Update Manfaat, Komposisi, dan Harga Royal Canin Recovery

Bicara soal makanan kucing atau anjing, ternyata jenisnya bervariasi. Mulai dari makanan kering, makanan setengah kering, dan makanan kalengan atau makanan basah. Makanan basah yang dikemas dalam kaleng adalah makanan yang paling praktis dibandingkan dengan jenis makanan lainnya.[1] Salah satu merek yang cukup populer yakni Royal Canin Recovery. Royal Canin Recovery dijual di pasaran dengan harga terjangkau.

Ilustrasi: memberi makan kucing peliharaan (sumber: chewy.com)
Ilustrasi: memberi makan kucing peliharaan (sumber: chewy.com)

Recovery adalah makanan diet lengkap untuk anjing dan kucing. Produk ini diformulasikan untuk meningkatkan restorasi nutrisi selama masa pemulihan saat sakit atau pada kasus hepatiklipidosis. Makanan ini mempunyai densitas energi tinggi dan konsentrasi nutrisi esensial tinggi yang sangat mudah dicerna, sehingga tidak akan menyebabkan diare pada hewan peliharaan Anda.

Bacaan Lainnya

Royal Canin mengawali pembuatan obat pertama kucing dan anjing sejak tahun 1968. Kemudian pada 1972, perusahaan Royal Canin diakuisisi oleh grup Guyomarc’h. Grup Guyomarc’h memberi tim Royal Canin banyak keleluasaan sumber daya R&D, serta beberapa keahlian dalam strategi dan pemasaran dengan desentralisasi sebagai salah satu keunggulannya. Hal tersebut dibuktikan dengan pemasaran produk Royal Canin pada 1974 ke delapan negara di Eropa – Prancis, Belgia, Denmark, , Italia, Spanyol, Swedia, dan Belanda.

Setelah sukses dengan obat kucing dan anjing, Royal Canin meluncurkan ARG sebagai makanan lengkap pertama yang dirancang untuk anak anjing ras besar pada 1980. Tak berhenti untuk makanan anjing saja, pada 1994 Royal Canin juga menghadirkan produk RCFI yang merupakan revolusi tiga rangkap dalam makanan kucing. Produk ini menawarkan nutrisi premium melalui makanan kering dan distribusi khusus melalui peternak dan dokter hewan, sementara porsi lainnya di pasar makanan kucing menjual makanan basah melalui supermarket.

Manfaat Royal Canin Recovery

  • Energi yang disesuaikan: kandungan energi pada produk telah disesuaikan untuk memfasilitasi manajemen nutrisi anjing dan kucing pada masa kritis.
  • Tube feeding mudah: khusus Recovery memudahkan pemberian makanan yang menggunakan syringe atau feeding tube.
  • Kandungan EPA/DHA: Asam eicosapentaenoic dan docosahexaenoic, asam lemak rantai panjang omega-3, memodulasi reaksi kulit dan berkontribusi pada integritas mukosa usus.
  • Kompleks antioksidan (. E, vitamin. C, taurin, dan lutein): membantu melawan agresi seluler yang disebabkan oleh stres oksidatif dan meningkatkan kesehatan sistem kekebalan.

Konstituen analitis produk yakni protein sebesar 14% , kadar lemak 6,2% , Abu kasar 1,7%, serat kasar 2%, kelembapan 72,5%, dan asam lemak esensial  1,8%, serta EPA/DHA 0,45%. Tercatat, energi yang dapat dimetabolisme anjing sebesar 1160 kkal/kg, sedangkan untuk kucing 1200 kkal/kg.

Komposisi Royal Canin Recovery

Royal Canin Recovery (sumber: ivetcenter.com)
Royal Canin Recovery (sumber: ivetcenter.com)

Royal Canin Recovery terdiri dari daging dan turunan hewani, sereal, turunan nabati, minyak dan lemak, turunan susu dan susu, mineral, turunan telur dan telur, ragi, serta aneka gula. Zat aditif (per kg) meliputi: vitamin D3 300 IU, E1 () 15 mg, E2 (Yodium) 0,16 mg, E4 (Tembaga) 1 mg, E5 (Mangan) 4,5 mg, dan E6 (Seng ) 47 mg.

Soal harga, produk Royal Canin Recovery tersedia dalam kemasan kaleng 195 gr. Apabila Anda ingin berhemat, tak ada salahnya membeli produk Royal Canin kemasan sachet dengan harga lebih murah.

Harga Royal Canin Recovery

Varian Produk Royal Canin Recovery Harga (Rp)
Royal Canin Recovery sachet 50 gr 44.200
Royal Canin Recovery 195 gram 50.000
Royal Canin Recovery 1 dus isi 10 sachet 50 gr 683.000
Royal Canin Recovery 1 dus isi 12 kaleng 784.000

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga produk makanan anjing dan kucing Royal Canin Recovery dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Jika dibandingkan tahun 2021, harga Royal Canin Recovery tahun 2022 mengalami kenaikan, namun relatif stabil pada 2023.

Sebagai contoh, Royal Canin Recovery sachet 50 gr yang dibanderol Rp35.000 tahun 2021, naik menjadi Rp44.200 tahun 2022, dan masih belum berubah sampai sekarang. Namun, untuk Royal Canin Recovery 1 dus isi 12 kaleng naik dari Rp720 ribu menjadi Rp784 ribu per karton. Anda dapat membeli produk tersebut di maupun memesannya secara online melalui sejumlah marketplace.

Untuk menghindari kejenuhan atau kebosanan pada kucing, ada baiknya Anda juga memberikan makanan kering dan makanan setengah kering untuk menyelingi satu jenis makanan saja. Makanan kucing yang diberikan hendaknya disesuaikan dengan umur kucing. Sebab, makanan kucing tersedia untuk anak kucing hingga kucing hamil dan menyusui. Komponen penting yang juga harus tersedia yakni air minum untuk melengkapi kebutuhannya.

[Update: Dian]

[1]Jabidi, Muhammad. 2008. Peternak Kucing. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, hlm. 47.

Pos terkait