Harga Cocoa Powder Kemasan Kecil dan Besar (Semua Merk)

tidak hanya dapat diolah menjadi cokelat batangan, yang menjadi favorit banyak orang. Lemak tanaman ini juga dapat diremas untuk menghasilkan apa yang dikenal sebagai powder atau kakao. Tidak kalah dengan cokelat batangan, powder ternyata juga dikatakan punya kandungan nutrisi yang tinggi, yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sudah hadir dalam beragam merk dan , powder relatif terjangkau.

Ilustrasi: Cocoa Powder (credit: foodbusinessnews/Adobe Stock)

Ilustrasi: Cocoa Powder (credit: foodbusinessnews/Adobe Stock)

Dilansir dari Wikipedia, kakao atau punya nama latin Theobroma cacao L., merupakan pohon budidaya di perkebunan yang awalnya berasal dari kawasan Amerika Selatan. Namun sekarang, tumbuhan ini sudah ditanam di berbagai kawasan tropis. Dari biji tumbuhan inilah, dihasilkan produk yang dikenal sebagai cokelat atau sering juga disebut .

Masih menurut referensi yang sama, coklat kabarnya pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu coklat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan. Seiring waktu, produk ini kerap diberikan sebagai hadiah atau bingkisan pada hari raya. Dengan bentuk, corak, dan yang unik, coklat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian, bahkan sebagai pernyataan cinta. Coklat juga telah menjadi salah satu yang paling populer di dunia. Selain dikonsumsi paling umum dalam bentuk coklat batangan, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin.

Di pasaran sendiri, ada sejumlah produk coklat, seperti coklat pahit (bitter chocolate), coklat susu (milk chocolate), hingga coklat putih (white chocolate).[1] Coklat pahit terbuat dari pasta kakao dengan penambahan sedikit gula, sedangkan coklat susu terbuat dari campuran pasta kakao, lemak kakao, gula, serta susu bubuk dalam jumlah yang substansial. Sementara itu, coklat putih diolah dari campuran lemak kakao, gula, dan susu bubuk.

Apa pun jenis coklat, makanan ini dikatakan sebagai salah satu sumber konsentrat senyawa flavanol, yang berguna sebagai antioksidan alami, yang disebut sebagai flavonoid yang sering ditemukan pula pada teh, anggur merah, dan tomat. Zat, menurut sejumlah penelitian, diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung atau kardiovaskular.[2]

Baca juga  Update Harga Busa Meteran di Pasaran

Sebenarnya, potensi keunggulan produk olahan dan coklat untuk kesehatan tubuh bukanlah hal yang sama sekali baru karena sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan di masyarakat Amerika Tengah dan Eropa. Kemudian, konsep minuman coklat memiliki manfaat kesehatan diterima secara luas pada tahun 1850-an hingga 1900-an.[3]

Ilustrasi: Bubuk Kakao (credit: physiquechef)

Ilustrasi: Bubuk Kakao (credit: physiquechef)

Jenis dan Manfaat Cocoa Powder

Selain diolah menjadi cokelat batangan, kakao juga dapat dibuat menjadi bubuk. Produk ini banyak digunakan sebagai bahan campuran adonan kue atau diolah sebagai minuman cokelat instan. Walau bentuknya sama-sama bubuk, sebenarnya cocoa powder memiliki karakteristik yang berbeda berdasarkan proses pembuatan bubuk cokelatnya, yakni alami dan dutch.

Cokelat bubuk natural atau alami memiliki karakter rasa yang dikatakan asam dan lebih pahit. Umumnya, cokelat bubuk natural dipadukan dengan soda kue sehingga ketika dipanggang, kue bisa mengembang dengan sempurna. Bubuk cokelat natural diproses dengan memisahkan sebagian besar lemak hingga tersisa 18 persen hingga 23 persen saja.

Sementara itu, dutch process dibuat dengan menambahkan larutan alkali atau potassium carbonate untuk melarutkan rasa asam. Hal inilah yang membuat coklat bubuk dutch process memiliki citarasa yang cenderung netral, mempunyai warna lebih gelap, dan tekstur bubuknya lebih lembut sehingga banyak digunakan sebagai minuman cokelat instan.

Seperti halnya olahan kakao lainnya, cocoa powder juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bubuk kakao dikatakan dapat meningkatkan nitrit oksida di dalam darah yang bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, produk ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan mood karena mengandung phenethylamine (neurotransmitter yang ditemukan di otak), serta bertindak sebagai anti-depresan.

Baca juga  Harga G Suite (Basic, Business, Enterprise, Education)

Bubuk kakao juga kaya akan polifenol, yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan serta memperlancar aliran darah agar tekanan darah dan kadar gula dalam darah tetap stabil. Manfaat lainnya adalah mengurangi kolesterol jahat dan memperlancar aliran darah ke jantung, mengatur pembakaran lemak di dalam tubuh, mengurangi nafsu makan, meningkatkan oksidasi lemak, membuat efek kenyang, membantu mengatasi batuk dan melebarkan paru-paru berkat kandungan teofilin dan theobromine, melindungi gigi agar tidak berlubang, serta memiliki sifat anti-kanker.

Kue Olahan Cocoa Powder (credit: kingarthurbaking)

Kue Olahan Cocoa Powder (credit: kingarthurbaking)

Cara Membuat Cocoa Powder

Untuk membuat cocoa powder sebenarnya cukup simpel. Anda bisa memanfaatkan 500 gram biji kakao kering, kemudian dipanaskan menggunakan oven dengan suhu sekitar 100 derajat Celcius selama 30 menit untuk memudahkan pemisahan kulit biji dari kotiledon.[4] Kotiledon disangrai menggunakan alat penyangrai tipe silinder pada suhu 130 derajat Celcius selama 20 menit. Nib yang sudah disangrai, di-press secara hidrolik dengan takaran 200 kN selama 10 menit, lalu dihancurkan dengan blender dan diayak menggunakan ayakan 40 mesh untuk mendapatkan bubuk cokelat.

Namun, jika Anda tidak memiliki biji cokelat, tidak mempunyai alat memadai, atau tidak ingin repot, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, saat ini sudah tersedia cocoa powder yang dijual bebas dalam berbagai merk dan kemasan, selain ada pula yang dijual repack. Berikut kami sajikan informasi kisaran harga cocoa powder di pasaran dalam negeri.

Ilustrasi: Produk Cocoa Powder (credit: spoonuniversity)

Ilustrasi: Produk Cocoa Powder (credit: spoonuniversity)

Harga Cocoa Powder

Merk/Kemasan Cocoa PowderHarga
Bensdorp Cocoa Powder 50 gr RepackRp8.000
Windmolen Cocoa Powder 45 grRp8.600
Van Houten Cocoa Powder 45 grRp11.500
Windmolen Cocoa Powder 90 grRp14.900
Bensdorp Cocoa Powder 100 gr RepackRp15.000
Tulip Bordeaux Cocoa Powder 100 gr RepackRp17.000
Oh! Java Cocoa Powder Dark 90 grRp18.500
Van Houten Cocoa Powder 90 grRp19.500
Oh! Java Cocoa Powder Classic 90 grRp19.500
Ghirardelli Sunrise Cocoa Powder 100 grRp27.000
Oh! Java Cocoa Powder Classic 180 grRp29.500
Oh! Java Cocoa Powder Dark 180 grRp30.500
Timurasa Indonesia Cocoa Powder Dark 125 grRp30.875
Windmolen Cocoa Powder 180 grRp32.000
Bensdorp Cocoa Powder 250 grRp33.500
Van Houten Cocoa Powder 180 grRp35.000
Verdure Cocoa Powder 100 grRp37.500
Tulip Bordeaux Cocoa Powder 250 gr RepackRp38.000
Bendico Cocoa Powder 90 grRp50.000
Danora Cocoa Premium Dark Brown 500 grRp50.700
Cargill Gerkens Cocoa Powder 1 kgRp53.000
Oh! Java Cocoa Powder 1 kgRp89.900
Timurasa Indonesia Cocoa Powder Dark 500 grRp95.000
Danora Cocoa Premium Dark Brown 1 kgRp99.000
Bendico Cocoa Powder 1 kgRp105.000
Oh! Java Cocoa Powder Dark 1 kgRp120.000
Oh! Java Cocoa Powder Classic 1 kgRp120.000
Tulip Burgundy Pure Dark Cocoa Powder 2,5 kgRp330.000
Tulip Bordeaux Cocoa Powder 2,5 kgRp350.000
Cargill Gerkens Cocoa Powder 25 kgRp1.250.000
Delfie Cocoa Powder 25 kgRp2.464.000
Bensdorp Cocoa Powder 20 kgRp3.953.000
Baca juga  Harga Fitbar (Semua Varian Rasa dan Kemasan)

Harga cocoa powder di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan-bahan kue maupun sejumlah situs online. Perlu diingat bahwa harga cokelat bubuk tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga cocoa powder di satu toko dengan toko yang lain kemungkinan bisa berbeda, tergantung kebijakan masing-masing penjual.

[1] Rizza, R. A, et al. 2000. Encyclopedia of Foods: A Guide to Healthy Nutrition. London: Academic Press, hlm. 403.-406.

[2] Alspach, G. 2007. The truth is often bittersweet: Chocolate does a heart good. Critical Care Nurse, Vol. 27(1): 11-15.

[3] Keen, C. L. 2001. Chocolate: Food as Medicine/Medicine as Food: Review. Journal of Amer: College of Nutrition, Vol. 20(5): 436s-439s.

[4] Putra, G. P. Ganda, dkk. 1992. Pembentukan Flavor Bubuk Cokelat, Kajian Peranan Waktu Fermentasi Biji Kakao. Agritech, Vol. 12(3).

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Cocoa Powder Kemasan Kecil dan Besar (Semua Merk)"