Daimler, sepeda motor saat ini telah hadir dalam berbagai desain dan kapasitas mesin. Nah, salah satu yang populer dan telah menjadi sebuah ikon adalah Vespa, sebuah sepeda motor kategori skuter yang pertama kali hadir di Italia pada dekade 1940-an silam.[2]

Sekilas tentang Vespa, ini adalah sebuah skuter yang pertama kali dirancang Rinaldo Piaggio, saat meluncurkan skuter MP5 atau yang lebih dikenal orang Italia dengan sebutan Donald duck karena punya bentuk menyerupai bebek.[3] Namun, produk pertama Vespa yang pertama dipasarkan dirancang oleh Enrico Piaggio dan Armando pada tahun 1946 dengan bentuk menyerupai kumbang.

Baca juga  Update Harga Ban Tubles Honda BeAT (Depan dan Belakang)

Seiring waktu, Vespa menjadi salah satu kendaraan populer di dunia dan akhirnya masuk ke pasaran Indonesia pada dekade 1970-an. Sejak saat itu, Vespa menjadi kendaraan skuter favorit banyak masyarakat di Tanah Air. Bahkan, muncul komunitas-komunitas Vespa, termasuk Vespa gembel, yang suka mengembara dari satu kota ke kota lainnya, sekaligus manifestasi bagaimana skuter asal Negeri itu mampu membuat hidup mereka kaya warna.[4]

Apa Itu Sespan?

Sespan Vespa (sumber: liputan6)
Sespan Vespa (sumber: liputan6)

Selain dalam model standar bawaan pabrikan, di jalanan Indonesia, juga jamak dijumpai modifikasi Vespa, mulai dari tampilan warna, spesifikasi mesin, hingga bentuk bodi yang berubah drastis. Nah, salah satu modifikasi Vespa yang cukup unik adalah dengan penambahan sespan atau bak penumpang yang biasanya diletakkan di samping sepeda motor.

Sebagai salah satu model modifikasi, tujuan pemasangan sespan pada Vespa tentunya untuk menambah kesan manis pada tampilan skuter ini. Namun, tidak cuma dari sisi estetika, sespan juga memiliki sisi fungsional sebagai muatan penumpang tambahan. Ini berguna jika pengendara ingin membawa serta dua orang penumpang untuk bepergian.

Umumnya, sespan Vespa memiliki dua model, yaitu klasik dan modern. Sespan biasanya diproduksi dengan menggunakan bahan fiber dan rangka-rangka besi yang disambungkan ke bagian bawah (dek) Vespa. Pemasangan sespan disesuaikan dengan aturan transportasi di negara Vespa itu akan dijalankan. Misalnya di Indonesia, sespan dipasang di sisi sebelah kiri Vespa.

Untuk bentuknya, jamak ditemui sespan model ekstrem. Sespan ini biasanya ceper ke bawah dengan memiliki empat roda, atau biasa disebut becaknya Vespa. Selain itu, ada juga sespan army yang memiliki lekukan bodi dan motif warna mirip kendaraan tempur. Namun, menurut beberapa bengkel pembuat Vespa, model sespan yang paling aman adalah berbentuk mirip kapsul, dengan bagian ujung tidak meruncing sehingga ruang untuk kaki bisa lebih lebar.

Baca juga  Info Terkini Harga Rack Steer Honda Freed (Baru & Bekas)

Di Indonesia sendiri, sudah cukup marak bengkel yang memproduksi sespan untuk Vespa, salah satunya Scoter99 yang berada di kawasan Ulujami, Jakarta. Tidak hanya menerima pesanan sespan dari Bali, Balikpapan, Manado, dan Papua, bengkel ini juga mengklaim sering menerima order dari luar negeri seperti Italia, Jerman, Portugal, Swiss, dan Singapura.

Dengan fungsinya sebagai bak penampung penumpang tambahan, lalu berapa harga sespan Vespa? Sebenarnya, harga aksesori sepeda motor ini sangat bervariasi, tergantung material yang digunakan, ukuran, serta model atau desain. Semakin besar ukuran, semakin unik modelnya, dan semakin lengkap fiturnya, biasanya harga juga akan semakin mahal.

Harga Sespan Vespa

Vespa dengan sespan (sumber: lazone.id)
Vespa dengan sespan (sumber: lazone.id)
Tipe Sespan Kisaran Harga Fitur
Sespan Vespa Excel 97 Rp8.000.000 – Rp20.000.000 Bahan rangka besi, warna custom, jok semi kulit, suspensi monoshock
Sespan Vespa Klasik Rp25.000.000 – Rp28.000.000 Bahan rangka besi, jok semi kulit, suspensi monoshock, windshield, fender light, warna custom, foot step, rain cover, handrest, interior karpet
Sespan Vespa Matik Rp30.000.000 – Rp40.000.000 Bahan fiberglass, interior karpet, jok semi kulit, tempat menyimpan helm, ban baru, penutup sespan, lampu fender, windshield
Sespan Vespa PX Rp30.000.000 Kursi buatan tangan (fleksibel), tempat penyimpanan helm, interior karpet, rain cover, ban baru, windshield, aksesori tambahan opsional, custom warna
Sespan Vespa Primavera, GTS, LX, LXV Rp30.000.000 Kursi buatan tangan (fleksibel), tempat penyimpanan helm, interior karpet, rain cover, ban baru, windshield, suspensi, aksesori tambahan opsional, custom warna
Baca juga  Update Tarif Bus Surabaya-Malang (Ekonomi dan Patas)

Selain model baru, ada juga beberapa pemilik yang menawarkan sespan bekas, biasanya juga sudah termasuk Vespa-nya. Di salah satu situs jual beli online, Vespa Excel 97 plus sespan dilepas dengan harga Rp20 jutaan, sedangkan harga Vespa PX plus sespan berkisar Rp25 jutaan. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, sespan untuk Vespa klasik ditawarkan Rp26 juta sampai Rp35 jutaan, sedangkan harga sespan untuk Vespa matik Rp28 jutaan.

Lalu, apakah pemasangan sespan pada Vespa melanggar peraturan lalu lintas? Menurut Undang-Undang No. 22 tahun 2009 Pasal 20, Vespa dikategorikan sebagai sepeda motor dan sespan termasuk bagian dari sepeda motor. Namun, Pasal 52 ayat 1 UU No. 22 tahun 2009 menyatakan bahwa setiap kendaraan yang dimodifikasi yang menyebabkan perubahan tipe (dimensi, mesin, dan kemampuan daya angkut), akan dilakukan penelitian rancang bangun dan rekayasa kendaraan, yang mencakup rancangan teknis, susunan, ukuran, material, sistem lampu, tempat pemasangan tanda nomor kendaraan, serta kaca, pintu, engsel, dan bumper.

[1] Amrullah, dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal Ekonomi dan Manajemen UNMUL, Vol. 13(2): 99-118.

[2] Alfarisi, Muhammad Shaleh. 2019. Komunitas Vespa Modern: Kajian terhadap Pembentukan Identitas dan Gaya Hidup. Program Studi S1 Antropologi Sosial Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang, hlm. 2.

[3] Ibrahim, Deri. 2018. Pemaknaan Vespa Extreme Bagi Pengguna Vespa Extreme di Kota Pekanbaru dalam Perspektif Fenomenologi. JOM FISIP Universitas Riau, Vol. 5(1).

[4] Rachmad, Teguh Hidayatul. 2015. Vespa Trash Culture Fan Communities in Bangkalan Madura. Communication Sphere, Vol. 1(1): 1-7.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *